PERINGATAN HARI TRITURA 10 JANUARI

Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 10 Januari diperingati sebagai Hari Tritura?

Bagaimana sejarah Hari Tritura?


Peristiwa demonstrasi besar pada tahun 1966 menjadi sumber munculnya Tritura yang digaungkan mahasiswa dan masyarakat.


Tri Tuntutan Rakyat ini diajukan pada pemerintah terkait tragedi berdarah yang terjadi pada akhir September 1965.


Berikut secara singkat sejarah Hari Tritura yang hingga saat ini masih diperingati juga dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sahabat kurikulum Pelajarancg.blogspot.com:


Tritura, Tuntutan Masyarakat Merespons Kondisi Saat Itu

Demonstrasi mahasiswa dan masyarakat muncul dan ditujukan untuk pemerintahan presiden Soekarno pada masa itu. Hal ini dikarenakan penilaian masyarakat atas penanganan tragedi Gerakan 30 September 1965 oleh pemerintah yang lambat dan tak fokus.


Orde Lama yang memiliki banyak pejabat dari Partai Komunis Indonesia, yang dinilai jadi dalang dari peristiwa tersebut, dituntut untuk memenuhi apa yang disampaikan rakyat melalui Tritura tersebut. Demonstrasi besar diadakan dari tanggal 10 hingga 13 Januari 1966 untuk menyampaikan tuntutan ini.


Adapun isi tuntutan dalam Tritura ini adalah:
  1. Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI);
  2. Pembersihan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur yang terlibat G30S (reshuffle Kabinet Dwikora);
  3. Penurunan harga (perbaikan ekonomi rakyat).



Dalam peristiwa demonstrasi besar pada tahun 1966 menjadi sumber munculnya Tritura yang digaungkan mahasiswa dan masyarakat dengan semangat 3 tuntutan rakyat ini adalah sebuah gerakan pemuda menyadarkan bangsa untuk menjaga ideologi Pancasila dan UUD 1945, dalam konteks yang benar dan pemuda harus menjadi pelopor dalam menegakkan dan mempertahankan nilai-nilai sejati kebangsaan.


Pelajari juga: PELAJARAN SEJARAH: ISI DAN LATAR BELAKANG TRITURA

Memahami nilai-nilai kebangsaan merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan persatuan Indonesia. Nilai-nilai ini tercermin dalam sikap dan prilaku bangsa Indonesia. Berkaitan dengan hal itu, Kurikulum Pelajarancg mengucapkan Selamat tanggal 10 Januari 2023 yang diperingati sebagai Hari Tritura atau Tuntutan Masyarakat.

Post a Comment for "PERINGATAN HARI TRITURA 10 JANUARI"