SEJARAH HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini diperingati pada tanggal pada hari Kamis, 21 Februari 2023.
HSPN



Pelajarancg.blogspot.com - Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini diperingati pada tanggal pada hari Kamis, 21 Februari 2023. Sejarah asal mula HPSN yang diperingati 21 Februari adalah bermula dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup yang mencanangkan untuk pertama kalinya, untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Karena pada tanggal 21 Februari 2005 terjadi peristiwa Leuwigajah, di mana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari 100 jiwa.


Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah. Tragedi Leuwigajah memicu lahirnya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.


Sampah menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat global. National Geographic melaporkan masing-masing kota di dunia setidaknya menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton setiap tahun. Diperkirakan oleh Bank Dunia, pada tahun 2025, jumlah ini bertambah hingga 2,2 miliar ton. Berdasarkan laporan sebuah penelitian yang diterbitkan di Sciencemag pada Februari 2015 menyebutkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua di dunia penyumbang sampah plastik ke laut setelah Tiongkok, disusul Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa fakta tentang sampah nasional pun sudah cukup meresahkan, jadi sangat perlu adanya aksi melakukan langkah-langkah pencegahan

Pelajari juga : MENJELASKAN 5 CARA MENCEGAH KERUSAKAN ALAM

Penulis : Admin Blog Kurikulum Pelajarancg.

Sumber : https://dlh.kendalkab.go.id/berita/sejarah-hari-peduli-sampah-nasional

Post a Comment for "SEJARAH HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL"