MAKNA HARI RAYA KATHINA BAGI UMAT BUDDHA

Kathina 2023 (Ucapan)


PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM - Hari raya Kathina merupakan salah satu hari raya dalam Agama Buddha.


Perayaan hari Kathina diadakan sebagai ungkapan perasaan terima kasih umat Buddha kepada anggota Sangha yang telah menjalankan masa vassa selama tiga bulan di daerah mereka.

Pelajari juga: UCAPAN SELAMAT HARI RAYA WAISAK BAGI SELURUH UMAT BERAGAMA BUDDHA SELURUH DUNIA

Pada perayaan ini umat Buddha mempersembahkan dana berupa barang keperluan Sangha seperti Jubah, Makanan, Obat-obatan, ataupun Tempat Tinggal(Kuti) kepada anggota Sangha. Selain itu kita juga dapat berdana berupa uang.


Kathina 2023 (Ucapan)


Hari Kathina merupakan satu dari empat hari raya besar agama Buddha selain Trisuci Waisak, Asadha, Maghapuja. Hari raya Kathina merupakan hari bakti umat Buddha kepada para Bhikkhu Sangha untuk mempersembahkan empat kebutuhan pokok para Bhikkhu yakni makanan, jubah, obat-obatan, dan tempat tinggal.


Pelajari juga: UCAPAN TAHUN BARU IMLEK 2023




Dengan adanya Hari Kathina ini kita dapat menimbun karma-karma baik kita. Dengan ini kita juga dapat melatih Saddha (Keyakinan) kita terhadap Buddha, Dhamma, dan Sangha. Serta dengan berdana dapat melatih diri kita untuk melepas keterikatan atau kemelekatan kita terhadap sesuatu.


Inilah makna penting peringatan Hari suci Kathina. Melalui peristiwa Kathina itulah, umat Buddha sampai saat ini malaksanakan upacara kathina demi menunjukkan kemanunggalan antara sangha dan umat. Umat manusia harus saling asuh, asih dan asah demi solidaritas dan kelanggengan Buddha sasana didunia ini.


Kurukulum Pelajarancg mengucapkan selamat memperingati Hari suci Kathina, mari tingkatkan meningkatkan kesadaran para umat dan simpatisan Buddhis akan manfaat keberadaan para bhikkhu.(*)

Post a Comment for "MAKNA HARI RAYA KATHINA BAGI UMAT BUDDHA"