PROFIL DAN PENGERTIAN PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD

Simposium Nasional Penanaman Nilai Pancasila sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa. Mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), pelajarancg.blogspot.com - pada tanggal 12 - 14 September 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Simposium Nasional Penanaman Nilai Pancasila sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa, berlangsung, di Kota Malang, Jawa Timur.

Baca: SE NOMOR 04 BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA TENTANG PEDOMAN PELAKSANAAN PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2020


Simposium tersebut menghasilkan empat rumusan rekomendasi, adalah:
  1. Intensitas penanaman dan pemantapan nilai Pancasila sebagai wahana pembangunan watak bangsa perlu dilakukan di semua jenis, jenjang dan jalur pendidikan;
  2. Implementasi penanaman dan pemantapan nilai Pancasila dilakukan antara lain melalui peningkatan pemahaman, penghayatan, penciptaan suasana, pembiasaan, apresiasi dan keteladanan;
  3. Pemantapan mata pelajaran PPKn dilakukan melalui penguatan pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek nilai, sikap, dan perilaku, dan;
  4. Pendidikan dan pelatihan guru lebih menekankan pada pengembangan kiat-kiat dan praktik baik internalisasi nilai Pancasila pada semua mata pelajaran.



Menindaklanjuti Simposium Nasional Penanaman Nilai Pancasila sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa, pada tahun 2020 ini, Kemendikbud sendiri telah menetapkan enam indikator sebagai profil pelajar Pancasila.


Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pengertian pelajar Pancasila menurut Kemendikbud serta apa saja profilnya?, dalam Kurikulum Mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), pelajarancg.blogspot.com mari pelajari lebih lengkap penjelasan mengenai ini


PENDAPAT KEMENDIKBUD TENTANG PENGERTIAN PELAJAR PANCASILA

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Adapun menurut situs resmi Cerdas Berkarakter Kemendikbud, Pendapat ini seperti ditunjukkan pada gambar ciri-ciri profil berikut:

https://pelajarancg.blogspot.com/



PROFIL PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD

Sebagaimana tampak pada gambar diatas, terdapat 6 Profil Pelajar Pancasila. Adapun profil-profil tersebut, adalah:
  1. Bernalar kritis. Profil ini adalah Para siswa diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Hal ini berhubungan dengan kemampuan kognitif.
  2. Mandiri. Siswa Mandiri adalah Pelajar/siswa secara independen termotivasi meningkatkan kemampuannya, bisa mencari pengetahuan serta termotivasi.;
  3. Kreatif. Siswa Kreatif adalah Pelajar/siswa bisa menciptakan hal baru, berinovasi secara mandiri, dan mempunyai rasa cinta terhadap kesenian dan budaya.
  4. Gotong-royong. Pelajar dengan Profil ini adalah Para siswa diharapkan Siswa memiliki kemampuan berkolaborasi yang merupakan softskill utama yang terpenting di masa depan agar bisa bekerja secara tim.
  5. Kebhinekaan global. Pelajar dengan Profil ini adalah Para siswa diharapkan mencintai keberagaman budaya, agama dan ras di negaranya serta dunia, sekaligus menegaskan mereka juga warga global.
  6. Berakhlak mulia.Profil ini adalah Para siswa diharapkan memahami moralitas, spiritualitas, dan etika berada, yang merupakan hasil dari pendidikan karakter.



PENDIDIKAN PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD (KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN)

Sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, yang berisi mengenai visi, misi, dan tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana visi dan misi tersebuta adalah untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.


Pelajari: PERMENDIKBUD NOMOR 20 TAHUN 2019 TENTANG PERUBAHAN PERMENDIKBUD NO 51/2018 TENTANG PPDB TK, SD, SMP, SMA, SMK


Berdasarkan latar belakang, tujuan, misi dan visi Kemendikbud (kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) inilah kemudian Pendidikan dan pelatihan guru lebih menekankan pada pengembangan kiat-kiat dan praktik baik internalisasi nilai Pancasila pada semua mata pelajaran diterapkan, selah satunya diawali dengan penetapan enam ciri utama Profil Pelajar Pancasila, Sebagaimana disebutkan pelajarancg.blogspot.com pada gambar diatas, terdapat 6 Profil Pelajar Pancasila sebelumnya.


Kita ketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah gencar-gencarnya membentuk Pelajar Pancasila yang mana siswa diharapkan dapat menjawab tantangan zaman tidak kehilangan kebijaksanaan dan nilai-nilai pancasila.


Dalam pelaksanaan penguatan pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek nilai, sikap, dan perilaku terutama dimasa Pandemi Covid-19, dimana pembelajaran dilakukan secara daring mesti mengandung nilai-nilai pelajar Pancasila terutama pada nilai berpikir kritis dan kreatif disamping nilai-nilai lainnya akan melahirkan generasi yang bisa menjawab tantangan masa kini dan masa depan. Generasi yang memiliki karakter bangsa sebagai jati dirinya seperti :
  1. Berakhlak Mulia;
  2. Mandiri;
  3. Bernalar Kritis;
  4. Kreatif;
  5. Gotong Royong;
  6. Kebhinekaan Global



KESIMPULAN PENGERTIAN, PROFIL DAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD

Simposium Nasional Penanaman Nilai Pancasila sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa. Mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), pelajarancg.blogspot.com Simposium tersebut menghasilkan empat rumusan rekomendasi, adalah:
  1. Intensitas penanaman dan pemantapan nilai Pancasila sebagai wahana pembangunan watak bangsa perlu dilakukan di semua jenis, jenjang dan jalur pendidikan;
  2. Implementasi penanaman dan pemantapan nilai Pancasila dilakukan antara lain melalui peningkatan pemahaman, penghayatan, penciptaan suasana, pembiasaan, apresiasi dan keteladanan;
  3. Pemantapan mata pelajaran PPKn dilakukan melalui penguatan pembelajaran yang lebih menekankan pada aspek nilai, sikap, dan perilaku, dan;
  4. Pendidikan dan pelatihan guru lebih menekankan pada pengembangan kiat-kiat dan praktik baik internalisasi nilai Pancasila pada semua mata pelajarancg.



Baca: HARI GURU-GURU 2019: UCAPAN DAN KATA TENTANG PERINGATAN HARI GURU NASIONAL (HGN)



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global, sebagimana disebutkan dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah melakukan kampanye profil pelajar pancasila setelah 6 sikap pelajar pancasila ditentukan.


6 Profil sikap Pelajar Pancasila Generasi yang memiliki karakter bangsa sebagai jati dirinya seperti :
  1. Berakhlak Mulia;
  2. Mandiri;
  3. Bernalar Kritis;
  4. Kreatif;
  5. Gotong Royong;
  6. Kebhinekaan Global


Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI PANCASILA


Secara Global, Profil Pelajar Pancasila menurut kemendikbud adalah salah satu ciri keberhasilan Sekolah Penggerak.


Demikianlah referensi untuk sekolah Kurikulum Mata pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), pelajarancg.blogspot.com tentang Implementasi penanaman dan pemantapan nilai Pancasila dilakukan antara lain melalui peningkatan pemahaman, penghayatan, penciptaan suasana, pembiasaan, apresiasi dan keteladanan, sebagaimana dikatakan dalam rekomendasi Simposium Nasional Penanaman Nilai Pancasila sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PROFIL DAN PENGERTIAN PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD"