VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH/MADRASAH

Pelajarancg: Visi dan Misi merupakan sesuatu yang mutlak dikuasai seorang pemimpin. Pemimpin sektor pemerintah maupun swasta, baik dilembaga umum maupun di lembaga pendidikan sekolah/madrasah. Karena dengan visi misi, seorang pemimpin dapat menjadi seorang Top Manajer yang handal bagi lembaga/institusi pendidikan lembaga pendidikan sekolah/madrasah.


Visi dan misi institusi/organisasi/lembaga berarti perumusan pandangan organisasi/lembaga/institusi untuk mencapai maksud dan tujuan yang menjadi bidangnya, sementara visi dan misi individu pemimpin berarti perumusan langkah-langkah dan pandangan dari pemimpin itu untuk mewujudkan tercapainya visi misi organisasi. Inilah yang menjadi perbedaan mendasar yang perlu dipelajari dalam pelaksanaan menjadi seorang Top Manajer yang handal.


Pada pelaksanaanya, tak sedikit institusi/organisasi/lembaga ataupun orang perseorangan kebingungan dalam perumusan dari visi-misi yang seharusnya dirumuskan secara mendasar sebelum suatu lembaga/institusi terbentuk atau sebelum seseorang didaulat ataupun diangkat menjadi seorang pemimpin. Jika sudah demikian, biasanya arah lembaga atau pemimpin yang tidak merumuskan visi misi dari awal, menjadikan institusi/organisasi/lembaga berjalan apa adanya dan tidak ada arah yang jelas kemana institusi/organisasi/lembaga akan mencapai tujuannya.


Persoalannya adalah:
  • Apa Pengertian visi, misi dan tujuan sekolah atau madrasah?
  • Apa Kriteria visi, misi dan tujuan sekolah atau madrasah?
  • Siapa yang merumuskan Visi dan Misi sekolah atau madrasah??
  • Bagaimana Penyusunan Visi Dan Misi Madrasah?



Untuk menjawab soal-soal tersebut mari pelajari lebih lengkap pembahasannya dalam simpulan pelajarancg.blogspot.com:

https://pelajarancg.blogspot.com/


1. VISI

Pengertian Visi

Visi pada hakekatnya adalah model masa depan organisasi/lembaga/institusi yang menjadi komitmen dan milik bersama seluruh anggota organisasi. Dalam Departemen Agama Republik Indonesia, Teknik Perumusan Visi dan Misi di Lingkungan Departemen Agama, (Biro Organisasi dan Tata Laksana, 2007) halaman 12, mendefinisikan bahwa Visi juga dapat di artikan sebagai cara pandang jauh ke depan atau gambaran (dream) yang menantang (ideal tentang keadaan masa depan kemana dan bagaimana organisasi di arahkan agar dapat secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta berisi cita-cita dan citra yang ingin diwujudkan. Sedangkan dalam Syaifl Sagala, Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009), menyebutkan Visi menurut Ahli seperti Pei sebagaimana yang dikutip Sagala, adalah tindakan, kekuatan, kecakapan atau kemampuan melihat dan memahami untuk berimajinasi dalam mempersiapkan masa datang. Secara sederhana, Dalam Marno dan Triyo Supriyanto, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2008), halaman 55, mendefinisikan bahwa visi dapat diartikan sebagai pandangan, keinginan, cita-cita, harapan dan impian tentang masa depan.

Pelajari: SOAL LATIHAN KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) DAN JAWABAN

Rumusan Visi

Visi yang tepat bagi suatu instansi pemerintah akan menjadi accelerator (pemercepat) kegiatan instansi pemerintah yang meliputi:
  • perencanaan strategi;
  • perencanaan kinerja tahunan;
  • pengelolaan sumber daya;
  • pengembangan indikator kinerja;
  • pengukuran kinerja; dan
  • evaluasi pengukuran kinerja institusi/organisasi/lembaga tersebut sebagai syarat penentuan tingkat keberhasilan ideal.



Syarat Perumusan Visi

  • Visi bukanlah fakta, tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan.
  • Visi dapat memberikan arahan, mendorong anggota institusi/organisasi/lembaga untuk menunjukkan kinerja yang baik.
  • Dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan.
  • Menjembatani masa kini dan masa yang akan datang.
  • Gambaran yang realistik dan kredibel dengan masa depan yang menarik.



