Pelajarancg.blogspot.com: Bagi siswa Sekolah tingkat Dasar (SD/MI) tentu akan memiliki mata pelajaran Matematika. Dalam pembelajaran Matematika tiap semester memiliki materi berbeda-beda. Dengan pembahasan tiap babnya. Seperti contoh Semester 1 menjadi dasar untuk pesiapan pembelajaran Matematika di semester 2. Tiap bab di kelas 4 SD ini juga memiliki pembahasan berbeda-beda pula, Misalnya Bab 1 akan membahas tentang Bilangan Cacah, sedangkan Bab 2 akan membahas tentang Faktor dan Kelipatan, Bab 3 akan membahas tentang Pengukuran, Bab 4 akan membahas tentang Bangun Datar Jajargenjang dan Segitiga, Bab 5 akan membahas tentang Bilangan Bulat, Bab 6 akan membahas tentang Pecahan, Bab 7 akan membahas tentang Bilangan Romawi, dan Bab 8 akan membahas tentang Bangun Ruang dan Datar. Saking banyaknya bab yang harus dipelajari dalam 1 semester di kelas 4 Sekolah Dasar (SD/MI) tentu akan lebih lengkap apabila siswa dapat merangkum pelajarancg tersebut untuk bahan pembelajaran di rumah.
Oleh karena itu, dalam tulisan pelajarancg.blogspot.com kali ini, mari rangkum mata pelajarancg Matematika yang diberikan di SD kelas 4 mulai dari Bilangan Cacah, Faktor dan Kelipatan, Pengukuran, Bangun Datar Jajargenjang dan Segitiga, Bilangan Bulat, Pecahan, Bilangan Romawi, Bangun Ruang dan Datar yang diringkas secara lengkap:
2) Dalam mengurutkan bilangan harus diperhatikan nilai tempat terbesar dari bilangan-bilangan tersebut.
3) Aturan untuk menyelesaikan operasi hitung campuran adalah sebagai berikut.
2) Faktor suatu bilangan adalah semua bilangan yang dapat membagi bilangan tersebut.
3) Kelipatan persekutuan dari beberapa bilangan adalah kelipatan yang sama dari bilangan-bilangan tersebut.
4) Faktor persekutuan dari beberapa bilangan adalah faktor yang sama dari bilangan-bilangan tersebut.
5) Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari dua bilangan adalah kelipatan bersama terkecil dari bilangan-bilangan tersebut.
6) Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari beberapa bilangan merupakan faktor bersama yang terbesar dari bilangan-bilangan tersebut.
2) Mengukur sudut dengan satuan baku, yaitu dengan busur derajat. Satuan yang digunakan adalah satuan derajat.
3) Hubungan antarsatuan waktu:
4) Hubungan antarsatuan panjang
1 km = 10 hm = 100 dam = 1.000 m = 10.000 dm = 100.000 cm = 1.000.000 mm
1 mm = 1/10
cm
= 1/100
dm
= 1/1.000
m
= 1/10.000
dam
= 1/100.000
hm
= 1/1.000.000
km
5) Hubungan antarsatuan berat
1 kg = 10 hg = 100 dag = 1.000 g = 10.000 dg = 100.000 cg = 1.000.000 mg
1 mg = 1/10
cg
= 1/100
dg
= 1/1.000
g
= 1/10.000
dag
= 1/100.000
hg
= 1/1.000.000
kg
5) Selain hubungan antarsatuan berat tersebut, masih terdapat satuan berat yang lain, yaitu:
6) Hubungan antarsatuan kuantitas, yaitu:
2) Rumus Keliling dan luas jajargenjang, Yaitu:
3) Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki tiga buah sisi dan tiga buah titik sudut.
4) Penamaan segitiga.
5) Rumus Keliling dan luas segitiga.
2) Mengurutkan bilangan bulat pada garis bilangan bulat. Urutannya adalah:
3) Kita lakukan penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan bantuan garis bilangan.
4) Bilangan bulat dan lawannya.
2) Untuk pecahan berpenyebut sama, semakin besar pembilang semakin besar nilainya.
3) Penyederhanaan pecahan dilakukan dengan membagi pembilang dan penyebut FPB dari pembilang dan penyebut tersebut.
4) Penjumlahan pecahan berpenyebut sama dilakukan dengan menjumlahkan pembilang.
5) Pengurangan pecahan berpenyebut sama dilakukan dengan mengurangkan pembilangnya.
6) Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda disamakah penyebutnya. Penyamaan penyebut dilakukan dengan menggunakan KPK kedua penyebutnya.
2) Penjumlahan bilangan Romawi disimpan di sebelah kanan.
3) Pengurangan bilangan Romawi disimpan di sebelah kiri.
4) Penggunaan bilangan Romawi pada suatu kalimat berarti menyatakan urutan.
2) Berikut sifat-sifat kubus:
3) Berikut sifat-sifat balok:
4) Gambar jaring-jaring kubus dan balok
5) Sifat-sifat pencerminan adalah sebagai berikut:
Oleh karena itu, dalam tulisan pelajarancg.blogspot.com kali ini, mari rangkum mata pelajarancg Matematika yang diberikan di SD kelas 4 mulai dari Bilangan Cacah, Faktor dan Kelipatan, Pengukuran, Bangun Datar Jajargenjang dan Segitiga, Bilangan Bulat, Pecahan, Bilangan Romawi, Bangun Ruang dan Datar yang diringkas secara lengkap:
RANGKUMAN BAB 1 UNTUK KELAS 4 SD: BILANGAN CACAH
1) Sifat-sifat operasi hitung terbagi menjadi 5 Macam diantaranya adalah:- Sifat komutatif, yaitu sifat pertukaran tempat.
a + b = b + a
a × b = b × a - Sifat asosiatif, yaitu sifat pengelompokan.
(a + b) + c = a + (b + c)
(a × b) × c = a × (b × c) - Sifat distributif, yaitu sifat penyebaran.
a × (b + c) = (a × b) + (a × c)
a × (b – c) = (a × b) – (a × c) - Identitas pada penjumlahan, yaitu 0.
a + 0 = 0 + a = a - Identitas pada perkalian, yaitu 1.
a × 1 = 1 × a = a
2) Dalam mengurutkan bilangan harus diperhatikan nilai tempat terbesar dari bilangan-bilangan tersebut.
3) Aturan untuk menyelesaikan operasi hitung campuran adalah sebagai berikut.
- Jika ada tanda kurung, kerjakan lebih dahulu
Contoh:
23 + ( 3 x 4 ) – 2 = …
Maka yang dikerjakan yang ada dalam kurung terlebih dahulu
23 + ( 3 x 4 ) – 2 = 23 + 12 – 2 = 33
Jadi hasil dari 23 + ( 3 x 4 ) – 2 = 33 - Perkalian dan Pembagian atau pembagian dan perkalian, kedudukannya setingkat maka kerjakan dari kiri
Contohnya :
a. 5 + 2 x 10 : 2 = …
Untuk menyelesaikan soal di atas, terlebih dahulu kita harus mengalikan kemudian membagi dan terakhir baru menjumlahkan :
5 + 2 x 10 : 2 = 5 + 20 : 2 = 5 + 10 = 15
Jadi, hasil dari 5 + 2 x 10 : 2 adalah 15.
b. Hasil dari 30 – 15 : 3 x 4 adalah …
Untuk soal yang kedua ini, adalah terlebih dulu harus melakukan pembagian kemudian mengalikan dan yang terakhir adalah pengurangan.
30 – 15 : 3 x 4 = 30 – 5 x 4 = 30 – 20 = 10
Jadi, hasil dari 30 – 15 : 3 x 4 adalah 10. - Penjumlahan dan pengurangan atau pengurangan dan penjumlahan, kedudukannya setingkat, maka kerjakan dari kiri
contohnya:
a. 11+ 15 – 18 = …
Maka kerjakan dari penjumlahan dulu baru kemudian pengurangan
11+ 15 – 18 = 26 – 18 = 8
Jadi hasi dari 11+ 15 – 18 = 8
b. 26 – 3 + 20 = …
Soal tersebut dikerjakan dari pe ngurangan dulu baru kemudian ditambahkan
26 – 3 + 20 = 23 + 20 = 43
Jadi hasil dari 26 – 3 + 20 = 43 - Apabila terdapat beberapa operasi hitung yang dicampur ada tambah, kurang, bagi, kali yang diacak, maka kerjakan menurut urutan pipolando (ping, poro, lan, sudo) atau kabataku (kali, bagi, tambah, kurang)
Contoh :
a. 8 + 4 – 5 x 4 : 2 = …
Maka soal tersebut kerjakan urut dari perkalian, pembagian, penjumlahan dan terakhir pengurangan
8 + 4 – 5 x 4 : 2 = 8 + 4 – 20 : 2= 8 + 4 – 10 = 12 – 10 = 2
Jadi 8 + 4 – 5 x 4 : 2 = 2
b. 84 – 12 : 6 x 3 + 7
Maka soal tersebut dikerjakan dari pembagian, kemudian perkalian, kemudian pengurangan, dan terakhir penjumlahan
84 – 12 : 6 x 3 + 7 = 84 – 2 x 3 + 7 = 84 – 6 + 7 = 78 + 7 = 85
Jadi hasil dari 84 – 12 : 6 x 3 + 7 = 85
RANGKUMAN BAB 2 UNTUK KELAS 4 SD: FAKTOR DAN KELIPATAN
1) Kelipatan suatu bilangan merupakan bilangan-bilangan hasil penjumlahan dengan bilangan yang sama secara terus menerus atau hasil perkalian bilangan tersebut dengan bilangan asli.2) Faktor suatu bilangan adalah semua bilangan yang dapat membagi bilangan tersebut.
3) Kelipatan persekutuan dari beberapa bilangan adalah kelipatan yang sama dari bilangan-bilangan tersebut.
4) Faktor persekutuan dari beberapa bilangan adalah faktor yang sama dari bilangan-bilangan tersebut.
5) Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari dua bilangan adalah kelipatan bersama terkecil dari bilangan-bilangan tersebut.
6) Faktor persekutuan terbesar (FPB) dari beberapa bilangan merupakan faktor bersama yang terbesar dari bilangan-bilangan tersebut.
RANGKUMAN BAB 3 UNTUK KELAS 4 SD: PENGUKURAN
1) Sebuah sudut terbentuk dari dua buah sinar garis yang saling bertemu pada suatu titik. Lambang sudut adalah ”∠”2) Mengukur sudut dengan satuan baku, yaitu dengan busur derajat. Satuan yang digunakan adalah satuan derajat.
3) Hubungan antarsatuan waktu:
1 milenium = 1.000 tahun | 1 bulan = 30 hari |
1 abad = 100 tahun | 1 minggu = 7 hari |
1 dasawarsa = 10 tahun | 1 hari = 24 jam |
1 windu = 8 tahun | 1 jam = 60 menit = 3.600 detik |
1 lustrum = 5 tahun | 1 menit = 60 detik |
1 tahun = 12 bulan = 52 minggu = 365 hari |
4) Hubungan antarsatuan panjang
1 km = 10 hm = 100 dam = 1.000 m = 10.000 dm = 100.000 cm = 1.000.000 mm
1 mm = 1/10
cm
= 1/100
dm
= 1/1.000
m
= 1/10.000
dam
= 1/100.000
hm
= 1/1.000.000
km
5) Hubungan antarsatuan berat
1 kg = 10 hg = 100 dag = 1.000 g = 10.000 dg = 100.000 cg = 1.000.000 mg
1 mg = 1/10
cg
= 1/100
dg
= 1/1.000
g
= 1/10.000
dag
= 1/100.000
hg
= 1/1.000.000
kg
5) Selain hubungan antarsatuan berat tersebut, masih terdapat satuan berat yang lain, yaitu:
- 1 ton = 1.000 kg
- 1 kg = 2 pon
- 1 ton = 10 kuintal
- 1 kg = 10 ons
- 1 kuintal = 100 kg
- 1 pon = 5 ons
6) Hubungan antarsatuan kuantitas, yaitu:
- 1 lusin = 12 buah
- 1 kodi = 20 buah
- 1 gros = 12 lusin = 144 buah
RANGKUMAN BAB 4 UNTUK KELAS 4 SD: BANGUN DATAR JAJARGENJANG DAN SEGITIGA
1) Jajargenjang merupakan bangun datar segi empat. Jajargenjang memiliki sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang. Sudut yang berhadapan pada jajargenjang sama besar.2) Rumus Keliling dan luas jajargenjang, Yaitu:
- Keliling jajargenjang = 2 × (jumlah dua sisi)
- Luas = alas × tinggi
3) Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki tiga buah sisi dan tiga buah titik sudut.
4) Penamaan segitiga.
- Segitiga dapat digolongkan berdasar panjang sisinya, yaitu segitiga samakaki, samasisi dan sembarang.
- Segitiga dapat digolongkan berdasar besar sudutnya, yaitu segitiga lancip, tumpul, dan siku-siku.
