SEMBOYAN TUT WURI HANDAYANI, PENTING UNTUK DIKETAHUI

SEMBOYAN TUT WURI HANDAYANI
Gambar semboyan tut wuri handayani dalam kurikulum merdeka belajar. (Pelajarancg/gambar)

Bagi para pelajar di Indonesia tentu sudah tau kan dengan semboyan Tut Wuri Handayani?


Ya, tepat... itu adalah penggalan kalimat terakhir yang dikemukakan oleh bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dwantara mengenai nilai-nilai pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Namun, kira-kira apakah semua pelajar sudah tahu maksud dan artinya?


Kita pelajari Ya materi ini agar semakin mengerti sejarahnya dan bisa menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam semboyan tersebut ...


Adapun semboyan lengkapnya adalah Ing Ngarso Sun Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Sejak 6 September 1977 pemerintah Indonesia menetapkan Tut Wuri Handayani sebagai semboyan yang menjadi dasar pelaksanaan pendidikan di Indonesia melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0398/M/1977.


Makna atau arti dari semboyan Tut Wuri Handayani adalah sebagai seorang pendidik, guru harus dapat memberikan teladan, dorongan, dan arahan. Adapun kedua penggalan lainnya Ing Madya Mangun Karsa memiliki makna di tengah membimbing, memotivasi, memberikan semangat, dan menciptakan kondisi pembelajaran yang mendukung dan kondusif. Sedangkan untuk Ing Ngarsa Sung Tulada yaitu di depan, seorang pendidik atau guru mampu memberikan contoh tindakan yang baik dan bermoral.


Agar semakin memahami arti Tut Wuri Handayani, berikut beberapa contoh pelaksanaanya dalam kehidupan sehari-hari.


Ing Ngarso Sung Tulodo, yang berarti di depan memberikan contoh atau teladan. Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari ialah saat guru mengajar menggunakan metode ceramah atau memberikan nasihat, ia harus benar-benar siap dan tahu bahwa apa yang diajarkannya tersebut adalah baik dan benar.


Ing Madyo Mangun Karso, yang berarti di tengah membimbing, memotivasi, dan memberikan semangat. Hal ini ini dapat tercermin saat kegiatan belajar mengajar guru menggunakan metode diskusi. Sebagai pendidik, guru diharapkan dapat memberikan masukan atau arahan yang relevan dan berguna bagi anak didiknya.


Tut Wuri Handayani, yang berarti di belakang memberikan dorongan. Contoh pelaksanaan ini dapat terlihat saat guru mengamati, mengikuti, dan mengarahkan anak didik dari belakang dalam mengimplementasikan apa yang dipelajarinya.


Saat guru mengimplementasikan semboyan pendidikan ini, di depan memberikan contoh atau teladan, di tengah membangun semangat, di belakang memberikan dorongan, maka anak didik diharapkan dapat berusaha secara mandiri dan bersaing dengan sehat.


Demikian ulasan mengenai semboyan Tut Wuri Handayani yang sangat penting untuk diketahui. Semoga para pelajar di Indonesia semakin mengerti arti dan dapat mengimplementasikan nilai-nilainya kelak untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Tetap semangat dan belajar. (*)

**) Dapatkan update infografis pilihan dan materi kurikulum terbaru setiap hari dari Pelajarancg.blogspot.com. Mari ikuti di Laman Instagram "Pelajarancg.blogspot.com kurikulum Pelajarancg", caranya klik link https://www.instagram.com/pelajarancg/, kemudian ikuti. Anda harus install aplikasi instagram terlebih dulu di ponsel supaya mendapatkan update tentang bahan pembelajaran dari Mapel lainnya.

Post a Comment for "SEMBOYAN TUT WURI HANDAYANI, PENTING UNTUK DIKETAHUI"