PERBEDAAN REKLAME KOMERSIAL DAN NONKOMERSIAL

Reklame adalah media yang digunakan untuk memberikan atau menyampaikan informasi dan juga berguna untuk menawarkan suatu produk di papan besar pinggir jalan. pelajarancg.blogspot.com - Reklame komersial adalah salah satu reklame yang bertujuan untuk mengajak atau mempengaruhi publik tentang apa yang disampaikan dalam reklame tersebut. Adapun Contohnya, yakni:
  • Reklame dalam bentuk brosur sedot WC;
  • Reklame bentuk spanduk kredit kendaraan bermotor dan properti; dan
  • Reklame bentuk baliho Smartphone SAMSUNG.



Dari contoh yang disebutkan kurikulum pelajarancg dapat disimpulkan terkait ciri-ciri dari Reklame komersial ini ialah:

https://pelajarancg.blogspot.com/



Reklame non komersial adalah salah satu reklame yang isi nya pemberitahuan kepada publik tentang apa yang disampaikan di dalam reklame tersebut. Adapun Contohnya, yakni:
  • Reklame tentang himbauan taat lalu lintas;
  • Reklame tentang himbauan untuk taat pajak; dan
  • Reklame tentang pemanasan global.



Dalam ciri-cirinya, sebuah Reklame komersial tidak mudah diubah statusnya menjadi Reklame nonkomersial, atau sebaliknya.


Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.


Tujuan dalam pembuatan reklame adalah agar suatu produk atau jasa dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membeli atau memakainya.


Ciri-ciri reklame yang baik adalah:
  1. Jelas, Singkat, dan Mudah dipahami. Reklame yang baik harus menggunakan kalimat-kalimat yang singkat, terlihat jelas, serta dapat dengan mudah dipahami dan dicerna khalayak ramai.
  2. Menarik dan mencolok. Reklame yang baik harus memiliki komposisi warna dan bentuk yang mencolok, serta memiliki desain yang menarik khalayak ramai.
  3. Jujur. Reklame yang baik memiliki pesan yang apa adanya dan tidak dibuat-buat. Dilakukan berulang-ulang. Reklame yang baik harus dipasang berulang-ulang agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui pesan reklame tersebut.



Contoh reklame:
  • Poster.
  • Spanduk.
  • Brosur.
  • Selebaran.
  • Logo.
  • Baliho.
  • Embalase, dsb.



Dari kedua pengertian tersebut, tentu sudah akan tergambar apa saja perbedaan antara Reklame komersial dan nonkomersial. Secara singkat perbedaan keduanya dapat dilihat pada tabel artikel kurikulum pelajarancg.blogspot.com:

Perbedaan komersial nonkomersial
Tujuan Informasi dan mengajak atau mempengaruhi publik Sekedar pemberitahuan Informasi
Sifat reklame Keuntungan Bisnis himbauan
Contoh Brosur sedot WC, spanduk kredit kendaraan bermotor dan properti, dan baliho Smartphone SAMSUNG Himbauan taat lalu lintas, himbauan untuk taat pajak, dan Reklame tentang pemanasan global


Pelajari: APA PERBEDAAN ANTARA IKLAN KOMERSIAL DAN NON-KOMERSIAL?

Jadi itulah beberapa perbedaan Komersial dan Nonkomersial untuk Reklame ditinjau dari berbagai definisi mendasar. Semoga dengan adanya artikel pembahasan kurikulum pelajarancg.blogspot.com ini, kita semua tak lagi bingung dalam membedakan apa Reklame Komersial dan apa itu Reklame Nonkomersial. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "PERBEDAAN REKLAME KOMERSIAL DAN NONKOMERSIAL"