CONTOH SOAL LATIHAN PAS SENI BUDAYA KELAS 11 BESERTA JAWABAN

Mata Pelajaran Seni Budaya kelas XI SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 (K13). Soal dan Jawaban Pelajarancg.blogspot.com Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/UAS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi semua Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut. Menurut Guru Berbagi Kemendikbud Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.


Kompetensi dasar ini berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran. Contoh pelajaran Seni baik itu Seni Rupa maupun Seni Budaya.


Adapun Pembelajaran seni budaya memiliki aspek ekspresi artistik (keterampilan seni) dalam menghasilkan peserta didik yang terampil (seni dalam pendidikan). Apabila Anda adalah guru atau peserta didik (Siswa) di sekolah tingkat menengah kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK, dan sedang mencari referensi tentang contoh soal Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/UAS) untuk uraian mata pelajaran Seni Budaya. Dalam tulisan Mata Pelajaran Seni Budaya kelas XI SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 (K13) di pelajarancg.blogspot.com mari simak beberapa kunci jawaban dari Soal esai, dan Pilihan Ganda berikut Pembahasan dalam latihan PAS untuk pelajaran Seni ini.

https://pelajarancg.blogspot.com/


CONTOH LATIHAN SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 11 BESERTA JAWABAN

SOAL SOAL PILIHAN GANDA

1. Panjang pendeknya susunan nada-nada melodi dari sebuah lagu yang biasa dilihat dari penggalan-penggalan dinamakan ...
a. ritme
b. birama
c. tempo
d. frasa melodi
e. tangga nada


2. Kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang disebut ...
a. ruang
b. tekstur buatan
c. gelap terang
d. nirmana
e. perspektif


3. Berikut yang termasuk teknik/penggunaan warna, kecuali ...
a. harmonis
b. heraldis
c. gelap terang
d. monokromatik
e. polikkromatik


4. Bahan dasar pembentuk spanram adalah ...

a. kayu
b. besi
c. batu
d. karet
e. plastik


5. Hal pertama yang harus dilakukan seniman untuk memodifikasi karya adalah ...

a. penggunaan bentuk
b. imajinasi
c. hasil karya
d. mencetak
e. eksperimen


6. Applied art disebut juga dengan ...

a. aplikasi seni
b. penggunaan seni
c. seni rupa terapan
d. ekspresi seni rupa
e. aspek kerupaan


7. Alat musik yang menggunakan udara sebagai sumber bunyinya disebut ...

a. membranophone
b. chordophone

c. idiophone
d. aerophone
e. electrophone


8. Alat musik yang menggunakan senar/dawai sebagai sumber bunyinya disebut...

a. membranophone
b. chordophone
c. idiophone
d. aerophone
e. electrophone


9. Alat musik yang menggunakan badan alat musik itu sendiri dinamakan ...

a. membranophone
b. chordophone

c. idiophone
d. aerophone
e. electrophone


10. Perbedaan intensitas warna, terang-gelap, dan menggunakan teknik menggambar perspektif adalah suatu teknik ... dalam karya dua dimensi.

a. kesan ruang
b. komposisi
c. sisi gelap
d. perbedaan dimensi
e. pengolahan unsur


Catatan pelajarancg.blogspot.com Tulisan berwarna Hijau adalah Jawaban contoh soal latihan PAS Seni Budaya


SOAL SOAL ESAI

Esai :
1. Apa yang dimaksud dengan ritme dan birama, Berikan Contohnya!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

Yang dimaksud dengan ritme atau Irama (dari bahasa Yunani ῥυθμός – rhythmos, adalah variasi horizontal dan aksen dari suatu suara yang teratur. Ritme terbentuk dari suara dan diam. Suara dan diam tersebut digabungkan untuk membentuk pola suara yang berulang untuk membuat ritme. Adapun contoh : irama gamelan, Melayu, gambus, dan Maluku. Dalam notasi balok (musik), Yang dimaksud dengan birama adalah bagian /segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut. contoh : birama ¾ maka nada-nada pada setiap ruas birama seharga 3 ketukan yang setiap ketukannya senilai ¼. Pada umumnya suatu birama dibatasi oleh garis birama.


2. Jelaskan Apa Perbedaan tekstur Asli dan tekstur buatan!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

Berdasarkan wujudnya, tekstur dapat dibedakan atas tekstur asli dan tekstur buatan. Berikut 3 Perbedaan tekstur Asli dan tekstur buatan:
  • Tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba, sedangkan tekstur buatan adalah kesan permukaan objek yang timbul pada suatu benda karena pengolahan garis, warna, ruang, terang-gelap dsb;
  • tekstur buatan (artifical texture) merupakan tekstur yang sengaja dibuat atau hasil penemuan, contoh: kertas, logam, kaca, plastik, dll, sedangkan Tekstur alami (natural texstur) adalah wujud rasa permukaan bahan yang sudah ada secara alami, contoh: batu, pasir, rumput, dll;
  • Tekstur buatan Kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang, sedangkan Alami sebaliknya.

Tekstur adalah kualitas tertentu suatu permukaan yang timbul sebagai akibat dari struktur 3 dimensi dan juga merupakan unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan, yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, sebagai usaha untuk memberikan rasa tertentu pada permukaan bidang pada perwajahan bentuk pada karya seni rupa secara nyata atau semu.




3. Sebutkan dan jelaskan 5 teknik penggunaan warna!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

5 teknik penggunaan warna:
  1. Menggunakan warna dasar (merah-kuning-biru);
  2. mengggunakan warna skunder (campuran merah dan kuning = oranye), (campuran merah dan biru = ungu), ( campuran biru dan kuning = hijau);
  3. menggunakan campuran air (untuk gambar transparan);
  4. menggunakan sedikit air (untuk warna dof).





