REKLAME: PENGERTIAN, BENTUK DAN JENIS DALAM PELAJARAN SBDP

Reklame adalah suatu media atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, serta memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik. contohnya: Brosur, Leaflet, poster, Poster, Buklet, Spanduk, Banner, Selebaran, Iklan, Embalase, Balliho, dan logo. Kurikulum materi Seni budaya dan prakarya (SBDP) kelas 6 SD/MI. Pelajarancg.blogspot.com - Tujuan reklame adalah digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk. Ada berbagai jenis reklame, seperti poster, iklan, plakat, spanduk, selebaran, baliho, buklet, dan lain-lain. Berdasarkan sifatnya, reklame dibagi menjadi komersial dan nonkomersial. Berikut adalah Pengertian Reklame, Bentuk Reklame, Jenis Reklame dan contohnya dalam Mapel SBDP untuk siswa/ pelajar tingkat Sekolah dasar (SD).


PENGERTIAN REKLAME

Reklame dalam pengertian secara etimologi (asal-usul suatu kata). kata reklame berasal dari kata reclomos. re artinya ulang, clomos artinya panggolan atau teriakan.


secara umum pengertian reklame adalah sebagai media propaganda yang berfungsi untuk memperkenalkan dan menawarkan barang dagangan atau jasa agar dikenal oleh masyarakat.


Secara luas pengertian reklame adalah sebagai suatu karya seni rupa yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawawrkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengna cara yang menarik sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membelinya.


Dari pengertian-pengertian pelajarancg.blogspot.com diatas, Reklame yang dimaksud juga sebagai media yang digunakan untuk promosi. Adapun Media visual merupakan jenis dari reklame yang memanfaatkan tulisan dan gambar yang diolah sedemikian rupa dengan tujuan untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada orang lain.


BENTUK REKLAME

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, reklame dibedakan menjadi:
  1. Brosur.
  2. Leaflet.
  3. Poster.
  4. Buklet.
  5. Spanduk.
  6. Banner.

Reklame dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan medianya 1. reklame audio : menggunakan media suara atau bunyi 2. reklame visual : menggunakan gambar 3. reklame audio visual : gabungan dari gambar dan suara

Baca Pelajarancg SBDP (Seni budaya dan prakarya) lebih lengkap: SENI REKLAME: ARTI, JENIS, TUJUAN, DAN UNSUR PEMBUATAN REKLAME


Berdasarkan bentuk dan sifatnya, reklame dibedakan menjadi:
  1. Komersial. Reklame yang bersifat komersial digunakan oleh pedagang untuk menawarkan barang atau produknya. Contoh: iklan, selebaran, poster, dan lain-lain.
  2. Non-Komersial. Reklamasi yang bersifat nonkomersial digunakan untuk mengajak masyarakat untuk melakukan suatu hal. Contohnya adalah poster, spanduk, baliho, iklan layanan masyarakat, dan lain-lain.



JENIS JENIS REKLAME DAN CONTOHNYA

1. Brosur

Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.


https://pelajarancg.blogspot.com/



2. Leaflet

Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.

https://pelajarancg.blogspot.com/

Baca: PERBEDAAN ANTARA LEAFLET DAN FLYER

3. Poster

Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.

https://pelajarancg.blogspot.com/

4. Buklet

Buklet adalah jenis reklame yang di buat menyerupai buku dengan jumlah halaman lebih dan dua lembar. Berikut ini contoh reklame Buklet.

https://pelajarancg.blogspot.com/

5. Spanduk

Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai. Berikut ini contoh reklame spanduk.


https://pelajarancg.blogspot.com/



6. Banner

Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga. Berikut ini contoh reklame Banner.

https://pelajarancg.blogspot.com/



7. Selebaran

Selebaran adalah jenis reklame dengan bentuk gambar dan tulisan pada lembaran kertas. Dan jenis reklame seperti ini bisa kita lihat cara penyampainya langsung di berikan kepada masyarakat dengan menyebarkan di jalan, dan di tempat-tempat yang ramai orang. Berikut ini contoh reklame Selebaran.

https://pelajarancg.blogspot.com/


8. Iklan

Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.

https://pelajarancg.blogspot.com/


9. Embalase

Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.

https://pelajarancg.blogspot.com/


10. Baliho

Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen. Berikut ini contoh reklame baliho.


https://pelajarancg.blogspot.com/



11. logo

logo adalah jenis reklame yang berbentuk gambar yang di gunakan sebagai symbol atau lambang sebuah produk maupun barang. Berikut ini contoh reklame logo.

Contoh Reklame "logo"




12. Billboard

Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.

https://pelajarancg.blogspot.com/


13. Kalender

Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Baca:



KESIMPULAN REKLAME: PENGERTIAN, BENTUK DAN JENIS DALAM PELAJARAN SBDP

Pengertian Reklame adalah suatu media atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, serta memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik. contohnya: Brosur, Leaflet, poster, Poster, Buklet, Spanduk, Banner, Selebaran, Iklan, Embalase, Balliho, dan logo. Kurikulum materi Seni budaya dan prakarya (SBDP) kelas 6 SD/MI. Pelajarancg.blogspot.com - Tujuan reklame adalah digunakan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan, dan menawarkan produk. Ada berbagai jenis reklame, seperti poster, iklan, plakat, spanduk, selebaran, baliho, buklet, dan lain-lain. Berdasarkan sifatnya, reklame dibagi menjadi komersial dan nonkomersial, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "REKLAME: PENGERTIAN, BENTUK DAN JENIS DALAM PELAJARAN SBDP"