NAMA-NAMA HARI RAYA AGAMA HINDU

Pengertian dan Nama Nama Hari Raya Agama Hindu - pelajarancg.blogspot.com, Umat Hindu memiliki sejumlah perayaan hari suci dalam setahun, dimana acara tersebut menyesuaikan dengan sejarah dan tujuannya. Setiap Hari Raya atau perayaan keagamaan tentunya punya makna berbeda yang mesti diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga menjadi pesan bagi siswa atau pelajar ketika pembelajaran pada buku siswa kurikulum 2013 dengan materi Agama Hundu dan Budi pekerti. Hari raya suci adalah sebagaimana terdapat pada penjelasan pelajarancg.blogspot.com

Pelajari juga: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN


https://pelajarancg.blogspot.com/


HINDUISME

Agama Hindu disebut pula Hinduisme adalah agama dominan di Asia Selatan (terutama di India dan Nepal) jika Indonesia terdapat Bali yang mengandung aneka ragam tradisi. Agama Hindu cenderung seperti himpunan berbagai pandangan filosofis atau intelektual, daripada seperangkat keyakinan yang baku dan seragam.


Umat Hinduisme memiliki lima keyakinan atau kepercayaan yang dikatakan sebagai Panca Saraddha. Panca Saraddha berasal dari dua kata yaitu: Panca yang artinya lima dan Saraddha yang artinya keyakinan atau kepercayaan. Jadi pengertiang panca saraddha adalah lima keyakinan atau kepercayaan Umat beragama Hindu.


Sama seperti Agama Islam, Kristen, Buddha, Umat beragama Hindu merayakan hari suci mereka. Terdapat perayaan hari suci dalam setahun, dimana acara tersebut menyesuaikan dengan sejarah dan tujuannya.


HARI SUCI

Hari suci disebut pula hari raya adalah hari-hari yang disucikan oleh Umat Hindu. Hari suci Agama Hindu banyak jenisnya, ada hari suci berdasarkan pertemuan Panca Wara dengan Tri wara dan sebagainya.


PELAJARANCG HARI RAYA AGAMA HINDU

Nama Hari suci disebut pula hari raya Hindu untuk keagamaan tentunya punya makna berbeda yang mesti diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan hari-hari yang disucikan dalam setahun, dimana acara tersebut menyesuaikan dengan sejarah dan tujuannya, berikut ini pelajarancg.blogspot.com rangkum acara raya hari suci dan pengertian yang memaknainya -

Hari Raya Nyepi

Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun Baru Saka. Hari ini jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) yang dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup. Untuk itu umat Hindu melakukan pemujaan suci terhadap mereka.

Pelajari juga: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN 2023/2024 BERMAKNA


Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan Peringatan pergantian tahun Saka (Isakawarsa) Bali, hari raya nyepi memiliki makna dan filosofi dimana umat Hindu memohon kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya).

Hari Raya Siwaratri

Siwaratri adalah hari raya umat Hindu atau sebuah festival padmarajaratri yang dirayakan setiap tahun untuk memperingati hari turunnya TUHAN/Siwa. Tahun ini jatuh pada hari Catur Dasi Krsna paksa bulan Magha (panglong ping 14 sasih Kapitu).

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa dan acara dilakukan dengan pelaksanaan khusus (Tri Brata Siwa Ratri, yakni monabrata, upawasa, dan jagra).

Hari Raya Galungan

Galungan adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun dua kali dengan tanggal penentuanya berdasarkan Wuku. Tahun ini jatuh pada hari Rabu 4 Januari 2023 dan 2 Agustus 2023.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan hari kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Adharma (Kejahatan).

Hari Raya Kuningan

Kuningan adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun dua kali dengan tanggal penentuanya berdasarkan Wuku. Pelaksanaan acaranya sepuluh hari setelah hari raya Galungan. Tahun ini jatuh pada hari Sabtu 14 Januari 2023 dan 12 Agustus 2023.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan untuk mengingatkan umat manusia kepada lingkungan sehingga tercipta harmonisasi alam semesta beserta isinya. Sehingga dilaksanakan upacara Kuningan untuk memohon kesentosaan, kedirgayusan serta perlindungan dan tuntunan lahir dan batin.

Hari Raya Saraswati

Saraswati adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun untuk perayaan turunnya Ilmu Pengetahuan. Umat Hindu Dharma di Bali merayakannya setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali pada Sabtu, Umanis, Watugunung. Pada hari saraswati dilakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni. Tahun ini jatuh pada hari Sabtu 20 Mei 2023.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan untuk mengingatkan umat manusia bahwa turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban umat manusia.

Hari Raya Pagerwesi

Pagerwesi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap tahun untuk pemujaan terhadap tuhan sebagai guru sejati, yang dapat mengisi kita dengan pengetahuan dan kesucian sejati. Hari suci Pagerwesi merupakan rentenan dari hari Saraswati, dimana hari tersebut dipercaya sebagi hari turunya ilmu pengetahuan untuk melindungi diri dari kebodohan. Tahun ini jatuh pada hari Rabu 20 Desember.

Makna

Hari ini dirayakan dengan tujuan untuk mengingatkan umat manusia bahwa turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan keberadaban umat manusia.


Selain nama-nama raya diatas masih banyak perayaan Hinduisme lainnya, baik di pelajari berdasarkan Pawukon, seperti contoh; Hari Raya Budha Kliwon, Hari Raya Tumpek, Hari Raya Budha Wage, Budha Kliwon, Buda Wage Klawu atau Buda Cemeng, Hari Raya Anggara Kasih, Hari Raya Saniscara Keliwon, Hari Purnama, Hari Tilem, Purnama Kapat (Purnama kartika). Selain itu terdapat pula beberapa contoh nama rangkaian Hari Raya Hindu, seperti; Hari Raya Siwa Ratri, dll. demikianlah tulisan pelajarancg.blogspot.com mengenai Nama-nama dan pengertian Hari Raya Agama Hindu, semoga bermafaat bagi pelajar baik SD, SMP, dan SMA yang sedang mempersiapkan Ujian Tengah semester maupun ulangan harian!

Post a Comment for "NAMA-NAMA HARI RAYA AGAMA HINDU"