PENYIMPULAN MAKSUD SUATU IKLAN DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS IKLAN

Penyimpulan Maksud Suatu Iklan
A. Penyimpulan Maksud Suatu Iklan (foto: pelajarancg foto)



Pola penyajian dan isi iklan sangatlah beragam. Berdasarkan isinya, seperti yang telah kamu pelajari pada bahasan terdahulu, ada iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran. Klasifikasi periklanan lainnya sebagai berikut.
  1. Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan.
  2. Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respons dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respons pada hari yang sama.


Pelajari juga MENENTUKAN UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

Iklan dapat sahabat Pelajarancg, baca dan lihat di semua tempat. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja kamu pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya sahabat Pelajarancg, selalu bertemu iklan.


Iklan telah mengepung sahabat dari berbagai penjuru dan sepanjang waktu. Iklan memungkinkan untuk mampu menembus hampir semua celah kehidupan setiap orang.


Iklan tidak hanya bertujuan untuk menawarkan produk. Iklan juga turut berpengaruh dalam membentuk gaya hidup, kebiasaan, selera, dan jati diri seseorang dan masyarakat, dilansir pelajarancg.blogspot.com dari Buku Siswa teks mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Cetakan Ke-2 Edisi Revisi oleh Kosasih, Berikut tujuan atau fungsi iklan lainnya.
  1. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.
  2. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses.



Perhatikanlah teks berikut ini ya sahabat Pelajarancg!

PEYIMPULAN MAKSUD SUATU IKLAN DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS IKLAN
foto: pelajarancg foto



Teks di atas sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah iklan atau poster. Hal ini tampak dari fungsinya untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. Dari bahasanya pun terlihat, yakni kata-katanya sederhana, mudah diingat, dan cenderung persuasif. Hanya saja teks tersebut tidak seperti halnya iklan pada umumnya yang bersifat komersial dan mendorong khalayak untuk membeli suatu produk.

Pelajari juga Pengertian Teks Pidato Persuasif Dan Contohnya


Teks tersebut termasuk ke dalam kategori iklan atau poster informasional.


Teks tersebut bertujuan memberi tahu khayalak bahwa bermain di luar lebih baik, asyik, dan menyehatkan. Respons yang diharapkan berupa tindakan para remaja untuk memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai arena bermain dari pada menghabiskan waktu dengan menonton televisi, membaca komik, atau bermain video game.


Menceritakan Kembali Teks Iklan
B. Menceritakan Kembali Teks Iklan (foto: pelajarancg foto)



Dibandingkan dengan teks lain, iklan merupakan teks yang ringkas. Hal itu terkait dengan ruang yang diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin luas ruang yang diperlukan untuk penayangannya, semakin besar biayanya. Oleh karena itu, kata-kata dalam iklan harus diperhitungkan keefektifannya. Hindarilah kata-kata ataupun ilustrasi yang tidak perlu sebab akan menghabiskan biaya lebih besar. Materi iklan yang berlebihan justru akan mengganggu keefektifan pesan itu sendiri. Khalayak cenderung tidak menyukai sajian seperti itu karena terkesan menggurui.

Pelajari juga DOWNLOAD BUKU TEKS PELAJARAN PAI DAN BAHASA ARAB AKIDAH AKHLAK MI KELAS 1

Penulis : Admin Blog Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com

Sumber : Kosasih. E. 2017. Buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII Cetakan Ke-2 Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Post a Comment for "PENYIMPULAN MAKSUD SUATU IKLAN DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS IKLAN"