PERINGATAN HARI RAYA GALUNGAN

Peringatan Hari raya Galungan



PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM - Hari raya Galungan adalah salah satu perayaan yang penting bagi umat Hindu Bali. Pada tahun 2023 ini Perayaan Galungan jatuh pada tanggal 4 Januari dan 2 Agustus 2023.


Perayaan Galungan adalah perayaan yang memperingati terciptanya alam semesta beserta seluruh isinya. Hari raya ini diperingati oleh umat Hindu untuk menyatukan kekuatan rohani supaya mendapat pikiran dan pendirian yang tenang.

Pelajari juga: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN


Menurut lontar Purana Bali Swipa, Hari Raya Galungan pertama kali dirayakan pada hari Purnama Kapat (Budha Kliwon Dungulan) di tahun 882 Masehi atau tahun Saka 804.


Galungan diambil dari bahasa Jawa Kuno yang artinya bertarung, disebut juga 'dungulan' yang artinya menang. Perbedaannya hanya dalam penyebutan yakni Wuku Galungan (di Jawa) dan Wuku Dungulan (di Bali), namun artinya sama yaitu wuku yang kesebelas.


Perayaan Galungan setiap hari Rabu pada wuku Dungulan, di tahun ini jatuh pada tanggal 4 Januari & 2 Agustus 2023 nanti.


Mengenai makna Perayaan hari Galungan dalam lontar Sunarigama dijelaskan sebagai dapat dipelajari berikut: "Budha Kliwon Dungulan Ngaran Galungan patitis ikang janyana samadhi, galang apadang maryakena sarwa byapaning idep."


Artinya:


Rabu Kliwon Dungulan namanya Galungan, arahkan bersatunya rohani supaya mendapatkan pandangan yang terang untuk melenyapkan segala kekacauan pikiran.

Pelajari juga: RAHAJENG NYANGGRA RAHINA KUNINGAN 2023, UCAPAN HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN DALAM PELAJARAN BAHASA BALI

Melalui peringatan hari raya Galungan dan Kuningan, umat Hindu diharap mampu menyatukan kekuatan rohani supaya mendapat pikiran dan pendirian yang tenang. Sementara melalui peringatan hari raya Kuningan umat Hindu diharap mendapat keselamatan, kedirgayusan, perlindungan dan tuntunan lahir-bathin kepada para Dewa, Bhatara, dan para Pitara

Pelajari juga: NAMA-NAMA HARI RAYA AGAMA HINDU

Kurikulum Pelajarancg! mengucapkan selamat memperingati Hari Raya suci Galungan, semoga dharma menang atas adharma.***

Post a Comment for "PERINGATAN HARI RAYA GALUNGAN"