Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013
pelajarancg.blogspot.com - Kebijakan Kurikulum Merdeka diluncurkan secara resmi pada tanggal 11 Februari 2022. Sedangkan implementasinya akan diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023 di sekolah-sekolah tertentu atau masih terbatas. Dan Menurut Kemdikbud Ristek, rencananya, Kurikulum Merdeka ini akan dijalankan sebagai opsi tambahan terlebih dahulu selama tahun 2022-2024 dalam rangka pemulihan pembelajaran pasca pandemi. Nah, nantinya mulai tahun 2024, diharapkan Kurikulum Merdeka sudah bisa fully implemented secara nasional. Di tahun 2024 juga, Kemdikbud Ristek akan mengkaji ulang mengenai implementasi Kurikulum Merdeka ini berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.
Pelajari: KEPUTUSAN MENTERI AGAMA (KMA) NOMOR 347 TAHUN 2022 TENTANG PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH
Dulu dan sekarang, kita sudah mengenal dengan yang namanya K13 atau Kurikulum 2013 yang mulai diberlakukan sejak tahun ajaran 2013/2014.
Kalau kita cermati bersama, perbedaan paling mendasar antara Kurikulum Merdeka dengan K13. Dalam K13, satuan pendidikan terbatas pada satu pendekatan ilmiah (Scientific Approach), namun dalam Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan tidak terbatas pada satu pendekatan. Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan berbasis mata pelajaran, tematik, inkuiri, kolaborasi mata pelajaran ataupun paduannya sesuai dengan peraturan menteri.
Namun dibalik perbedaan yang ada, sebenarnya juga terdapat kesamaan esensi antara Kurikulum Merdeka dengan K13. Misalnya tentang pendekatan ilmiah (Scientific Approach) yang pada hakekatnya adalah pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa mencari pengetahuan bukan menerima pengetahuan. Pendekatan ini mempunyai esensi yang sama dengan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP). Masalah pendekatan sebenarnya bukan masalah kurikulum, tetapi masalah implementasi yang tidak jalan di kelas. Bisa jadi pendekatan ilmiah yang akan diperkenalkan di Kurikulum Merdeka akan bernasib sama dengan pendekatan-pendekatan kurikulum terdahulu bila guru tidak paham dan tidak bisa menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.
Berikut ini adalah perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum 2013:
Pelajari:
Demikian informasi mengenai Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2023 yang dapat dibagikan Kurikulum pelajarancg.blogspot.com, Semoga bermanfaat!!!
pelajarancg.blogspot.com - Kebijakan Kurikulum Merdeka diluncurkan secara resmi pada tanggal 11 Februari 2022. Sedangkan implementasinya akan diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023 di sekolah-sekolah tertentu atau masih terbatas. Dan Menurut Kemdikbud Ristek, rencananya, Kurikulum Merdeka ini akan dijalankan sebagai opsi tambahan terlebih dahulu selama tahun 2022-2024 dalam rangka pemulihan pembelajaran pasca pandemi. Nah, nantinya mulai tahun 2024, diharapkan Kurikulum Merdeka sudah bisa fully implemented secara nasional. Di tahun 2024 juga, Kemdikbud Ristek akan mengkaji ulang mengenai implementasi Kurikulum Merdeka ini berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.
Pelajari: KEPUTUSAN MENTERI AGAMA (KMA) NOMOR 347 TAHUN 2022 TENTANG PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH
Dulu dan sekarang, kita sudah mengenal dengan yang namanya K13 atau Kurikulum 2013 yang mulai diberlakukan sejak tahun ajaran 2013/2014.
Kalau kita cermati bersama, perbedaan paling mendasar antara Kurikulum Merdeka dengan K13. Dalam K13, satuan pendidikan terbatas pada satu pendekatan ilmiah (Scientific Approach), namun dalam Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan tidak terbatas pada satu pendekatan. Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan berbasis mata pelajaran, tematik, inkuiri, kolaborasi mata pelajaran ataupun paduannya sesuai dengan peraturan menteri.
Namun dibalik perbedaan yang ada, sebenarnya juga terdapat kesamaan esensi antara Kurikulum Merdeka dengan K13. Misalnya tentang pendekatan ilmiah (Scientific Approach) yang pada hakekatnya adalah pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa mencari pengetahuan bukan menerima pengetahuan. Pendekatan ini mempunyai esensi yang sama dengan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP). Masalah pendekatan sebenarnya bukan masalah kurikulum, tetapi masalah implementasi yang tidak jalan di kelas. Bisa jadi pendekatan ilmiah yang akan diperkenalkan di Kurikulum Merdeka akan bernasib sama dengan pendekatan-pendekatan kurikulum terdahulu bila guru tidak paham dan tidak bisa menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.
Berikut ini adalah perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum 2013:
No | Kurikulum Merdeka | Kurikulum 2013 |
1. | Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Sekolah Dasar Kelas tinggi (IV, V, VI) diajarkan secara bersamaan dengan nama Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) | Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial pada Sekolah Dasar Kelas tinggi (IV, V, VI) diajarkan secara terpisah |
2. | TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai mata pelajaran | TIK bukan sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai media pembelajaran |
3. | satuan pendidikan tidak terbatas pada satu pendekatan saja | satuan pendidikan terbatas pada satu pendekatan saja |
4. | Capaian Pembelajaran (CP) | Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) |
Pelajari:
- KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI (MENDIKBUDRISTEK) NOMOR 56/M/2022 TENTANG PEDOMAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM RANGKA PEMULIHAN PEMBELAJARAN
- PERBEDAAN KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM SEBELUMNYA
Demikian informasi mengenai Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2023 yang dapat dibagikan Kurikulum pelajarancg.blogspot.com, Semoga bermanfaat!!!
Post a Comment for "PERBEDAAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN KURIKULUM 2013"