Iklan merupakan salah bagian dari industri perdagangan. Dalam hal ini perusahaan-perusahaan ataupun perorangan menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya melalui iklan. Secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Dengan iklan tersebut kamu sebagai anggota masyarakat terbujuk untuk membeli barang atau jasa yang diberitahukan itu.
Setelah mempelajari materi ini, akan dijelaskan pelajarancg.blogspot.com mengenai bagaimana menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber.
Kamu sudah memaklumi bahwa teks di atas disebut iklan. Teks tersebut bermaksud mengajak para pelajar dan masyarakat pada umumnya untuk lebih gemar membaca guna meraih prestasi. Dengan iklan tersebut, diharapkan khalayak dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana pengembangan kecerdasan dan pemberdayaan bangsa.
Dengan karakteristik seperti ini, akan dijelaskan pelajarancg.blogspot.com iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara. Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan di bawah ini.
Pelajari juga MEMPELAJARI CIRI TEKS DESKRIPSI DARI SEGI PENGGUNAAN BAHASA
Daftar tentang fungsi iklan semakin hari semakin banyak, bertambah hari bertambah luas jaringannya. Hal itu seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan keperluan hidup warga masyarakat itu sendiri. Namun, dari sekian fungsinya itu, iklan memiliki kesamaan umum, yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi.
Keberagaman itu muncul pula pada bentuk dan teknik penyajiannya. Oleh karena itu, terdapat istilah slogan dan poster.
Pelajari juga PERBEDAAN REKLAME KOMERSIAL DAN NON-KOMERSIAL
Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah tabel berikut ya sahabat pelajarancg.blogspot.com!
Penulis : Admin Blog Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com
Sumber: berbagai sumber
Setelah mempelajari materi ini, akan dijelaskan pelajarancg.blogspot.com mengenai bagaimana menjelaskan pengertian, fungsi, serta mengidentifikasi unsur-unsur teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber.
1. Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster
Perhatikanlah teks berikut!Ilustrasi Iklan (foto: pelajarancg foto) |
Kamu sudah memaklumi bahwa teks di atas disebut iklan. Teks tersebut bermaksud mengajak para pelajar dan masyarakat pada umumnya untuk lebih gemar membaca guna meraih prestasi. Dengan iklan tersebut, diharapkan khalayak dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai wahana pengembangan kecerdasan dan pemberdayaan bangsa.
Dengan karakteristik seperti ini, akan dijelaskan pelajarancg.blogspot.com iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa. Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Unsur yang ditampilkan adalah gambar, gerak, kata-kata atau suara. Iklan tidak hanya merupakan bagian dari industri berskala besar. Dewasa ini, iklan merupakan sarana yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan di bawah ini.
- Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa.
- Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
- Bagi Pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
- Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.
Pelajari juga MEMPELAJARI CIRI TEKS DESKRIPSI DARI SEGI PENGGUNAAN BAHASA
Daftar tentang fungsi iklan semakin hari semakin banyak, bertambah hari bertambah luas jaringannya. Hal itu seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan keperluan hidup warga masyarakat itu sendiri. Namun, dari sekian fungsinya itu, iklan memiliki kesamaan umum, yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi.
Keberagaman itu muncul pula pada bentuk dan teknik penyajiannya. Oleh karena itu, terdapat istilah slogan dan poster.
- Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.
Contoh:
- Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. (Slogan tentang perlunya mengutamakan kesetaraan antarsesama.)
- Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. (Slogan tentang perlunya persatuan dan kesatuan.)
- Tiada hari tanpa prestasi. (Slogan tentang pentingnya mengukir prestasi setiap hari.)
- Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak. Poster mengandalkan perpaduan gambar dan kata-kata. Poster lazimnya dipasang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan ataupun slogan dalam hal bahasanya. Poster menggunakan kata-kata singkat, jelas, menarik, dan lengkap.
Contoh:
Ilustrasi Poster (foto: pelajarancg foto)
Tampak pada contoh itu bahwa dalam hal bentuk, poster tidak jauh berbeda dengan iklan. Isinya mengandung pesan kepada khalayak. Namun, poster lebih tertuju pada tempat pemasangannya di ruang-ruang terbuka. Misalnya, dinding-dinding aula, tembok-tembok pasar, dan tempat-tempat umum lainnya.
2. UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
Berdasarkan contoh-contoh sebelumnya tampak perbedaan antara iklan, slogan, dan poster. Tujuan ketiganya sama untuk membujuk khalayak berbuat sesuatu. Berikut perbedaan antara iklan, slogan, dan poster.- Iklan merupakan teks persuatif yang memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, dan suara.
- Slogan merupakan teks persuatif yang mengutamakan unsur kata-kata.
- Poster merupakan teks persuatif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.
Pelajari juga PERBEDAAN REKLAME KOMERSIAL DAN NON-KOMERSIAL
Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah tabel berikut ya sahabat pelajarancg.blogspot.com!
Bentuk Teks |
Unsur-unsur |
|||
Gambar |
Kata-kata |
Gerak |
Suara |
|
a.
Iklan |
|
|
|
|
b.
Slogan |
|
|
|
|
c.
Poster |
|
|
|
|
Penulis : Admin Blog Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com
Sumber: berbagai sumber
Post a Comment for "MENENTUKAN UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER"