Iklan merupakan media untuk menyampaikan pesan. Pesan yang disampaikan berupa informasi tentang sebuah produk atau tindakan. Iklan dibuat agar masyarakat mengenal produk atau tindakan tersebut. Dengan melihat iklan itu, orang-orang diharapkan mempunyai keinginan untuk mendapatkan barang yang diiklankan atau melakukan tindakan yang disarankan. Agar sebuah iklan menarik perhatian, biasanya pembuat iklan menyajikan pesan iklannya secara kreatif.
Pesan-pesan dalam sebuah iklan sangat beragam. Ada yang berisi ajakan untuk membeli sebuah produk atau jasa, ada juga yang berisi ajakan untuk bertindak. Ada juga jenis iklan yang disebut iklan pemberitahuan. Isinya bermacam-macam, misalnya informasi kehilangan barang, berita kelahiran, atau pindah alamat. Tempat pemasangan iklan pun sangat variatif. Kalian dapat menemukan iklan-iklan itu terpasang di media cetak, seperti koran dan majalah; media elektronik seperti televisi dan radio; dan media internet seperti web berita. Ada juga iklan yang dipasang di ruang publik, seperti pasar dan stasiun. Seiring perkembangan teknologi informasi, kini kalian juga dapat menemukan iklan di aplikasi ponsel yang diunduh.
Berikut ini adalah contoh iklan yang dimuat di sebuah koran. Perhatikanlah bagian-bagian yang ada di dalam iklan ini!
Sabahat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dapat melihat bahwa iklan tersebut mengandung gambar dan tulisan. Dua hal itu disebut unsur iklan. Iklan-iklan di media cetak hanya mengandung tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya. Sementara itu, iklan-iklan yang menggunakan media elektronik, seperti televisi, blogger, dan web, memiliki dua unsur tambahan, yaitu suara dan gerak.
Pelajari juga : PENYIMPULAN MAKSUD SUATU IKLAN DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS IKLAN
Tabel 2.1 Beberapa Kata Serapan dan Artinya
Pelajari juga : MENENTUKAN UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
Dapatkan informasi materi Bahasa Indonesia dari Kurikulum Pelajarancg Terbaru dengan ikuti akun Instagram: https://www.instagram.com/pelajarancg/
Penulis : Admin blog pelajarancg.
Sumber : Buku Paket Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VIII Bab II Materi "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster" Oleh Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia, usat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Pesan-pesan dalam sebuah iklan sangat beragam. Ada yang berisi ajakan untuk membeli sebuah produk atau jasa, ada juga yang berisi ajakan untuk bertindak. Ada juga jenis iklan yang disebut iklan pemberitahuan. Isinya bermacam-macam, misalnya informasi kehilangan barang, berita kelahiran, atau pindah alamat. Tempat pemasangan iklan pun sangat variatif. Kalian dapat menemukan iklan-iklan itu terpasang di media cetak, seperti koran dan majalah; media elektronik seperti televisi dan radio; dan media internet seperti web berita. Ada juga iklan yang dipasang di ruang publik, seperti pasar dan stasiun. Seiring perkembangan teknologi informasi, kini kalian juga dapat menemukan iklan di aplikasi ponsel yang diunduh.
Berikut ini adalah contoh iklan yang dimuat di sebuah koran. Perhatikanlah bagian-bagian yang ada di dalam iklan ini!
Gambar 2.1 Contoh Iklan |
Sabahat Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com dapat melihat bahwa iklan tersebut mengandung gambar dan tulisan. Dua hal itu disebut unsur iklan. Iklan-iklan di media cetak hanya mengandung tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya. Sementara itu, iklan-iklan yang menggunakan media elektronik, seperti televisi, blogger, dan web, memiliki dua unsur tambahan, yaitu suara dan gerak.
Pelajari juga : PENYIMPULAN MAKSUD SUATU IKLAN DAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS IKLAN
Tabel 2.1 Beberapa Kata Serapan dan Artinya
Kata | Asal Bahasa | Arti |
web | Inggris | sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet |
internet | Inggris | jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit |
variatif | Inggris | punya sifat yang bervariasi atau beragam |
kreatif | Inggris | memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan |
elektronik | Inggris | alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika |
Pelajari juga : MENENTUKAN UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER
Dapatkan informasi materi Bahasa Indonesia dari Kurikulum Pelajarancg Terbaru dengan ikuti akun Instagram: https://www.instagram.com/pelajarancg/
Penulis : Admin blog pelajarancg.
Sumber : Buku Paket Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VIII Bab II Materi "Membuat Iklan, Slogan, dan Poster" Oleh Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia, usat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Post a Comment for "MENGENAL IKLAN"