DOA DI BULAN RAJAB, LENGKAP TULISAN ARAB, LATIN & ARTINYA AGAR DIBERI KEBERKAHAN

Doa di Bulan Rajab, Lengkap Tulisan Arab, Latin & Artinya agar Diberi Keberkahan
Doa di Bulan Rajab dianjurkan untuk diamalkan agar mendapat keberkahan. (Foto: Freepik)


JAKARTA, Pelajarancg.blogspot.com - Doa di Bulan Rajab dianjurkan untuk diamalkan Muslim menyambut bulan Syaban yang menjadi pintu gerbang Bulan Ramadhan.


Sesuai kalender Hijriah, Bulan Rajab jatuh bertepatan Senin, 23 Januari 2023. Muslim juga dianjurkan memperbanyak amalan ibadah di Bulan Rajab yang memiliki banyak keistimewaan dan Kemuliaan di dalamnya. Kemuliaan bulan Rajab terdapat dalam peristiwa Isra' Mi'raj. Dikisahkan Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan menuju langit ketujuh atau Sidratul Muntaha ketika perintah salat wajib diturunkan. Jika berpuasa sehari di bulan Rajab maka akan lipat gandakan pahalanya.


Menyambut Bulan Rajab dianjurkan untuk membaca doa agar mendapat keberkahan rezeki dan dipanjangkan umur sehingga bisa sampai pada bulan sya'ban dan memasuki Bulan Ramadhan.


Dilansir pelajarancg.blogspot.com dari berbagai sumber, berikut bacaan doa di Bulan Syaban, Latin & Artinya:


اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان وحصل مقاصدنا برحمتك يا ارحم الراحمين



Allahumma baarik lana fii rojaba wa sya'bana, wa ballighna romadhona wa hashshil maqoshidana, bi rohmatika ya Arhamar Rohimin.


Artinya: Ya Allah, Berkahkanlah kami di bulan rajab dan sya'ban ini, sampaikanlah kami pada bulan ramadhan, dan hasilkanlah maksud maksud kami, dengan rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih.


Doa tersebut bersumber dari hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad.


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ


Dari Anas bin Malik, ia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam apabila memasuki bulan Rajab, maka beliau mengatakan: “allahumma barik lana fi rajabi wa sya’ban wa barik lana fi ramadlan (ya Allah, berkahilah kami di Rajab dan Sya’ban dan berkahilah kami di Ramadhan) ” beliau bersabda: “Malam jum’at adalah mulia dan harinya terang benderang.” (Ahmad 2228)


Pelajari juga PENGERTIAN, TATA CARA, WAKTU, DAN TEMPAT BERDO'A

Hadits di atas bernilai dhaif, namun diperbolehkan untuk dilaksanakan, karena berdoa kan gak dilarang.


Doa di Bulan Rajab lainnya yang bisa diamalkan sebagai berikut:


Sahabat Nabi SAW mengajarkan doa sebagaimana mengajarkan Al-Qur’an di mana doa ini dibaca saat memasuki awal bulan menurut penanggalan hijriah salah satunya adalah bulan Rajab.


Maknanya doa ini berisi permohonan perlindungan dari segala macam kejahatan juga berharap ridha dari Allah SWT sepanjang bulan, adapun bacaannya yaitu:


اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيْمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، وَ جِوَارٍ مِنَ الشَّيطَانِ، وَرِضوَانٍ مِنَ الرَّحمَن


Ya Allah, masukkanlah kami pada bulan ini dengan rasa aman, keimanan, keselamatan, dan Islam, juga lindungilah kami dari gangguan setan, dan agar kami mendapat rida Allah (Ar-Rahman). (HR. Al-Baghawi dalam Mu’jam Ash-Shahabah, sanadnya sahih. Imam Ibnu Hajar mensahihkan hadits ini dalam Al-Ishabah, 6:407-408. Hadits ini mawquf termasuk perkataan sahabat sesuai syarat kitab shahih).


Sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid, “Doa ini ada riwayatnya. Seorang muslim sangat bagus sekali mengamalkan doa ini ketika masuk awal bulan (terlihat hilal).”


Doa di Bulan Syaban lainnya yang bisa diamalkan sebagai berikut:


اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ


Allahumma ahlilhu 'alayna bil amni wal imani wassalamati wal islami, Robbi wa RobbukAllah


“Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah.” (HR. Ahmad, 1:162 dan Tirmidzi, no. 3451, dan Ad-Darimi. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sahih).


Doa saat siang dan malam Isra Miraj 27 Rajab 1444 Hijriyah



Latin: Allohumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

Pelajari juga KUMPULAN DOA-DOA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN

Artinya: “Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati. (*)


**) Penulis: Admin Blog Jakarta Kurikulum Pelajarancg.


Sumber: Berbagai Sumber

Post a Comment for "DOA DI BULAN RAJAB, LENGKAP TULISAN ARAB, LATIN & ARTINYA AGAR DIBERI KEBERKAHAN"