TUJUAN PROPOSAL DAN MACAM-MACAMNYA YANG MESTI KAMU KETAHUI

Tujuan Proposal dan Macam-macamnya yang Mesti Kamu Ketahui


Dokumen proposal dapat digunakan sebagai bentuk pengajuan rencana program, kegiatan, maupun usaha kepada pihak lain. Pembuat proposal tentunya harus mengetahui struktur, tujuan dan macam-macam Bentuk yang harus ada di dalam proposal sehingga proposal yang diajukan bisa memiliki tujuan dan fungsi sebagaimana yang diharapkan oleh si pembuat.


Pembuat sebagai pemohon yang mengajukan proposalnya tentu harus membuat proposal sesuai dengan peruntukannya. Oleh karenanya, perlu diketahui juga jenis atau bentuk proposal sehingga tidak salah peruntukan proposal tersebut dibuat. Apakah dibuat untuk permohonan izin, dana, ataupun rencana kerja/bisnis.


Kali ini, untuk melengkapi pembahasan materi Bahasa Sebelumnya, admin blog kurikulum Pelajarancg.blogspot.com akan membahas berbagai hal mengenai proposal, terutama tentang tujuan dan macam-macamnya. Namun, sebelumnya admin ingin bertanya, apakan kamu mengetahui tentang pengertian proposal. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah dalam menyusun maupun memahami proposal. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini dengan seksama.


PENGERTIAN PROPOSAL

Apa yang dimaksud dengan proposal?


Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal umumnya dijadikan pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan. Secara etimologis kata proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu Propose yang artinya pengajuan/ mengajukan atau permohonan. Suatu pihak memberikan proposal untuk menawarkan ide, gagasan, atau rencana kepada pihak lain agar mendapatkan dukungan. Dukungan tersebut dapat berupa ijin, persetujuan, dana, dan lain-lain.


FUNGSI DAN TUJUAN PROPOSAL

1. Fungsi

Proposal dibuat tentunya ada fungsi dan tujuannya, baik bagi pihak pembuat proposal maupun bagi pihak yang menerima proposal. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari dibuatnya sebuah proposal:
  1. sebagai dasar untuk melakukan suatu penelitian umum yang berhubungan dengan budaya, sosial, ekonomi, dan lain-lain.
  2. sebagai suatu gambaran dan proyeksi salam mendirikan usaha atau bisnis.
  3. untuk memberikan suatu informasi yang detail tentang kegiatan dengan mengajuan dana untuk kegiatan.
  4. sebagai dasar melakukan tender baik dari pemerintah maupun swasta. Untuk mengadakan suatu kegiatan, seperti misalnya seminar, diskusi, pelatihan, dan lain sebagainya.



Tujuan

Secara umum tujuan dibuatnya proposal adalah untuk mendapatkan ijin atau persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Selain itu, proposal juga sering dibuat untuk permohonan dana/ sponsorship melalui kerjasama dengan pihak lain. Selain penjelasan mengenai rincian kegiatan yang akan dilaksanakan, umumnya di dalam proposal juga tertera mengenai dana yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Jadi, secara keseluruhan isi dari proposal tersebut harus dapat dimengerti oleh pihak lain yang ingin dimintai ijin/ persetujuan atau dana.

Pelajari juga PELAJARAN BAHASA INDONESIA: CONTOH PROPOSAL KEGIATAN SEKOLAH

MACAM-MACAM PROPOSAL

Proposal terbagi menjadi menjadi dua macam, yakni secara umum dan berdasarkan jenis-jenisnya.


Secara Umum

Adapun macam-macam proposal secara umum terbagi menjadi menjadi 4 jenis proposal yaitu proposal bisnis, proposal kegiatan, proposal penelitian, dan proposal wirausaha.
  1. Proposal Bisnis. Proposal bisnis atau proposal usaha adalah jenis proposal yang berkaitan dengan dunia usaha atau rancangan rencana kerja yang ditujukan baik oleh perseorangan ataupun kelompok kepada investor. Proposal ini menggambarkan singkat profil usaha, kelebihan usaha yang ditawarkan, serta penggambaran keuntungan dan kerugian yang akan diterima. Contoh proposal bisnis, diantaranya proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerja sama antar perusahaan dan lain sebagainya.
  2. Proposal Kegiatan. Proposal kegiatan adalah pengajuan rencana suatu kegiatan baik yang bersifat individu ataupun kelompok. Contoh proposal kegiatan, diantaranya proposal kegiatan pentas seni budaya, proposal kegiatan perpisahan sekolah, proposal kegiatan perkemahan dan lain sebagainya.
  3. Proposal Penelitian. Proposal penelitian adalah suatu acuan, ide, usulan, ide atau gagasan yang ditujukan pada badan, instansi atau yang lainnya untuk mengadakan suatu penelitian terhadap suatu masalah. Proposal ini berisi tentang gambaran singkat penelitian, latar belakang, maksud dan tujuan, alasan mengapa isi atau topik terut diangkat, waktu yang dibutuhkan, lokasi penelitian dan lain sebagainya.
  4. Proposal Wirausaha. Dalam proposal wirausaha perlu diperhatikan pada siapa proposal anak ditujukan, apakah pada Owner (pihak intern yang memiliki jabatan lebih tinggi), Mitra (partner yang akan diajak kerjasama), lembaga perizinan, atau pada pihak sponsor. Umumnya lembaga atau pengusaha sponsor mendanai kegiatan dikarenakan kegiatan tersebut sesuai dengan pedoman dan kriteria sponsor; masalahnya serius; model kegiatannya inovatif dan juga strategis, didukung oleh data dan urgen, berkelanjutan; tidak bertentangan dengan pembangunan, memberikan keuntungan besar bagi perusahaan; kesan pertama proposal; rapi, bersih, mudah dibaca dan dimengerti; penampilan proposal menarik; isinya singkat,padat dan jelas; serta menjanjikan hal positif.



Berdasarkan jenis-jenisnya

Adapun macam-macam proposal secara umum berdasarkan jenis-jenisnya terbagi menjadi 3 jenis proposal yaitu bentuk proposal formal, non formal dan semiformal.
  1. Bentuk Formal. Bentuk proposal formal terdiri dari 3 bagian utama yaitu pendahuluan, isi dan pelengkap penutup. Bagian pendahuluan terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan. Bagian isi proposal terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya. Bagian pelengkap penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya. Proposal Non Formal. Proposal jenis ini tidak selengkap proposal normal dabn biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat.
  2. Bentuk non formal. Bentuk proposal ini harus mengadung hal-hal seperti masalah, saran, pemecahan dan permohonan.
  3. Proposal Semi Formal. Jenis proposal semi formal mirip dengan proposal non formal karena tidak selengkapnya jenis proposal formal (*).



(*) Untuk menambah literasi mengenai materi rantai makanan dan jejaring makanan, sobat pelajarancg dapat kunjungi Laman: pelajarancg.blogspot.com
Twitter: twitter.com/pelajarancg
Instagram: instagram.com/pelajarancg
Facebook: facebook.com/pelajarancg

Post a Comment for "TUJUAN PROPOSAL DAN MACAM-MACAMNYA YANG MESTI KAMU KETAHUI"