Prosedur Perumusan Visi

Perumusan Visi Satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah dilakukan prosedur dan tahapan-tahapan yang yang meliputi:
  • Mengkaji makna visi satuan organisasi diatasnya untuk digunakan sebagai acuan;
  • Menginventarisasi rumusan tugas satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah yang tercantum dalam struktur dan tata kerja satuan organisasi yang bersangkutan;
  • Rumusan tugas satuan organisasi tersebut dirangkum dan dirumuskan kembali menjadi konsep rumusan visi satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah;
  • Konsep rumusan visi satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah didiskusikan dengan seluruh anggota organisasi untuk memperoleh masukan, klarifikasi dan saran-saran;
  • Rumusan Visi Satuan Organisasi dikomunikasikan dengan seluruh stakeholders guna memperoleh penyempurnaan, setelah menjadi kesepakatan ditetapkan dengan Keputusan Pimpinan Satuan



Teknik Perumusan Visi

Visi satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah dapat dirumuskan meliputi sebagai berikut:
  • Meninjau kembali (Mereview) masalah yang dihadapi, baik internal maupun eksternal.
  • Melibatkan seluruh anggota satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah dan satuan kerja untuk memberikan partisipasi (sharing) secara maksimal sesuai dengan kemampuannya.
  • Menumbuhkan sikap rasa memiliki mengenai visi yang akan dirumuskan bersama.
  • Mengakomodisikan cita-cita dan keinginan seluruh anggota satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah atau satuan kerja.
  • Rumusan Visi yang berasal dari Pemimpin sektor pemerintah maupun swasta, baik dilembaga umum maupun di lembaga pendidikan sekolah/madrasah perlu disosialisasikan kepada seluruh anggota organisasi di lembaga pendidikan sekolah/madrasah.



Kriteria Visi

Rumusan visi yang baik mempunyai kriteria adalah meliputi sebagai berikut:
  • Rumusannya singkat, padat dan mudah di ingat.
  • Bersifat inspiratif dan menantang untuk mencapainya.
  • Sesuatu yang ideal yang ingin di capai dimasa yang akan datang yang membawa eksistensi/keberadaan suatu organisasi di lembaga pendidikan sekolah/madrasah.
  • Menarik bagi seluruh anggota organisasi dan pihak-pihak yang terkait.
  • Memberikan arah dan fokus strategi yang jelas.



Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Perumusan Visi

Terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam perumusan visi, yaitu:
  • Melibatkan seluruh anggota satuan organisasi dan satuan kerja untuk memberikan partisipasi (sharing);
  • Menumbuhkan sikap rasa memiliki (meluhandarbeni atau sense of belongingness) mengenai visi yang akan dirumuskan bersama;.
  • Mengakomodasi cita-cita dan keinginan seluruh anggota satuan organisasi atau satuan
  • Rumusan Visi yang berasal dari pimpinan (top down) perlu disosialisasikan kepada seluruh anggota organisasi dengan pendekatan yang demokratis dan sesuai dengan semangat perkembangan jaman dan spirit organisasi, konsisten dengan situasi dan kondisi masa kini serta dapat diadakan perubahan/ penyesuaian.
  • Rumusan visi dapat menjelaskan arah dan tujuan organisasi dan lembaga pendidikan sekolah dan madrasah.
  • Mengandung norma dan nilai.



2. MISI

Pengertian Misi

Misi merupakan pernyataan tentang fungsi organisasi/lembaga/institusi yang mengarahkan tujuan lembaga pendidikan sekolah/madrasah dengan sasaran yang ingin dicapai. Dengan pengertian lain bahwa misi adalah kegiatan yang harus di laksanakan atau fungsi yang diemban oleh suatu organisasi/lembaga/institusi untuk merealisasikan visi yang telah di tetapkan.


Rumusan Misi

Perumusan dan penetapan misi organisasi lembaga pendidikan sekolah/madrasah harus secara eksplisit menyatakan apa yang akan dicapai atau fungsi apa yang dilaksanakan oleh organisasi untuk mencapai tujuan organisasi lembaga pendidikan sekolah/madrasah. Misi satuan organisasi lembaga pendidikan sekolah/madrasah dirumuskan dengan cara sebagai berikut:
  • Meninjau kembali (Mereview) masalah yang dihadapi, baik internal maupun eksternal.
  • Melibatkan seluruh anggota satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah dan satuan kerja untuk memberikan partisipasi (sharing) secara maksimal sesuai dengan kemampuannya.
  • Menumbuhkan sikap rasa memiliki mengenai visi yang akan dirumuskan bersama.
  • Mengakomodisikan cita-cita dan keinginan seluruh anggota satuan organisasi/lembaga Madrasah/Sekolah atau satuan kerja.
  • Rumusan Visi yang berasal dari Pemimpin sektor pemerintah maupun swasta, baik dilembaga umum maupun di lembaga pendidikan sekolah/madrasah perlu disosialisasikan kepada seluruh anggota organisasi di lembaga pendidikan sekolah/madrasah.



