CIRI-CIRI NILAI SOSIAL, YUK PELAJARI!

Sebutkan ciri-ciri nilai sosial.


Nilai sosial adalah berbagai prinsip, anggapan maupun keyakinan yang berlaku dalam suatu masyarakat. Nilai ini menjadi pedoman hidup bagi anggota masyarakat dan dianggap baik dan benar serta wajib dipatuhi.


Nilai sosial tidak berbentuk tulisan, melainkan berbentuk lisan serta diketahui dan disepakati bersama oleh setiap anggota masyarakat. Pewarisan nilai sosial dilakukan oleh generasi lama ke generasi baru secara turun-temurun.


Dalam suatu masyarakat, nilai sosial dapat sangat beragam dan selalu berubah mengikuti perkembangan dalam masyarakat itu sendiri. Nilai sosial diperlukan untuk mengatur hubungan antaranggota masyarakat.


Sumber utama dari nilai sosial berasal dari Tuhan, masyarakat, dan individu. Penetapan nilai sosial yang bersumber dari Tuhan dilandasi oleh doktrin agama yang menjadi pedoman manusia dalam bersikap dan bertindak. Nilai sosial yang bersumber dari masyarakat merupakan hasil kesepakatan sejumlah anggota masyarakat. Sedangkan nilai sosial yang bersumber dari individu merupakan hasil rumusan seseorang dalam suatu masyarakat yang kemudian dijadikan pedoman bagi seluruh anggota masyarakatnya.


Secara umum, nilai sosial memiliki ciri-ciri berikut:
  1. Terbentuk melalui interaksi sosial antarmanusia secara terus menerus.
  2. Diwariskan melalui proses belajar dalam bentuk sosialisasi, akulturasi, dan penyebaran kebudayaan.
  3. Aturan atau tolok ukur ditetapkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial.
  4. Nilai yang terkandung bersifat berbeda-beda pada tiap masyarakat dengan kebudayaan dan peradaban yang berbeda.
  5. Memberikan pengaruh dengan tingkatan yang berbeda-beda bagi tindakan manusia.
  6. Memberi dampak positif dan dampak negatif terhadap perkembangan kepribadian individu yang berperan sebagai anggota masyarakat.


Pelajari lebih lanjut: PELAJARI PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL BESERTA CIRI-CIRI DAN UNSUR PEMBANGUNNYA

Secara Ilmu Sosiologi, nilai sosial memiliki ciri-ciri berikut:
  1. Nilai sosial merupakan konstruksi masyarakat yang tercipta melalui interaksi di antara para anggota masyarakat.
  2. Nilai tercipta secara sosial bukan secara biologis atau bawaan sejak lahir.
  3. Nilai sosial terbentuk melalui proses sosialisasi atau proses belajar.
  4. Nilai sosial ditularkan dari suatu kelompok ke kelompok yang lain, melalui berbagai macam proses, misal apabila nilai itu berwujud kebudayaan, dapat ditularkan melalui akulturasi, difusi, dan sebagainya.
  5. Nilai memuaskan manusia dan mengambil bagian dalam usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan sosial.
  6. Nilai yang telah disetujui dan diterima secara sosial menjadi dasar tindakan dan tingkah laku, baik secara pribadi maupun secara kelompok, dan secara keseluruhan.
  7. Nilai juga membantu masyarakat agar dapat berfungsi baik.
  8. Sistem nilai sosial sangat penting untuk pemeliharaan kemakmuran dan kepuasan sosial.
  9. Memberikan pengaruh dengan tingkatan yang berbeda-beda bagi tindakan manusia.
  10. Memberi dampak positif dan dampak negatif terhadap perkembangan kepribadian individu yang berperan sebagai anggota masyarakat.



Dari buku siswa mata pelajaran Sosiologi, kita juga mempelajari jenis Nilai Sosial. Yang nantinya kan dibahas dalam artikel kurikulum Pelajarancg termasuk materi norma Sosial. Jadi untuk pelajari lebih lanjut materi dari mapel Sosiologi tersebut, silahkan simak terus kurikulum pelajarancg.blogspot.com. Di Pelajarancg, kamu akan temukan berbagai macam materi sekolah semua jenjang pendidikan mulai dari kurikulum tahun 2013 hingga kurikulum merdeka yang terbaru.

Post a Comment for "CIRI-CIRI NILAI SOSIAL, YUK PELAJARI!"