HARI SANTRI 2022

TENTANG HARI SANTRI

Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015

Melalui Keputusan Presiden No 22 Tahun 2015, pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai hari santri. Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai Hari Santri Nasional dikarenakan pada hari tersebut, Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama yang dipimpin oleh Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari dicetuskan sebagai upaya untuk mengobarkan semangat para pejuang yang mempertahankan NKRI dari Belanda yang diboncengi oleh NICA, yang kembali datang ke Indonesia pada bulan Oktober 1945, padahal Indonesia sendiri telah memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Memperingati Hari Santri berarti merawat memori kolektif masa lalu (al mukhafadhah ‘ala al-qadim al-shalih) untuk dijadikan modal untuk membangun masa depan yang lebih baik (al-akhdu bi al-jadid al-ashlah)


LOGO HARI SANTRI 2022

Keterangan Logo, dikutip pelajarancg.blogspot.com dari Kemenag:


Filosofi Logo

Logo Hari Santri 2022 melambangkan beberapa filosofi, yakni:
  1. Merangkul. Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. bermakna melindungi, meberikan empati dan kepedulian.
  2. Jabat Tangan. Makna keakraban dalam setiap pertemuan. Ini berfilosofi saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain.
  3. Daun. Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga memberikan harapan.
  4. Infinity. Simbol tak hingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep takhingga.
  5. Matahari. Ini berfilosofi selalu memberikan cahaya untuk kehidupan manusia, merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, daya yang tak akan pernah habis.
  6. Mata. Ini berfilosofi Indera Penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan disekitar. Melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.



Download Logo

Ada dapat mengunduh materi-materi Hari Santri Nasional 2022 Tahun ini dengan mengujungi situs resmi Kemenag atau langsung unduh DISINI

Pelajari:

Visual Logo

https://pelajarancg.blogspot.com/



Visual-visual diatas merupakan harapan berkesinambungan yang menjadi tujuan dari konsep logo HSN ke 7 yang jatuh pada 22 Oktober 2022 di tahun ini.


Pelajari artikel baru lainnya di Kurikulum Pelajarancg terkait unduhan, logo, dan sejarah maupun topik pendidikan terkini. Kunjungi Pelajarancg.blogspot.com, Dengan demikian Anda akan menemukan informasi Madrasah maupun sekolah tingkat dasar terkini dari berbagai materi pendididikan hari ini.

Post a Comment for "HARI SANTRI 2022"