CONTOH LENGKAP SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK GURU SD/SMP/MTS/SMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kemendikbud, pelajarancg.blogspot.com - Menurut badan penelitian dan pengembangan kemendikbud, pada pedoman Kebijakan Penilaian Pendidikan dalam rangka Merdeka belajar yang diterbitkan pada 18 Februari 2020, menyatakan bahwa Sistem Asesmen Nasional dan Survei Karakter sebagai Penggati Ujian Nasioal (UN) bagi siswa SD/SMP/MTs/SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2020/2021 adalah Arahan Kebijakan Baru.


Kebijakan ini mengacu kepada praktik baik pada level Internasional seperti PISA dan TIMSS. PISA (singkatan dari : Program for International Student Assessment) atau di Indonesia-kan Program Penilaian Pelajar Internasional adalah penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga-tahunan, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun, dan penyelenggaraannya dilaksanakan oleh Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi. Sedangkan TIMSS (Singkatan dari : Trends in International Mathematics and Science Study) atau di Indonesia-kan Kecenderungan Pembelajaran Matematika dan Sains Internasional adalah rangkaian penilaian internasional akan pengetahuan matematika dan sains dari para pelajar di berbagai belahan dunia.


Bagi siswa SD/SMP/MTs/SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2020/2021 tentu harus mempersiapkan diri untuk menjawab soal-soal dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun ini, karena pihak sekolah dalam hal ini para guru dari semua bidang studi atau mata pelajaran telah mendapat buku pedoman Arahan Kebijakan Baru tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam hal ini badan penelitian dan pengembangan kemendikbud.


Untuk guru SD/SMP/MTs/SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2020/2021 yang membutuhkan referensi dalam membuat contoh soal Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang akan diberikan kepada siswa pelajar tingkat SD/SMP/MTs/SMA/SMK/MA, dalam tulisan kurikulum pelajarancg.blogspot.com akan membahas materi tersebut. Namun sebelum pembahasan mengenai contoh soal AKM, mari mengingat kembali apa yang dimaksud dengan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dari kebijakan kemendikbud, minimal Kebijakan Penilaian Pendidikan dalam rangka Merdeka belajar ini dimengerti bersama secara lengkap.


APA ITU ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

Menurut ahli bahasa dari badan penelitian dan pengembangan kemendikbud, Kata Minimum mengacu kepada tidak semua konten di dalam kurikulum diukur di dalam AKM. Yang artinya bahwa AKM akan mengukur keterampilan dasar berupa literasi dan numerasi. Secara umum Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah Asesmen penilaian kemampuan bernalar tentang teks dan angka. Adapun tujuan kompetensi tersebut dibangun dari jenjang dasar (SD/MI) sampai menengah (SMP/MTs/SMA/SMK/MA) dalam suatu learning progression. Singkatnya, penerapan arahan AKM berbentuk survey dengan sample siswa kelas 4, kelas 8, dan kelas 11 namun guru tidak melaporkan hasil individu siswa akan tetapi laporan agregat yang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok.


APA CIRI UTAMA SOAL YANG MENDORONG PENINGKATAN KOMPETENSI

Ciri pertama adalah memiliki strategi untuk diagnosa kesalahan (misconception), sebagai contoh dalam soal.


Perbandingan jumlah siswa laki-laki terhadap siswa perempuan adalah 2:3. Jumlah seluruh siswa 30. Maka jumlah siswa laki-laki adalah ...

a. 6 - menghitung pembagian jumlah total dengan jumlah proporsi

b. 10 - menghitung pembagian jumlah total dengan porsi terbesar

c. 12

d. 18 - menggunakan proporsi perempuan

e. 20 – secara langsung mengalikan perbandingan terhadap jumlah


Ciri kedua adalah memiliki strategi untuk memetakan tahapan kemampuan siswa (where to go), sebagai contoh dalam soal.

https://pelajarancg.blogspot.com/


https://pelajarancg.blogspot.com/


Dari ciri-ciri utama diatas, dapat disimpulkan terdapat dua dalam kompetensi penilaian minimal, yaitu Asesmen Literasi dan numerasi yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimal yang akan dimulai tahun Pelajaran 2021, sehingga bukan lagi berdasarkan mata pelajarancg dan penguasaan materi.


CONTOH LENGKAP SOAL LITERASI DAN NUMERISASI SEBAGAI PEDOMAN UNTUK GURU SD/SMP/MTS/SMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

CONTOH SOAL LITERASI


https://pelajarancg.blogspot.com/



CONTOH SOAL NUMERISASI


https://pelajarancg.blogspot.com/



Untuk contoh-contoh soal asesmen Literasi dan numerasi yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimal yang akan dimulai tahun Pelajaran 2021 lebih lengkap guru dapat mendownload atau unduh kebijakan penilaian Pendidikan dalam rangka merdeka belajar pada situs resmi Pusat Asesmen dan Pembelajaran badan penelitian dan pengembangan Kemeterian Pedidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada litbang.kemdikbud.go.id


DOWNLOAD CONTOH SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK GURU SD/SMP/MTS/SMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 LENGKAP FORMAT PDF

Berikut ini adalah contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Dimana contoh soal AKM ini untuk para guru dari semua bidang studi atau mata pelajarancg sebagai gambaran pemuatan kisi-kisi dalam bentuk soal AKM pengganti Ujian Nasional tahun ajaran 2021 mendatang.


Dalam file berformat pdf ini, contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dibagikan ini terdiri dari :
  1. contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kemampuan literasi membaca;
  2. contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kemampuan literasi numerik; dan
  3. contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kemampuan literasi sains.



Silahkan lebih lengkap guru dapat mendownload atau unduh contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum AKM lengkap dengan format pdf bukan doc pada link unduhan pelajarancg.blogspot.com Contoh Soal AKM download disini


KESIMPULAN

Menurut badan penelitian dan pengembangan kemendikbud, pada pedoman Kebijakan Penilaian Pendidikan dalam rangka Merdeka belajar yang diterbitkan pada 18 Februari 2020, menyatakan bahwa Sistem Asesmen Nasional dan Survei Karakter sebagai Penggati Ujian Nasioal (UN) bagi siswa SD/SMP/MTs/SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2020/2021 adalah Arahan Kebijakan Baru. oleh sebab itu pelajarancg.blogspot.com menulis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kemendikbud, sebagai contoh panduan bagi guru di tahun ajaran 2020 dan 2021, semoga bermanfaat!

2 comments for "CONTOH LENGKAP SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) UNTUK GURU SD/SMP/MTS/SMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021"

  1. saya mendukung adanya asesmes kompetensi minimum (AKM) untuk guru

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang akm

    ReplyDelete