BACAAN DOA MALAM IDUL FITRI DAN ARTINYA, SAMBUT HARI RAYA

Malam Idul Fitri adalah waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Berikut doa malam Idul Fitri beserta artinya yang bisa diamalkan.
Malam Idul Fitri adalah waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Berikut doa malam Idul Fitri beserta artinya yang bisa diamalkan. (Ilustrasi: Pelajarancg/Blog)



Jakarta, Kurikulum Pelajarancg -- Umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa di malam Idul Fitri. Pasalnya, malam Idul Fitri adalah malam yang istimewa dan waktu mustajab untuk bermunajat kepada Allah SWT.


Berikut doa menyambut Idul Fitri dan doa malam Idul Fitri beserta artinya yang bisa diamalkan untuk menyongsong hari kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh.


Dalam Kitab al-Umm Imam Syafi'i, malam Idul Fitri merupakan satu dari lima malam mustajab atau mudah dikabulkannya doa oleh Allah SWT.


أن الدعاء يستجاب فى خمس ليال أول ليلة من رجب وليلة نصف شعبان وليلتى العيد وليلة الجمعة


"Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam yaitu awal bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Idul Fitri, malam Idul Adha dan malam Jum'at," kata Imam Syafi'i.

Muslims prayer in mosque
Doa malam Idul Fitri dipanjatkan pada malam hari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Doa apa saja boleh disampaikan kepada Allah SWT. (Ilustrasi: Photo Pixeles/Monstera)


Doa apa saja boleh dipanjatkan di malam Idul Fitri. Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang bertakwa.


Sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 186, terdapat tiga hal yang membuat sebuah doa lebih mudah dikabulkan yakni memohon hanya kepada Allah SWT, memenuhi segalah perintah-Nya, dan beriman kepada Allah SWT.


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖفَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ


"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran," firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 186.


Terdapat doa yang bisa diamalkan secara khusus di malam Idul Fitri. Doa ini dibaca oleh Ali bin Abi Thalib pada malam Hari Raya, awal Rajab, dan Nisyfu Sya'ban. Doa ini terdapat dalam Kitab Tadzkir al Nas.


Doa Malam Idul Fitri

Warga melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu, 1 Mei 2022. Masyarakat Indonesia termasuk di Jakarta telah bisa melaksanakan salat ied di masjid maupun lapangan dengan menggunakan protokol kesehatan. Pelajarancg/Wiki
Doa malam Idul Fitri boleh diucapkan sendiri-sendiri atau bersama-sama. (Ilustrasi: Pelajarancg/Wiki)


اللهم صَلِّ عَلَي مُحَمَّدٍ وَآلِهِ مَصَابِيْحِ اْلحِكْمَةِ وَمَوَالِي النِّعْمَةِ ومَعَادِنِ اْلعِصْمَةِ وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ وَلَاتَأْخُذْنِيْ عَلَي غِرَّةٍ وَلَا عَلَي غَفْلَةٍ وَلَا تَجْعَلْ عَوَاِقبَ اَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً وَارْضَ عَنِّيْ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ وَاَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ وَاعْطِنِيْ مَالَايَنْفَعُكَ فَإِنَّكَ اْلوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ اْلبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ فَاعْطِنِيْ السَّعَةَ وَالدَّعَةَ وَاْلاَمْنَ وَالصِّحَّةَ وَالشُّكْرَ وَاْلمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَي وَافْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَي اَوْلِيَائِيْ فِيْكَ وَاعْطِنِيْ اْليُسْرَ وَلَاتَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ وَاَعِمَّ بِذَلِكَ اَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَاِخْوَانِيْ فِيْكَ وَمَنْ وَلَدَنِيْ مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ وَاْلمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ


Artinya:


Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, nikmat, sumber-sumber penjagaan. Jagalah aku dari segala keburukan, janganlah engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian.


Janganlah engkau jadikan urusanku suatu kerugian dan penyesalan. Ridhoilah aku. Sesungguhnya ampunan-Mu untuk orang-orang zalim dan aku termasuk dari mereka.


Ya Tuhanku, ampunilah aku, dosa yang tidak merugikan-Mu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepada-Mu. Sesungguhnya rahmat-Mu teramat luas, hikmah-Mu indah. Berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, syukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketakwaan.


Limpahkanlah kesabaran dan kejujuran kepadaku, kepada kekasih-kekasihku karena-Mu. Berilah aku kemudahan dan janganlah jadikan bersamanya kesulitan.


Liputilah dengan karunia-karunia tersebut kepada keluargaku, anakku, saudara-saudaraku karena-Mu dan para orang tua yang melahirkanku dari kaum muslimin, muslimat serta kaum mukminin dan mukminat. Aamiin.


Bacaan Doa menyambut Idul Fitri

Doa menyambut Idul Fitri berisi harapan agar Allah SWT menerima amal ibadah dan menghapus dosa-dosa sehingga kembali menjadi manusia yang fitri di hari kemenangan.


تَقَبَّلَ اللهُ مِنَا وَمِنْكُمْ. جَعَلَنَا الله وَإِ يَّاكَ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ كُلُّ عَامٍّ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ.


Artinya:

Semoga Allah menerima amal kita semua dan semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang kembali suci dan bahagia. Semoga setiap tahun kamu dalam kebaikan


Sobat pelajarancg.blogspot.com, itulah bacaan doa malam Idul Fitri dan doa menyambut Idul Fitri yang bisa diamalkan setelah berpuasa di bulan Ramadan dan menantikan Hari Raya Idul Fitri. Doa ini bisa dikombinasikan dengan doa dan harapan lain yang ingin disampaikan kepada Allah SWT. (Wiki/Sob)

Post a Comment for "BACAAN DOA MALAM IDUL FITRI DAN ARTINYA, SAMBUT HARI RAYA"