MACAM-MACAM PARAGRAF, FUNGSINYA DAN JENIS TULISANNYA ADALAH

Macam Paragraf adalah naratif untuk untuk menerangkan suatu peristiwa secara kronologis, contohnya Cerpen. Deskriptif berfungsi untuk menjelaskan sesuatu secara rinci, contohnya tentang ciri-ciri hewan. Ekspositif berfungsi untuk memaparkan, contohnya Iklan, slogan, pengumuman, editorial, tajuk rencana, esai, ceramah, dll. Persuasif berfungsi untuk media membujuk, contohnya poster, argumentatif berfungsi untuk penyampai ide, contohnya berita cuaca dan artikel. Untuk lebih jelasnya, yuk Pelajari lebih lanjut pembahasannya di Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com.


Teks tulisan merupakan gagasan utama paragraf dalam menerangkan suatu tulisan yang cenderung fokus pada karakteristik dari topik yang sedang dibahas. Adapun tulisan ini dikembangkan secara umum dan disusun dari beberapa kalimat dalam sebuah paragraf sehingga penulis dapat memberikan pemahaman isi yang utuh saat dibaca. Adapun teks tulisan dapat dibedakan berdasarkan tujuannya, yakni naratif, deskriptif, ekspositif, persuasif, dan argumentatif.

Pelajari lebih lanjut tentang alur di: https://pelajarancg.blogspot.com.


Berikut ini merupakan macam-macam paragraf tulisan dan fungsinya berdasarkan tujuan sebagai berikut:


1. NARATIF

Naratif merupakan tulisan untuk menerangkan suatu peristiwa secara kronologis sehingga menggunakan alur gagasan yang jelas dan runtut. Dengan begitu, penulis harus merangkai setiap alur cerita dalam kalimat secara berkesinambungan, sehingga pembaca bisa memahami dengan baik.


Berdasarkan jenisnya, Naratif dibedakan menjadi tiga, yaitu narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Narasi ekspositoris adalah tulisan yang berupa fakta, berguna untuk menyajikan suatu analisa proses, tujuan yang ingin dicapai adalah ketepatan informasi mengenai suatu peristiwa. contohnya berita tentang cuaca. Adapun Narasi Sugestif merupakan narasi yang menceritakan sebuah peristiwa atau kisah dengan maksud terselubung kepada para pembaca atau pendengarnya.

Pelajari lebih lanjut: CONTOH-CONTOH KALIMAT DEFINISI YANG BISA DIPELAJARI

2. DESKRIPTIF

Sesuai dengan namanya, jenis paragraf ini dibuat untuk mendeskripsikan, menjelaskan atau menggambarkan sesuatu secara rinci dan detail. Oleh karena itu, penulis harus peka dalam menggunakan inderanya, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, meraba, mencium aroma, dan sebagainya dari deskripsi yang ditulis.


Bukan hanya digunakan untuk menggambarkan suatu benda, jenis paragraf ini dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai macam hal. Mulai dari orang atau tokoh, hewan, tanaman, hingga tempat secara jelas. Dengan mengandalkan indera, tulisan ini mengajak pembaca untuk berimajinasi membayangkan gambaran dari tulisan yang disampaikan.


3. EKSPOSITIF

Eksposisi merupakan tulisan untuk untuk memberikan penjelasan bagi pembaca tentang sebuah informasi. Dengan kata lain, pengertian paragraf eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk menginformasikan sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Paragraf eksposisi bersifat ilmiah atau nonfiksi. Sumber untuk penulisan paragraf ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman si penulis.

Pelajari lebih lanjut tentang ciri paragraf di: https://pelajarancg.blogspot.com.


4. PERSUATIF

Sesuai dengan namanya, jenis paragraf ini dibuat untuk mendorong atau mengajak seseorang untuk mengikuti keinginan penulis. Dalam arti, Paragraf persuasif adalah karangan yang berisi paparan berdaya bujuk, berdaya ajak, ataupun berdaya imbau. Paragraf persuasif bertujuan untuk mempersuasi, membujuk, atau mengajak pembaca melakukan sesuatu yang disampaikan dalam tulisan tersebut. Dengan kata lain, paragraf ini ditulis untuk mempengaruhi pembaca untuk bersikap sesuai yang diharapkan.


5. ARGUMENTATIF

Jenis paragraf ini ditulis untuk menyampaikan ide, gagasan, atau pendapat tentang suatu hal. Bukan hanya menyampaikan pendapat, penulis juga harus menyertakan data dan analisis yang jelas tentang suatu isu yang diangkat.


Dengan data dan analisis yang disampaikan, penulis ingin meyakinkan pembaca bahwa idea tau gagasan yang diangkatnya adalah benar dan dapat dibuktikan. Paragraf ini cenderung bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dari sisi kognitif atau pikiran. Meskipun begitu, tak jarang jenis paragraf ini juga dapat mempengaruhi cara orang bersikap setelah menyetujui argument yang didapatkan.


Kamu dapat pelajari lebih lanjut tentang teks paragraf di: Pelajarancg.blogspot.com. pada pembahasan selanjutnya. Demikian uraian materi Bahasa Indonesia kelas 9 SMP yang dapat dibagikan Kurikulum Pelajarancg semoga dapat menambah literasi bacaan kamu.

Post a Comment for "MACAM-MACAM PARAGRAF, FUNGSINYA DAN JENIS TULISANNYA ADALAH"