Kriteria Misi

Rumusan misi yang baik mempunyai kriteria adalah meliputi sebagai berikut:
  • Rumusannya sejalan dengan visi satuan organisasi/satuan kerja;
  • Rumusannya jelas dengan bahasa yang lugas;
  • Rumusannya menggambarkan pekerjaan atau fungsi yang harus dilaksanakan;
  • Dapat dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu;
  • Memungkinkan untuk perubahan/penyesuaian dengan perubahan visi.



Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Dalam Perumusan Misi

Terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam perumusan Misi, yaitu:
  • Rumusan misi tidak bertentangan dengan rumusan tujuan dan fungsi masing-masing satuan organisasi dan lembaga pendidikan sekolah dan madrasah.
  • Harus dilihat produk atau jasa pelayanan yang akan dihasilkan oleh satuan organisasi/satuan kerja. Pada organisasi pemerintah lebih banyak difokuskan pada jasa pelayanan kepada masyarakat.
  • Sasaran publik/masyarakat yang akan dilayani dan dinilai kualitas pelayanan yang di tawarkan.
  • Mencerminkan suatu yang dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu.
  • Mengandung nilai-nilai luhur organisasi yang tumbuh dari aspirasi seluruh anggota organisasi.



3. TUJUAN

Tujuan berarti penjabaran dari pernyataan misi, tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Penetapan tujuan pada umumnya didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi.


Tujuan tidak harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif, akan tetapi harus dapat menunjukkan kondisi yang ingin dicapai dimasa mendatang (Akdon, 2006:143). Departemen Agama Republik Indonesia, Kebijakan Strategis, (Biro Organisasi dan Tata Laksana, 2003) halaman 8, mendefinisikan bahwa Tujuan akan mengarahkan perumusan sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan dalam rangka merealisasikan misi, oleh karena itu tujuan harus dapat menyediakan dasar yang kuat untuk menetapkan indikator. Pencapaian tujuan dapat dijadikan indikator untuk menilai kinerja sebuah organisasi.





Kriteria Tujuan

Beberapa kriteria penyusunan tujuan antara lain:
  • Mendeskripsikan hal-hal yang perlu diwujudkan sesuai dengan karakteristik satuan Tujuan harus serasi dan mengklarifikasikan misi, visi dan nilai-nilai organisasi, baik dilembaga umum maupun di lembaga pendidikan sekolah/madrasah..
  • Esensinya tidak berubah, kecuali terjadi pergeseran lingkungan, atau dalam hal isu strategik hasil yang diinginkan.
  • Biasanya secara relatif berjangka panjang
  • Menggambarkan arahan yang jelas dari organisasi.
  • Menantang, namun realistik dan dapat dicapai.



Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan tujuan Madrasah:
  • Tujuan Madrasah/sekolah harus memberikan ukuran yang spesifik dan akuntabel.
  • Tujuan Madrasah/sekolah merupakan penjabaran dari misi, oleh karena itu harus selaras dengan visi dan misi.
  • Tujuan Madrasah/sekolah menyatakan kegiatan khusus apa yang akan diselesaikan dan kapan diselesaikannya.



4. KESIMPULAN

Visi merupakan suatu pernyataan tentang gambaran keadaan dan karakteristik yang ingin di capai oleh suatu lembaga pada jauh di masa yang akan datang. Tanpa visi, organisasi dan orang-orang di dalamnya tidak mempunyai arahan yang jelas, tidak mempunyai cara yang tepat dalam melangkah ke masa depan serta tidak memiliki komitmen.


Jika visi sekolah/madrasah adalah sebuah cita-cita yang akan dicapai, maka misi merupakan pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh sekolah/madrasah dalam usahanya mewujudkan cita-cita tersebut. Misi sekolah/madrasah dikembangkan dari kegiatan utama lembaga dengan memperhatikan visi yang telah ditetapkan.

Pelajari: SOAL LATIHAN ASESMEN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH (AKK-M) DAN JAWABAN

Tujuan berarti penjabaran dari pernyataan misi, tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Penetapan tujuan pada umumnya didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapan visi dan misi. Oleh sebab itu Visi dan Misi merupakan sesuatu yang mutlak dikuasai seorang pemimpin.


Itulah pembahasan terkait visi, misi, tujuan sekolah dan madrasah dalam simpulan pelajarancg.blogspot.com, semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH/MADRASAH"