5) Rumus Keliling dan luas segitiga.
- Keliling segitiga = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 = jumlah ketiga sisi segitiga
- Luas = 1/2 × a × t
RANGKUMAN BAB 5 UNTUK KELAS 4 SD: BILANGAN BULAT
1) Bilangan bulat terdiri atas tiga jenis. Jenis-jenisnya yaitu:- Bilangan bulat positif.
- Bilangan bulat nol.
- Bilangan bulat negatif.
2) Mengurutkan bilangan bulat pada garis bilangan bulat. Urutannya adalah:
- Sebelah kanan nol (0) adalah bilangan bulat positif.
- Sebelah kiri nol (0) adalah bilangan bulat negatif.
3) Kita lakukan penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan bantuan garis bilangan.
- Penjumlahan dengan bilangan positif menggunakan arah panah ke kanan.
- Penjumlahan dengan bilangan negatif menggunakan arah panah ke kiri.
- Bilangan pertama ditunjukkan oleh arah panah satuan dari nol (0).
- Bilangan penjumlah dimulai dari ujung panah bilangan pertama (bilangan satuan).
- Ujung panah terakhir menunjukkan hasil penjumlahan.
4) Bilangan bulat dan lawannya.
- Lawan dari 2 adalah –2.
- Lawan dari –12 adalah 12.
- Operasi campuran pada bilangan bulat dimulai dari operasi sebelah kiri.
RANGKUMAN BAB 6 UNTUK KELAS 4 SD: PECAHAN
1) Pecahan adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk “a/b” dengan a dan b adalah bilangan bulat dan b ≠ 0. Dimana untuk bilangan a disebut pembilang dan bilangan b disebut penyebut dan pada hakikat transaksi dalam bilangan pecahan adalah bagaimana cara menyederhanakan pembilang dan penyebut.2) Untuk pecahan berpenyebut sama, semakin besar pembilang semakin besar nilainya.
3) Penyederhanaan pecahan dilakukan dengan membagi pembilang dan penyebut FPB dari pembilang dan penyebut tersebut.
4) Penjumlahan pecahan berpenyebut sama dilakukan dengan menjumlahkan pembilang.
5) Pengurangan pecahan berpenyebut sama dilakukan dengan mengurangkan pembilangnya.
6) Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda disamakah penyebutnya. Penyamaan penyebut dilakukan dengan menggunakan KPK kedua penyebutnya.
RANGKUMAN BAB 7 UNTUK KELAS 4 SD: BILANGAN ROMAWI
1) Karakter dasar Angka Romawi terdiri dari I = 1, V = 5, X = 10, L = 50, C = 100, D = 500, M = 1000. Angka Romawi yang merupakan kombinasi karakter dasar antara lain II = 2, III = 3, IV = 4, VI = 6, VII = 7, VIII = 8, IX = 9, XI = 11, XII = 12, XIII = 13, dan lain sebagainya.2) Penjumlahan bilangan Romawi disimpan di sebelah kanan.
3) Pengurangan bilangan Romawi disimpan di sebelah kiri.
4) Penggunaan bilangan Romawi pada suatu kalimat berarti menyatakan urutan.
RANGKUMAN BAB 8 UNTUK KELAS 4 SD: BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR
1) Bangun ruang adalah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Bangun ruang disebut juga bangun tiga dimensi. Adapun macam-macam bangun ruang yaitu kubus, balok, prisma, limas, tabung, kerucut, dan bola.2) Berikut sifat-sifat kubus:
- Mempunyai 12 rusuk yang sama panjang.
- Mempunyai 6 sisi yang berbentuk persegi.
- Mempunyai 8 titik sudut.
3) Berikut sifat-sifat balok:
- Mempunyai 12 rusuk.
- Rusuk yang sejajar sama panjang.
- Mempunyai 6 sisi yang berbentuk persegi panjang.
- Mempunyai 8 titik sudut.
4) Gambar jaring-jaring kubus dan balok
5) Sifat-sifat pencerminan adalah sebagai berikut:
- Jarak benda terhadap cermin sama panjang dengan jarak cermin ke bayangan.
- Tinggi benda sama dengan tinggi bayangan.
- Besar benda sama dengan besar bayangan.
- Posisi benda berlawanan dengan bayangannya.
Post a Comment for "RANGKUMAN PELAJARAN MATEMATIKA LENGKAP TIAP BAB UNTUK KELAS 4 SD"