BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN MENENGAH

PELAJARANCG: Buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran yang dimaksud meliputi aktivitas merumuskan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan cara mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. Dalam panduan ini, pembelajaran dan asesmen merupakan satu siklus; di mana asesmen memberikan informasi tentang pembelajaran yang perlu dirancang, kemudian asesmen digunakan untuk mengecek efektivitas pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, asesmen yang diutamakan adalah asesmen formatif yang berorientasi pada perkembangan kompetensi peserta didik.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Pemerintah telah menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) yang menjadi rujukan utama dalam pengembangan rancangan pembelajaran, khususnya untuk kegiatan intrakurikuler.


Panduan ini memfasilitasi proses berpikir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari menganalisis capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran mengembangkan alur tujuan pembelajaran, modul ajar, serta asesmen pada awal pembelajaran dan pembelajaran terdiferensiasi.


Dokumen ini juga memuat perencanaan serta pelaksanaan asesmen yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, dan pelaporan hasil penilaian atau asesmen. PPA difokuskan untuk pembelajaran dan asesmen intrakurikuler, sedangkan panduan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila disampaikan dalam dokumen terpisah.


Sasaran Pengguna Buku Panduan

  • Untuk pendidik, panduan pembelajaran dan asesmen digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran
  • Untuk kepala sekolah, panduan ini dapat menjadi acuan atas fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader). Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah menginspirasi para pendidik untuk berkolaborasi dan berinovasi untuk menciptakan perubahan yang dimulai dari dalam kelas.
  • Pengawas diharapkan berperan untuk mendampingi kepala sekolah. Pengawas bersama kepala sekolah mendiskusikan dan merefleksikan proses pembelajaran (bukan hanya terfokus pada administrasi), serta memberikan inspirasi praktik baik pelaksanaan pembelajaran dan asesmen dari sekolah lain. pengawas juga dapat melakukan pendampingan kepada kepala sekolah dan pendidik yang memerlukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam pembelajaran.
  • Sebagai bagian dari komunitas belajar, panduan ini bisa berguna untuk bahan diskusi, memantik berbagai ide dalam pembelajaran, dll.



Cara Menggunakan Panduan

Satuan pendidikan dan pendidik diberikan kebebasan untuk mengembangkan pembelajaran, perangkat ajar, dan asesmen sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, satuan pendidikan, dan daerahnya. Satuan pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.


Dalam penggunaannya, Buku atau dokumen ini perlu memperhatikan beberapa regulasi lain:



DOWNLOAD BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD), PENDIDIKAN DASAR (SD/MI), MENENGAH (SMP/MTS) DAN SMA/MA/SMK

Untuk buku panduan terkait pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK dan Sederajat #sahabatpelajarancg dapat mendownload di situs resmi kurikulum kemdikbud. Atau langsung unduh di kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf


Semoga bermanfaat!


Tentang Blog Kurikulum Pelajarancg

Kurikulum pelajaran merupakan situs pendidikan Merdeka yang berisi artikel-artikel penting bagi insan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dalam setiap tulisan pada materi yang disajikan harapan penulis Kurikulum pelajarancg.blogspot.com adalah semoga artikel-artikel ini dapat membantu guru, dosen, pelajar, dan mahasiswa dalam mempersiapkan rencana pelaksanaan Pembelajaran di sekolah maupun madrasah, khususnya ketika menyambut kalender Pendidikan Tahun Pelajaran baru, ulangan harian maupun semesteran.

Post a Comment for "BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN MENENGAH"