JENIS-JENIS EKOSISTEM AIR TAWAR

JENIS-JENIS EKOSISTEM AIR TAWAR
(Gambar: Artikel Lingkungan, perairan)




Ekosistem air tawar terjadi karena adanya interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan di wilayah perairan yang kaya mineral dengan pH air sekitar 6. Ekosistem ini bisa berubah-ubah karena biasanya habitat air tawar bisa mengering ketika musim panas berlangsung. Ekosistem ini harus dijaga kelestariannya karena memberikan banyak manfaat bagi kehidupan, seperti sebagai habitat biota air, berperan penting dalam siklus hidrologi, dan mitigasi bencana. Sebagai habitat biota air, ekosistem perairan tawar menjadi tempat berlangsungnya rantai makanan, dan lain-lain.

Pelajari juga APA ITU RANTAI MAKANAN DAN JARING MAKANAN

Ekosistem ini memang banyak jenisnya yang dapat dilihat dari letak dan jumlah cahaya matahari yang diterima. Dilansir Kurikulum Pelajarancg dari berbagai sumber, Berikut ini adalah jenis-jenis ekosistem air tawar yang dapat menjadi kekayaan alam:


1. Ekosistem Lentik atau Ekosistem Air Tenang

Ekosistem ini berada di wilayah perairan yang di dalamnya aliran atau arus air tidak memegang peranan penting. Hal ini karena aliran air tidak begitu besar atau tidak mempengaruhi kehidupan organisme yang ada di dalamnya. Pada perairan ini faktor yang amat penting diperhatikan adalah pembagian wilayah air secara vertikal yang memiliki perbedaan sifat untuk tiap lapisannya.

PENGERTIAN EKOSISTEM SERTA CONTOHNYA
Gambar: Artikel Lingkungan, perairan


Perairan menggenang di bagi dalam tiga lapisan utama yang didasari oleh ada tidaknya penetrasi cahaya matahari dan tumbuhan air, yaitu: Littoral, limnetik dan profundal, sedangkan atas dasar perbedaan temperatur perairannya, perairan menggenang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu: metalimnion, epilimnion, dan hipolimnion.


Kelompok organisme di perairan menggenang berdasarkan niche utama dalam kedudukan rantai makanan meliputi produser (autotrof), makro konsumer (heterotrof) dan mikrokonsumer (dekomposer). Kelompok organisme yang ada di perairan menggenang berdasarkan cara hidupnya meliputi: benthos, plankton, perifiton, nekton dan neuston. Contoh kosistem air tenang yaitu danau, rawa air tawar, kolam, rawa gambut dan lain sebagainya.

Pelajari juga JARING-JARING MAKANAN DALAM EKOSISTEM

2. Ekosistem Lotik atau Ekosistem Air Mengalir

Ekosistem ini berada di wilayah perairan yang di dalamnya aliran atau arus air memegang peranan penting. Hal ini karena aliran air cukup begitu besar contohnya yaitu sungai. Sungai adalah suatu badan air yang mengalir ke satu arah. Air sungai dingin dan jernih serta mengandung sedikit sedimen dan makanan. Aliran air dan gelombang secara konstan memberikan oksigen pada air. Suhu air bervariasi sesuai dengan ketinggian dan garis lintang. Komunitas yang berada di sungai berbeda dengan danau. Air sungai yang mengalir deras tidak mendukung keberadaan komunitas plankton, karena akan terbawa arus. Sebagai gantinya terjadi fotosintesis dari ganggang yang melekat dan tanaman berakar, sehingga dapat mendukung rantai makanan. Organisme sungai dapat bertahan tidak terbawa arus karena mengalami adaptasi evolusioner. Misalnya bertubuh tipis dorsoventral dan dapat melekat pada batu. Beberapa jenis serangga yang hidup di sisi-sisi hilir menghuni habitat kecil yang bebas dari pusaran air.


Itulah jenis-jenis ekosistem air tawar yang harus dijaga kelestariannya. Jika terjadi kerusakan pada ekosistem air tawar, kelangsungan hidup organisme di dalamnya akan terganggu. (*)


**) Penulis : Admin blog Kurikulum Pelajarancg.

Sumber : Berbagai Sumber

Post a Comment for "JENIS-JENIS EKOSISTEM AIR TAWAR"