NIAT PUASA RAJAB DAN WAKTU MEMBACA YANG TEPAT

Niat Puasa Rajab dan Waktu Membaca yang Tepat.
Niat Puasa Rajab dan Waktu Membaca yang Tepat. /pelajarancg



Datangnya bulan Rajab di tahun 2023 tinggal menghitung hari. Bulan yang memiliki kedudukan agung dan mulia ini merupakan salah satu dari empat bulan haram di kalender Islam. Empat bulan haram dalam kalender Islam itu di antaranya adalah, bulan Zulka'dah, bulan Zulhijah, bulan Muharaam, dan bulan Rajab. Pada bulan-bulan tersebut dikatakan setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan selama bulan Rajab akan mendapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa.

Pelajari juga: DOA DI BULAN RAJAB, LENGKAP TULISAN ARAB, LATIN & ARTINYA AGAR DIBERI KEBERKAHAN

Sebelum menjalankan ibadah puasa selama sepuluh hari mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10, kita diwajibkan untuk membaca niat puasa Rajab terlebih dahulu. Niat merupakan syarat sahnya puasa dan termasuk dalam rukun puasa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini, “Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya,” (HR. Al-Bukhari).


Berikut adalah niat puasa Rajab:


Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta'âlâ.


Artinya: Saya niat berpuasa Rajab, sunah karena Allah ta'âlâ.


Niat puasa Rajab dianjurkan untuk dibaca pada malam hari atau ketika melaksanakan sahur sebelum memasuki waktu subuh. Dilansir dari NU Online, jika niat puasa Rajab dilafalkan di luar waktu tersebut, maka puasa dapat dianggap tidak sah. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut ini, “Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).


Dari hadist di atas dapat disimpulkan bahwa jika seseorang tidak membaca niat puasa Rajab di malam hari hingga memasuki subuh, maka ia harus membatalkan puasanya yang dilaksanakan di bulan Rajab karena puasanya tidak sah. Terkecuali bagi orang-orang yang tidak membaca niat puasa Rajab karena utzur, seperti lupa atau tertidur sampai memasuki waktu subuh, maka ia tetap dapat menjalankan puasanya meskipun membaca niat puasa Rajab dilakukan pada siang harinya, sebelum dzuhur tiba.


Adapun niat puasa Rajab sebaiknya cukup dilantunkan dalam hati, sebagaimana niat definisikan sebagai dorongan untuk melakukan perbuatan tulus dari hati. Umat Muslim dianjurkan melantunkan niat puasa Rajab maupun empat bulan haram di kalender Islam dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Namun, apabila niat puasa Rajab diucapkan dengan lugas, maka hal tersebut dianggap sunnah.


Dengan mengukuhkan niat puasa Rajab dengan baik, insya Allah umat Islam akan diberikan kelancaran dalam menjalankan puasa bulan haram di kalender Islam termasuk puasa Rajab yang tinggal menghitung hari. Berkenaan dengan berapa hari puasa sunnah tersebut dilaksakan tentunya bisa dilaksanakan mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 10, diperkirakan bulan Rajab tahun ini akan jatuh pada 23 Januari 2023.

Pelajari juga: NIAT PUASA RAMADHAN LENGKAP DAN WAKTU MEMBACA YANG TEPAT

Mari mempersiapkan diri untuk menyambut bulan haram di kalender Islam termasuk puasa Rajab dengan berbagai amalan baik, salah satunya dengan terus Pelajari juga materi ajaran Islam melalui blog Kurikulum Pelajarancg yang dapat Anda pelajari sepanjang hari dengan terus kunjungi tautan berikut ini https://pelajarancg.blogspot.com.

Post a Comment for "NIAT PUASA RAJAB DAN WAKTU MEMBACA YANG TEPAT"