SENI REKLAME: ARTI, JENIS, TUJUAN, DAN UNSUR PEMBUATAN REKLAME

Kurikulum Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTs penulis Heruwati Cahyani, S.Pd, Pelajarancg.blogspot.com Seni rupa dalam visualisasinya berwujud bentuk-bentuk yang dinikmati melalui indra penglihatan. Seni rupa disebut juga seni visual. Menurut wujudnya, karya seni rupa terbagi menjadi dua yaitu karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Karya seni terapan (applied art) atau seni pakai adalah karya seni yang digunakan untuk kepentingan praktis. Berikut adalah Kurikulum Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) tentang Reklame: arti, jenis, tujuan dan unsur pembuatan reklame yang dirangkum pelajarancg.blogspot.com untuk pelajar sekolah menengah Kelas 8 MTs:


REKLAME PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) KELAS VIII MTS/SMP:

Arti Reklame Secara Bahasa

Kata reklame berasal dari bahasa latin dari kata "Re" yang arti berulang-ulang dan "clamo" yang berarti berteriak. Jadi secara bahasa berarti teriakan yang berulang-ulang.


Arti Reklame Secara Istilah

Secara istilah reklame adalah suatu kegiatan seseorang atau kelompok orang untuk mengajak orang lain mengikuti (membeli, memiliki, memperhatikan dan sebagainya), apa yang direklamekan.


Jenis-Jenis Reklame

Menurut media penyampaiannya reklame dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

1. Reklame Visual yaitu reklame yang menitikberatkan aspek penglihatan, Contoh :
  1. Iklan yaitu reklame yang dipasang di surat kabar atau majalah.
  2. Slide yaitu reklame dalam pemutaran film dengan proyektor sebelum film utama diputar.
  3. Spanduk yaitu bentuk reklame yang dibuat pada selembar kain panjang dan dipasang di atas jalan atau tempat-tempat strategis.
  4. Poster yaitu gambar dan tulisan yang berisi pengumuman atau pemberitahuan, anjuran, ajakan dan peringatan.
  5. Baliho yaitu poster besar yang dipasang di tepi jalan, gedung bioskop atau sekitar tempat umum yang bersifat sementara.
  6. Logo yaitu reklame berbentuk gambar lambang organisasi jawatan, atau perusahaan.
  7. Mobile yaitu reklame yang digantung dan bergerak-gerak.
  8. Etalase yaitu barang yang dipajang dalam ruangan pada kemasan barang-barang dagangan.
  9. Embalase yaitu gambar sekaligus pembungkus benda-benda kemasan.
  10. Etiket yaitu gambar dan tulisan yang terdapat pada kemasan barang dagangan.
  11. Monogram yaitu huruf nama depan seseorang atau perusahaan yang diperindah.
  12. Nameboard atau papan nama yaitu reklame yang dibuat di atas papan kayu, logam, dan seng yang dipasang di depan perusahaan atau rumah.
  13. Billboard yaitu bentuk reklame dari papan yang berukuran besar, ada di atas toko atau gedung dan di tepi jalan dalam jangka waktu lama.
  14. Folder yaitu reklame berupa kertas yang dilipat menjadi beberapa bagian yang di dalamnya memuat keterangan. Keterangan secara rinci mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
  15. Booklet yaitu reklame menyerupai buku yang jumlah halamnnya lebih dari dua lembar, dapat pula berupa lembaran panjang yang dilipat-lipat enyerupai buku.
  16. Leaflet yaitu reklame berupa slembar kertas yang diselipkan pada surat kabar atau majalah.



2. Reklame Audio yaitu reklame yang menitikberatkan aspek penglihatan, Contoh : reklame di radio, pedagang kaki lima dan sebagainya.


3. Reklame Audio Visual yaitu reklame yang menitikberatkan aspek pendengaran dan penglihatan. Contoh : Televisi, VCD, LCD dan sebagainya.


Tujuan-Tujuan Reklame

Menurut tujuan pengadaan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
  1. Reklame komersial yaitu reklame yang bertujuan menawarkan barang dan jasa, semata-mata mencari keuntungan material sebanyak-banyaknya. Contoh : promosi barang-barang produksi atau dagangan.
  2. Reklame non komersial atau sosial yaitu reklame yang dibuat untuk memberitahukan, mengajak dan mengajurkan sesuatu agar dipatuhi oleh masyarakat. Contoh : tentang KB, reklame cara hidup sehat dan sebagainya.


https://pelajarancg.blogspot.com/
Contoh gambar leaflet kesehatan Ibu dan Anak 

Unsur Pembuatan Reklame

Reklame yang baik memiliki unsur-unsur sebagai berikut :
  1. Peringatan (banner) adalah kata-kata untuk menarik perhatian orang bagai panji-panji atau bendera.
  2. Judul (headline) dibuat singkat dan menarik.
  3. Penyiaran (flash) untuk menonjolkan objek agar menjadi pusat perhatian.
  4. Teks (bodycopy) sebagai keterangan pelengkap.
  5. Gambar penjelas (illustration) adalah gambar pokok untuk menjelaskan barang yang ditawarkan.
  6. Logo perusahaan (logo type) berupa lambang pabrik atau perusahaan yang memproduksi.
  7. Penutup kata (closing word) adalah kata yang mengakhiri ungkapan reklame.
  8. Etalase yaitu barang yang dipajang dalam ruangan pada kemasan barang-barang dagangan.
  9. Embalase yaitu gambar sekaligus pembungkus benda-benda kemasan.
  10. Etiket yaitu gambar dan tulisan yang terdapat pada kemasan barang dagangan.
  11. Monogram yaitu huruf nama depan seseorang atau perusahaan yang diperindah.
  12. Nameboard atau papan nama yaitu reklame yang dibuat di atas papan kayu, logam, dan seng yang dipasang di depan perusahaan atau rumah.
  13. Billboard yaitu bentuk reklame dari papan yang berukuran besar, ada di atas toko atau gedung dan di tepi jalan dalam jangka waktu lama.
  14. Folder yaitu reklame berupa kertas yang dilipat menjadi beberapa bagian yang di dalamnya memuat keterangan. Keterangan secara rinci mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
  15. Booklet yaitu reklame menyerupai buku yang jumlah halamnnya lebih dari dua lembar, dapat pula berupa lembaran panjang yang dilipat-lipat enyerupai buku.
  16. Leaflet yaitu reklame berupa selembar kertas yang diselipkan pada surat kabar atau majalah.


Baca:



RANGKUMAN SENI REKLAME: ARTI, JENIS, TUJUAN, DAN UNSUR PEMBUATAN REKLAME

Seni rupa dalam visualisasinya berwujud bentuk-bentuk yang dinikmati melalui indra penglihatan. Seni rupa disebut juga seni visual. Reklame Audio Visual yaitu reklame yang menitikberatkan aspek pendengaran dan penglihatan. Contoh : Televisi, VCD, LCD dan sebagainya. Demikianlah Kurikulum Seni Budaya Kelas 8 SMP/MTs penulis Heruwati Cahyani, S.Pd, Pelajarancg.blogspot.com semoga bermanfaat!!!!


Daftar Pustaka : Cahyani, Heruwati. 2015. SENI BUDAYA KLS VIII SMP/MTs. CreateSpace Publishing.LLC Kementerian Agama Kabupaten Tegal

Post a Comment for "SENI REKLAME: ARTI, JENIS, TUJUAN, DAN UNSUR PEMBUATAN REKLAME"