PELAJARI PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL BESERTA CIRI-CIRI DAN UNSUR PEMBANGUNNYA

Interaksi sosial adalah hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial.
Ilustrasi Foto Interaksi sosial adalah hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial. (Pelajarancg.blogspot.com/ Ilustrasi)



Interaksi sosial adalah hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangun struktur sosial.


PELAJARANCG.BLOGSPOT.com - Istilah Interaksi sosial adalah hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Meski begitu, tidak semua orang memahami pengertian Interaksi sosial.


Karena itu, artikel ini akan menyampaikan ulasan terkait hal tersebut, termasuk mengenai ciri-ciri Interaksi sosial. Unsur pembangun keteraturan sosial dan unsur pembangun Interaksi sosial juga akan diulas.


Interaksi sosial berasal dari bahasa Inggris "interaction" yang berarti pengaruh timbal-balik atau proses saling memengaruhi. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), interaksi berarti aksi timbal balik. Sedangkan kata 'sosial' adalah berkenaan dengan masyarakat.

Pelajari juga: HUBUNGAN SIMBIOSIS (MUTUALISME, KOMENSALISME, DAN PARASITISME)

Sedangkan menurut buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kurikulum Merdeka, Interaksi sosial adalah suatu hubungan timbal balik yang dinamis antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok baik dalam kerja sama, persaingan, ataupun pertikaian.


Dalam ilmu sosial, hubungan sosial tercermin dalam interaksi sosial yang mengacu pada hubungan antara dua orang atau lebih (misalnya kelompok sosial). Hubungan sosial yang berasal dari lembaga individu akan membentuk dasar dari struktur sosial.

Pelajari juga: HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA (EKOSISTEM)

Ada dua bentuk interaksi sosial, yakni interaksi sosial asosiatif dan disosiatif.


Asosiatif adalah jenis interaksi sosial yang mengarah pada kerja sama di antara individu atau kelompok. Contohnya, Suatu kelompok atau organisasi yang saling bekerja sama untuk membangun suatu daerah. Sedangkan disosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah ke bentuk perpecahan atau merenggangkan solidaritas. Contohnya, perkelahian antarteman, pertengkaran antara orangtua dan anak, perkelahian antargeng motor, dan perselisihan antarkelompok sosial.


CIRI-CIRI INTERAKSI SOSIAL

Mengutip buku siswa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas V Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kurikulum Merdeka, terdapat beberapa tanda terjadinya interaksi sosial. Berikut uraiannya:


Interaksi sosial antara individu dengan individu

Wujud interaksi sosial antara individu dengan individu dapat kita lihat, yaitu saat dua orang bertemu kemudian terjadi interaksi dalam bentuk saling menegur, dan lain sebagainya.

Pelajari juga: DOWNLOAD BUKU SISWA SD/MI KELAS 6 TEMA 2 KURIKULUM 2013

Interaksi sosial antara individu dengan individu

Wujud interaksi sosial antara individu dengan kelompok, antara lain jika seorang guru atau dosen yang sedang mengajar murid-muridnya tentang suatu mata pelajaran.


Guru adalah satu orang sehingga disebut individu dan murid-murid disebut kelompok karena terdiri banyak siswa yang sedang menyimak ajaran guru.


Interaksi sosial antarkelompok

Wujud dari interaksi sosial antarkelompok, merupakan interaksi antarkelompok. Contohnya yaitu pada Perang Dingin atau pertentangan antara dua blok atau dua kelompok.


Pelajari juga: DOWNLOAD BUKU GURU DAN SISWA KELAS 11 KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA REVISI 2017


UNSUR PEMBANGUN KETERATURAN SOSIAL

Unsur-unsur yang terdapat di dalam kehidupan masyarakat akan membangun suatu struktur sosial dimana menurut Abdulsyani (1994) menyebutkan terdapat lima unsur sosial yaitu kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial, kekuasaan dan wewenang. Berikut uraiannya:

Pelajari juga: APA ITU KALIMAT DEFINISI DAN BERIKAN CONTOHNYA

Kelompok sosial

Kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi. Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. Contohnya, Keluarga, pertemanan, komunitas, rekan kerja, dan rukun tetangga.


