APA SAJA ISI PANCASILA BUDDHIS DAN ARTINYA?

Pancasila Buddhis isinya sebagai berikut:
  1. Aku bertekad melatih diri untuk menghindari pembunuhan makhluk hidup.
  2. Aku bertekad melatih diri untuk tidak mengambil barang yang tidak diberikan.
  3. Aku bertekad melatih diri untuk tidak melakukan perbuatan asusila.
  4. Aku bertekad untuk melatih diri menghindari ucapan yang tidak benar.
  5. Aku bertekad untuk melatih diri menghindari segala minuman dan makanan yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran dan kewaspadaan.


Pelajari: PROFIL DAN PENGERTIAN PELAJAR PANCASILA MENURUT KEMENDIKBUD

Dalam bahasa Pali, sila-sila ini adalah sebagai berikut:
  1. Pāṇātipātā veramaṇī sikkhāpadaṁ samādiyāmi.
  2. Adinnādānā veramaṇī sikkhāpadaṁ samādiyāmi.
  3. Kāmesu micchācārā veramaṇī sikkhāpadaṁ samādiyāmi.
  4. Musāvāda veramaṇī sikkhāpadaṁ samādiyāmi.
  5. Surā-meraya-majja-pamādaṭṭhānā veramaṇī sikkhāpadaṁ samādiyāmi.


https://pelajarancg.blogspot.com/




PEMBAHASAN AGAMA BUDDHA DI PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM

Kurikulumm pelajarancg.blogspot.com, - Pancasila Buddhis adalah peraturan yang dilatih dan dilaksanakan oleh umat Buddha sesuai ajaran kitab Tripitaka.


Kata Pancasila ini berasal dari bahasa Sanskerta pañcaśīla dan bahasa Pali pañcasīla yang berarti berarti Lima Kemoralan atau Lima Nilai Moral. Pancasila Buddhis digunakan untuk seseorang yang akan memasuki kehidupan beragama Buddha.


Lima Nilai Moral Ajaran Buddha yang dimaksud adalah:
  • Pertama, Aku bertekad melatih diri untuk menghindari pembunuhan makhluk hidup.
  • Kedua, Aku bertekad melatih diri untuk tidak mengambil barang yang tidak diberikan.
  • Ketiga, Aku bertekad melatih diri untuk tidak melakukan perbuatan asusila.
  • Keempat, Aku bertekad untuk melatih diri menghindari ucapan yang tidak benar.
  • Kelima, Aku bertekad untuk melatih diri menghindari segala minuman dan makanan yang dapat menyebabkan lemahnya kesadaran dan kewaspadaan.



Delam mempelajari kesadaran, Pelaksanaan aturan moralitas Buddhis bagi umat awan bertujuan untuk memperoleh kedamaian dan ketenangan bagi diri sendiri maupun orang lain. Hal ini juga sesuai ajaran kitab Tripitaka.


Tipitaka adalah kitab suci agama Buddha ditulis dalam bahasa Pali, berisi ajaran Buddha Gautama. Tipitaka berisi aturan kehidupan kebiksuan, filsafat agama, dan khotbah Buddha Gautama, termasuk khotbah pertama kepada lima muridnya, setelah mencapai pencerahan sempurna.

Post a Comment for "APA SAJA ISI PANCASILA BUDDHIS DAN ARTINYA?"