APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN DEMOKRASI?

pelajarancg.blogspot.com - Demokrasi telah lama menjadi ide yang sangat dipertentangkan dan serangkaian praktik. Melalui Mata Pelajaran Kewarganegaraan (PPKN) menyimpulkan sebagai pengertian yang mendefinisikan fungsi baik prinsip-prinsip demokrasi dan manifestasi kelembagaannya.


Nilai demokrasi terletak pada prinsip inti kesetaraan politik: semua anggota komunitas politik memiliki hak yang sama untuk memengaruhi keputusan yang dibuat atas nama mereka. Formula sederhana ini memastikan individu dan kelompok sosial diperlakukan dengan bermartabat dan hormat dan memiliki otonomi yang diperlukan dan kebebasan untuk berkembang.


Untuk diakui sebagai "demokratis", lembaga dan sistem perlu merealisasikan sejumlah aspek:
  1. Inklusivitas: semua anggota komunitas politik memiliki hak untuk berpartisipasi dan harus didengar suaranya.
  2. Kontrol rakyat: keputusan berada di tangan komunitas politik secara keseluruhan.
  3. Pertimbangan yang dipertimbangkan: keputusan individu dan kolektif harus didasarkan pada orang yang cukup informasi dan memahami posisi orang lain.
  4. Transparansi: pengambilan keputusan harus terbuka dan akuntabel.
Bagaimanakah yang dimaksud dengan demokrasi?

Unsur praktis lain dari demokrasi yang berkembang pada umumnya disepakati sebagai masyarakat sipil yang kuat, pers yang aktif dan tidak dibatasi, sistem hukum yang kuat dan adil, pengecekan dan penyeimbangan kekuatan dan pemilihan umum yang bebas dan adil. Namun, demokrasi lebih dari sekadar pemilu dan pemerintahan perwakilan. Pengambilan keputusan yang lebih deliberatif dan cara-cara lain untuk memilih siapa yang berkuasa, seperti banyak, telah lama menjadi bagian dari sistem politik yang demokratis. Mungkin ini juga apa yang dimaksud dengan demokrasi di Indonesia?.


Dengan kegelisahan publik saat ini dengan politik, ada banyak perdebatan di sekitar memikirkan kembali bagaimana sistem demokrasi Pancasila di Indonesia dapat dan harus bekerja.


Banyak ahli berpendapat, Demikrasi menantang untuk mewujudkan dalam praktik barang-barang inklusif, kontrol populer, pertimbangan yang dipertimbangkan dan transparansi. Misalnya, perhatikan pertanyaan yang tampaknya sederhana tentang siapa yang harus menjadi anggota komunitas politik. Dalam pengertian secara umum biasanya menggunakan steno "warga negara", tetapi status hukum ini tidak termasuk semua yang terpengaruh oleh keputusan:
  • Imigran tanpa status kewarganegaraan atau mereka yang tinggal di luar wilayah politik;
  • Mereka yang dianggap terlalu muda atau dengan cacat intelektual tertentu;
  • dan mereka yang belum lahir.
Keputusan negara-negara "demokratis" memiliki dampak jauh di luar wilayah politik mereka dan sepanjang waktu - misalnya, emisi karbon, tidak menghormati perbatasan atau generasi; dan kebijakan ekonomi berdampak pada produsen dan konsumen di luar batas negara, berdampak pada pola ketidaksetaraan. Bagaimana mewakili kepentingan mereka yang tidak hadir, tetapi berpotensi terpengaruh, dalam pengambilan keputusan yang demokratis adalah tugas mendasar.


Ini mencakup pengertian dalam batasan istilah bahwa Demokrasi cenderung menjadi bentuk organisasi politik yang kita kaitkan dengan negara dan dengan pemerintah perwakilan khususnya.


Demokrasi berarti bahwa orang harus terlibat sebagai peserta yang setara dalam pengambilan keputusan politik, implementasi, dan pengawasan. Selain diakui sebagai bagian atau tujuan konstituen dari pembangunan berkelanjutan, partisipasi juga bisa dibilang penting untuk realisasinya - misalnya, jika kita ingin menyatukan sumber pengetahuan dan keahlian yang lebih luas, dan memungkinkan peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang tantangan kritis.


Jadi itulah Apakah yang dimaksud dengan demokrasi dalam Kurikulum pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!!

Bagikan:

Pelajari:

1 Tanggapan untuk "APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN DEMOKRASI?"

  1. mewaspadai ancaman terhadap integrasi bangsa indonesia

    ReplyDelete