Kebudayaan

Interaksi sosial budaya diartikan sebagai: hubungan atau interaksi timbal balik antar individu dan masyarakat dalam hal kebudayaan dan saling memengaruhi. Interaksi ini lantas menjadi suatu budaya tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat di kelompok itu.


Lembaga Sosial

Lembaga sosial merupakan wadah untuk manusia bisa memenuhi kebutuhannya dalam sebuah kelompok tertentu. Kehadiran lembaga sosial bisa membantu mengatur interaksi sosial agar tetap tertib dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam sebuah masyarakat.


Stratifikasi Sosial

Hubungan antara kelas (stratifikasi) sosial dengan interaksi sosial dapat memengaruhi seseorang. Hal ini dapat mengakibatkan canggungnya seseorang dalam melakukan interaksi atau bergaul dengan orang lain dimana antara satu dengan lainnya memiliki batasan atau jabatan yang tidak bisa disandingkan dengan mudah.


Kekuasaan dan wewenang

Dalam unsur pembangun keteraturan Sosial, kida dapat mempelajari definsi menurut Menurut Max Weber tentang Kekuasaan dan wewenang. Menurutnya, kekuasaan sebagai peluang bagi seseorang maupun kelompok untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat akan kemauannya sendiri sekaligus mampu diterapkan terhadap tindakan perlawanan dari orang maupun golongan tertentu.

Pelajari juga: APA ITU KALIMAT DESKRIPSI DAN BERIKAN CONTOHNYA

UNSUR PEMBANGUN INTERAKSI SOSIAL

Dengan Unsur pembangun keteraturan, maka unsur pembangun Interaksi sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:


Sugesti

Sugesti adalah suatu usaha memberikan pengaruh pada orang lain dengan cara tertentu, supaya orang tersebut mau mengikuti pemikirannya. Contoh sugesti yaitu semua iklan yang ditampilkan di televisi hampir semuanya bersifat sugesti.


Imitasi

Imitasi adalah suatu usaha meniru tindakan orang atau individu lain yang dianggap sebagai tokoh idealnya.


Contohnya, yaitu seorang anak sering meniru pola perilaku orang tuanya dalam hal cara berbusana serta bicara.


Identifikasi

Identifikasi adalah suatu usaha ingin menjadi sama dengan orang lain. Identifikasi ney seperti upaya menjiplak supaya mirip artis atau tokoh idolanya.


Contohnya, seorang siswa SMP merupakan pengagum berat artis terkenal, lalu dia meniru model rambut. model pakaian, atau gaya perilakunya supaya bisa sama dengan idolanya tersebut.


Simpati

Simpati adalah proses ketertarikan seseorang pada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya. Contohnya simpati saat temannya mencapai suatu prestasi di kelas.


Empati

Empati adalah suatu sikap berusaha merasakan kondisi orang lain sesuai keadaan yang sebenar-benarnya.

Pelajari juga: PERBEDAAN ANTARA SIMPATI DAN EMPATI

Contohnya saat teman sekelas ada yang sakit dan dirawat di rumah sakit, maka diadakan pengumpulkan sumbangan sukarela dari teman-teman sekelas.


Lalu, teman-teman sekelas menjenguk ke rumah sakit dan uang yang terkumpul dibelikan oleh-oleh atau jika uang diberikan pada keluarganya untuk meringankan biaya perawatan.


Itulah yang dapat dibagikan: Pelajarancg.blogspot.com/ tentang Mapel IPAS

Pelajari juga: MOBILITAS SOSIAL DAN PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMPROMOSIKAN MOBILITAS SOSIAL

Dapatkan update infografis pilihan dan materi kurikulum terbaru setiap hari dari Pelajarancg.blogspot.com. Mari ikuti di Laman Instagram "Pelajarancg.blogspot.com kurikulum Pelajarancg", caranya klik link https://www.instagram.com/pelajarancg/, kemudian ikuti. Anda harus install aplikasi instagram terlebih dulu di ponsel supaya mendapatkan update tentang bahan pembelajaran dari Mapel lainnya.

Post a Comment for "PELAJARI PENGERTIAN INTERAKSI SOSIAL BESERTA CIRI-CIRI DAN UNSUR PEMBANGUNNYA"