TEKS PIDATO PERSUASIF: CONTOH TEKS TANGGAPAN TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH

Pelajaran Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs tentang Teks Pidato Persuasif. pelajarancg.blogspot.com, Pidato persuasif adalah pesan yang disampaikan kepada sekelompok khalayak oleh seorang pembicara yang hadir untuk mempengaruhi pilihan khalayak melalui pengkondisian, penguatan, atau pengubahan tanggapan (respon) mereka terhadap gagasan, isu, konsep, atau produk. Upaya persuasif akan berhasil baik bila pesan yang disampaikan memiliki akibat sesuai dengan yang diharapkan: pesan tersebut dalam beberapa hal mempengaruhi pilihan khalayak. Untuk lebih lengkap soal pembahasan materi Teks Diskusi Pidato Persuasif, berikut adalah contoh struktur naskah teks tanggapan mengenai lingkungan di sekolah yang terdiri dari 4 Paragraf sebagai bahan pembelajaran bagi pelajar pengunjung blog pelajarancg.blogspot.com:

https://pelajarancg.blogspot.com/

CONTOH TEKS TANGGAPAN TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK PELAJARANCG MATERI TEKS PIDATO PERSUASIF

SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI, MILIK SIAPA?

Sudah berjalan 9 tahun ini, SMP Kurikulum Pelajarancg berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri. Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada sekolah yang dinilai telah mampu mengaktualisasikan budaya lingkungan di semua aspek kegiatan sekolah dalam rangka meningkatkan peran warga sekolah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan dan juga telah berhasil membina sekolah imbas agar turut serta membudayakan ramah lingkungan dan melestarikan lingkungan sekolah sebagai wahana belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.


Dengan mendapatkan penghargaan ini tentu menjadi pendorong semangat warga SMP Kurikulum Pelajarancg untuk semakin sadar dan terus membudayakan hidup ramah dengan lingkungan dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang mengarah pada usaha pelestarian lingkungan. Berbagai kegiatan sebagai bentuk implementasi budaya cinta lingkungan diterapkan dalam bentuk pokja-pokja. Pokja adalah suatu kelompok kerja yang mendukung jalannya program adiwiyata ini. Pelajar yang berada di dalam kelompok kerja memiliki kesadaran lebih terhadap lingkungan. Salah satu tugas pokja yang utama adalah menyadarkan temannya tentang betapa pentingnya arti kesadaran di lingkungan kita. Ada pokja sampah, green house, mini garden, kamar mandi, toga, kantin, dan lain-lain.


Namun, sejalan dengan berjalannya waktu, masih ada pelajar siswa SMP Kurikulum Pelajarancg yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Mereka masih saja membuang sampah sembarangan padahal sudah disediakan tong sampah. Tong sampah sudah disesuaikan dengan jenis sampahnya. Ada hijau, merah, dan kuning. Kebanyakan mereka berpikir, jika membuang sampah sembarangan di sekolah tidak akan menimbulkan dampak yang begitu besar. Hal itu sangat salah. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan jika suatu lingkungan tidak terjaga kebersihannya. Selain itu, debu lantai yang jarang dibersihkan dapat menyebabkan siswa batuk hingga sesak nafas. Laci meja yang penuh dengan sampahpun dapat dijadikan nyamuk sebagai tempat bersarangnnya. Apalagi jika nyamuk tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypty yang dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit demam berdarah.


Bila hal ini terus berlanjut, tentu predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri tidak layak untuk disandang SMP Kurikulum Pelajarancg. Sekolah SMP Kurikulum Pelajarancg bisa kembali menjadi sekolah tanpa predikat apa pun. Budaya cinta lingkungan sekolah harus kembali digaungkan agar tercipta lingkungan yang kondusif sebagai sarana pembelajaran di sekolah. Kerja keras semua warga sekolah dalam mewujudkan impian menjadi sekolah berbudaya lingkungan harus tetap dipertahankan.


STRUKTUR TEKS DARI CONTOH ARTIKEL PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM?

Adapun contoh struktur naskah teks tanggapan mengenai lingkungan di sekolah sebagai bahan pembelajaran bagi pelajar pengunjung blog pelajarancg.blogspot.com adalah sebagaimana struktur-struktur berikut:
  • Konteks : Paragraf 1
  • Deskripsi : Paragraf 2, 3
  • Penilaian : Paragraf 4



APA YANG DIMAKSUD DENGAN TEKS PEMBENTUKAN TANGGAPAN DALAM TUJUAN TEKS PIDATO PERSUASIF?

Pengertian pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, mempengaruhi serta sifatnya mengajak atau membujuk para pendengar, supaya mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut. Dalam teknik penyampaian pidato persuasif ini, isi pidato tersebut harus berlandaskan pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan. Adapun tujuan pidato persuasif yaitu penguatan tanggapan, pembentukan tanggapan, dan pengubahan tanggapan.


1. Pembentukan tanggapan

Salah satu tujuan pidato persuasif adalah membentuk cara khalayak memberikan tanggapan. Pembentukan dapat dilakukan baik khalayak mengetahui banyak tentang suatu topik maupun tidak, tetapi akibat pembentukan, begitu gamblang terlihat pada saat khalayak mengetahui sedikit tentang topik. Pembicara persuasif mengaitkan gagasan atau sesuatu yang baru terhadap nilai yang telah melekat pada khalayak. Pembicara harus menyadari bahwa pembentukan itu adalah proses pertalian ide-ide baru dengan nilai-nilai yang mapan bagi khalayak, dan yang hasil-hasilnya adalah perubahan perilaku.


2. Penguatan tanggapan

Maksud kedua pidato persuasif adalah “penguatan” tanggapan bagi sekelompok khalayak untuk mengharapkan kesinambungan perilaku yang sedang berlangsung saat ini terhadap beberapa topik, gagasan, atau isu. Penguatan tanggapan dikaitkan dengan nilai-nilai dan sikap yang sudah ada dalam khalayak. Nilai-nilai bercirikan kesenangan, kekuatan, dan kepentingan.


3. Pengubahan tanggapan

Maksud ketiga pdato persuasif adalah pengubahan tanggapan sekelompok khalayak untuk mengubah perilaku mereka terhadap suatu konsep atau gagasan. Pembicara persuasif berupaya untuk mengubah tanggapan sambil meminta kepada khalayak untuk mewakli dan /atau menghentikan beberapa perilaku, seperti merokok, buang sampah sembarangan, dll.

Pelajari:


Dalam banyak cara, pengubahan tanggapan dapat menjadi sebuah tugas yang sulit. Pembicara dapat membentuk kesan seseorang terhadap yang baru tanpa terlalu membingungkan kehidupan mereka. Pembentukan tanggapan dihubungkan secara teliti dengan belajar; penguatan sebagian besar dikesampingkan sebagai suatu maksud persuasif, tetapi pengubahan tanggapan adalah fokus utama pidato persuasif.


Semoga dengan penjelasan lengkap yang dibagikan pelajarancg.blogspot.com diatas dapat membantu para pelajar atau siswa khususnya kelas 9 SMP/MTs dalam menjawab soal harian dari guru di sekolah mereka.

Post a Comment for "TEKS PIDATO PERSUASIF: CONTOH TEKS TANGGAPAN TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH"