PENGERTIAN PROSEM DAN PROTA

PENGERTIAN PROSEM DAN PROTA
Foto: guru sedang mengajar (pelajarancg/stokphoto)


Kita sebagai calon guru semestinya mengetahui tentang perencanaan. Perencanaan yang matang tentu akan memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif di kurikulum sekolah, hal ini termasuk diantaranya adalah program semester (Prosem) dan program tahunan (Prota). Program-program ini mesti disiapkan dalam suatu lembaga pendidikan untuk memetakan alokasi waktu setiap kompetensi yang akan dibelajarkan selama satu tahun dan satu semester agar waktu dapat dipergunakan secara efektif dan efisien.

Pelajari juga: PENGERTIAN KURIKULUM MENURUT PARA AHLI

Dengan adanya kebutuhan program ini maka admin kurikulum pelajarancg.blogspot.com akan merangkum beberapa bahasan mengenai apa itu Prosem dan Prota.


PENGERTIAN PROGRAM SEMESTER (PROSEM) DAN PROGRAM TAHUNAN (PROTA)

1. Program Semester

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester juga ujian semester.

Pelajari juga: PERMENDIKBUDRISTEK NOMOR 16 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PROSES

Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.


Program semester atau disingkat Prosem adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.


2. Program Tahunan

Program tahunan atau disingkat prota adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Pelajari juga: PERMENDIKBUDRISTEK NOMOR 7 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR ISI (SI)

Prota merupakan program umum setiap mata pelajarancg untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajarancg.blogspot.com) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.


Prota merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.


Prota merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai pedoman bagi pengembangan program-program selanjutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan.


Program tahunan (Prota) memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester. Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, rang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 : 95).


3. Pengertian Menurut Para Ahli

Menurut Mulyasa (2003:183), Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Arti program tahunan adalah rencana umum pembelajaran mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajara efektif dalam satu tahun.

Pelajari juga: PERMENDIKBUDRISTEK NO. 5, 7, 16, DAN 21 TAHUN 2022 DAN SK BSKAP KEMENDIKBUDRISTEK NO.33 TAHUN 2022

Senada dengan pendapat Mulyasa, Menurut Muslich (2007:44) pengertian Program tahunan (Prota) adalah rencana umum pembelajaran mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajara efektif dalam satu tahun.


Sementara pengertian prota menurut pendapat Mulyana (2004:95), Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, rang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.


Berdasarkan definisi dan Pengertian-Pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa bagi setiap guru mata pelajarancg sangat disarankan memahami bagaimana langkah pembuatan perencanaan matang sebelum mengajar, gunanya untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran yang efektif di kurikulum sekolah, hal ini termasuk diantaranya adalah Prosem dan Prota.

Pelajari juga: PERMENDIKBUD RISTEK NO 56 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR PENDIDIKAN GURU

Semoga dengan adanya pembahasan program ini maka admin kurikulum pelajarancg.blogspot.com berharap Kita sebagai calon guru semestinya mengetahui tentang Prosem Prota dan perencanaan lainnya. Bukan hanya mengetahui, mengerti arti namun juga mengaplikasikannya secara efektif efisien. (*)

**) Dapatkan update infografis pilihan dan materi kurikulum terbaru setiap hari dari Pelajarancg.blogspot.com. Mari ikuti di Laman Instagram "Pelajarancg.blogspot.com kurikulum Pelajarancg", caranya klik link https://www.instagram.com/pelajarancg/, kemudian ikuti. Anda harus install aplikasi instagram terlebih dulu di ponsel supaya mendapatkan update tentang bahan pembelajaran dari Mapel lainnya.

Post a Comment for "PENGERTIAN PROSEM DAN PROTA"