4. Apa tujuan dan fungsi dari modifikasi, Jelaskan!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

Tujuan memodifikasi hasil karya untuk mengubah atau memperbaharui suatu karya seni agar terlihat lebih menarik, berbeda dari yang semestinya. Adapun fungsinya biasanya digunakan supaya tampak atau terkesan lebih modif atau menarik.




5. Apa pengertian memodifikasi, Jelaskan!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

Modifikasi adalah cara merubah bentuk sebuah barang dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya,serta menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya. Singkatnya, memodifikasi adalah merubah bentuk sesuatu yang suatu barang sesuai sketsa/gambaran atau keinginan hasrat seseorang agar lebih indah atau tampil menarik




6. Apa pengertian Bunyi dan Sumber bunyi, Jelaskan!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

bunyi adalah gelombang longitudinal hasil dari suatu getaran yang dapat merangsang indra pendengaran. Bunyi berasal dari Sumber bunyi, yang digetarkan oleh alat musik. Jenis-Jenis alat musik berdasarkan sumber bunyi:
  • Idiophone. Idiophone adalah jenis Alat musik dengan menggunakan getaran pada badan alat musik itu sendiri sebagai sumber bunyi.
  • membranophone. Membranophone adalah jenis Alat musik berupa membran sebagai sumber bunyi.
  • Aerophone. Aerophone adalah jenis Alat musik dengan menggunakan getaran udara sebagai sumber bunyi.
  • electrophone. electrophone adalah jenis Alat musik dengan menggunakan komponen elektrik sebagai sumber bunyi.




Dalam program Belajar dari Rumah TVRI kelas 4-6 SD membahas salah satu materi bunyi dan sifatnya. Pada meteri ini disebutkan bahwa Bunyi adalah suatu gelombang yang dihasilkan oleh benda yang bergetar. Adapaun sifat-sifat yang dimiliki oleh Bunyi diantaranya: Bunyi merambat memerlukan medium, Bunyi dapat dibiaskan, dan Bunyi dapat dipantulkan. Agar makin bertambah pembelajarannya silahkan saksikan program Belajar dari Rumah TVRI tersebut!


7. Apa yang dimaksud dengan hue, value, identitas warna dan kontras, Jelaskan!

Penjelasan Uraian Jawaban Soal:

Menurut Brewster, warna secara umum dapat digolongkan menjadi tiga kelompok utama antara lain : Pertma, warna primer adalah warna dasar atau warna pokok yang terdiri dari warna merah, biru, dan kuning.


Kedua, warna sekunder adalah warna hasil pencampuran seimbang dari warna primer satu dengan lainnya. Warna sekunder terdiri dari warna hijau, jingga, dan ungu. Sedangkan yang ketiga warna tersier adalah warna hasil pencampuran warna-warna skunder, atau pencampuran warna primer dengan warna sekunder. Contoh warna sekunder adalah warna ungu kemerahan, ungu kebiru-biruan, hijau kebiru-biruan, hijau kekuning-kuningan, jingga kekuning-kuningan, jingga kemerah-merahan.


Selain tiga kelompok warna utama di atas juga masih dapat ditemukan kelompok warna yang lain, yaitu sebagai berikut.
  1. Hue; Macam-macam warna dalam satu jenis warna, misalnya jenis warna merah memiliki macam-macam warna seperti : merah darah, merah jambu, merah rose, merah hati, merah jernih, merah jingga, merah muda, dll.
  2. Value (Gelap Terang) ; Value adalah tingkat gelap terangnya warna. Warna yang paling terang adalah putih dan yang paling gelap adalah hitam.
  3. Intensitas Warna (Intensity) atau Kualitas Warna; adalah merupakan tingkat kecerahan atau kemuraman warna. Warna yang cerah adalah warna yang mempunyai kecerahan sinar (spotlight) dan warna yang muram adalah warna yang kusam atau warna yang tidak berkesan memancarkan sinar.





CONTOH SOAL LATIHAN PAS SENI BUDAYA SMA/SMK/MA/MAK KELAS 11 DAN KUNCI JAWABANNYA

Semoga dengan beberapa latihan soal diatas, bisa membuat peserta didik tingkat akhir sekolah SMA/MA/SMK Sederajat Kelas 12 tahun pelajaran 2020/2021 terbantu dalam mendalami mata pelajaran Seni Budaya untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS, sebelumnya disebut Ulangan Akhir Semester/UAS). Anda tidak perlu mendownload materi ini dengan format PDF maupun word, karena beberapa tulisan download terdapat oknum yang mengarahkan ke link download "kurang jelas". Di pelajarancg.blogspot.com kamu hanya butuh simpan alamat urlnya dan silahkan membaca kembali jika membutuhkannya.


Kata pesan harapan terakhir dari penulis pelajarancg.blogspot.com adalah doa terbaik untuk seluruh teman-teman pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Semesteran baik semester 1 dan 2 untuk Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Ajaran 2020/2021 tingkat SMA/MA/SMK Sederajat adalah ucapan tetap semangat dan semoga teman semua lulus dengan hasil yang memuaskan. Karena itu adalah harapan setiap guru dan orangtua pada anak-anak didiknya!!! SEMANGAT YA!!

Post a Comment for "CONTOH SOAL LATIHAN PAS SENI BUDAYA KELAS 11 BESERTA JAWABAN"