PENGERTIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Kegiatan proses belajar mengajar harus menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) agar proses belajar mengajar memenuhi syarat dalam mengajar. Sebagaimana dijelaskan oleh Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana (2012 hlm:120) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Pelajari juga RPP 1 LEMBAR KELAS 5 SD/MI TEMA 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 EDISI REVISI TAHUN AJARAN 2022/2023 LENGKAP

Lingkup pembelajaran yang paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indikator untuk beberapa kali pertemuan atau lebih. Guru merancang RPP untuk semua pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan disatuan pendidikan.


Selain itu sobat kurikulum pelajarancg.blogspot.com, ada juga pendapat RPP menurut E. Kosasih (2014, hlm:144) RPP adalah rencana pembelajaran yang pengembanganya mengacu pada suatu KD tertentu didalam kurikulum/ silabus.


Sebagaimana Permendikbud No.22 (2016) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih.



Selain itu sobat kurikulum pelajarancg.blogspot.com, RPP dikembangkan dalam silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).


Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dan berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang, efisien memotivasi peserta didik serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat yang dimiliki oleh siswa.


RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa RPP adalah suatu rencana kegiatan pembelajaran yang mengacu kepada kurikulum yang sudah dibuat untuk satu pertemuan atau lebih.


PRINSIP-PRINSIP RPP

Selain pengertian diatas sobat kurikulum pelajarancg.blogspot.com, RPP pun mempunyai prinsip-prinsip seperti yang di kemukakan oleh Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana (2012 hlm:122) yaitu:


1) Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.


RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, latar belakang budaya, norma, nilai dan lingkungan peserta didik.


2) Mendorong partisipasi aktif peserta didik.


Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, aktivitas, inisiatif, inspiratif, kemandirian semangat belajar.


3) Mengembangkan membaca dan menulis proses pembelajran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, dan berkreasi dalam beragam bentuk tulisan.


4) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.


RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.


5) Keterkaitan dan keterpaduan.


RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar dalam suatu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar dan keragaman budaya.


6) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.


RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Sebagaimana dalam permendikbud No 22(2016) adalah prinsip penyusunan RPP dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik anatar lain kemampuan awal tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi, belajar kemampuan sosial, gaya belajar, kebtuhan kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai dan lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar motivasi, minat, kreatifitas, inisiatif inovatif, dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca dan menulis, pemahaman keberagaman bacaan dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar dalam satu keutuhan dalam satu pembelajaran.
  7. Penerapan tekhnologi informasi dan komunikasi secara integrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi kondisi.


Pelajari juga LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN RPP UNTUK MADRASAH

Sedangkan menurut Niron (2009, hlm:12) RPP sangat dipengaruhi oleh beberapa prinsip pembelajaran, yaitu:
  1. Perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kondisi peserta didik
  2. Perencanaan pembelajaran harus berdasarkan kuikulum yang berlaku
  3. Perencanaan pembelajaran harus memperhitungkan waktu yang tersedia
  4. Perencanaan pembelajaran harus merupakan urutan kegiatan pembelajaran yang sistematis
  5. Perencanaan pembelajaran bila perlu dilengkapi dengan lembaran kerja/tugas dan atau lembar observasi
  6. Perencanaan pembelajaran harus bersifat fleksibel
  7. Perencanaan pembelajaran harus berdasarkan pada pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan antara tujuan/kompetensi, materi, kegiatan belajar dan evaluasi.



Sedangkan menurut Kosasih (2014, hlm 144-145) prinsip pengembangan penyusunan RPP sebagai berikut:
  1. Disusun berdasarkan kurikulum atau silabus yang telah disusun di tingkat nasuional, oleh karena itu setiap RPP harus memilki kejelasan rujukan KI/KD-nya setiap KD (KI-3/KI-4) dikembangkan ke dalam satu RPP yang di dalamnya mencakup satu ataupun beberapa pertemuan.
  2. Menyesuaikan dalam pengembanganya dalam kondisi di sekolah dan karakteristik para siswanya, oleh karena itu, RPP idealnya berlaku untuk perkelas dengan asumsi bahwa para siswa di setiap kelas memilki karakteristiknya yang berbeda-beda.
  3. Mendorong partisipasi aktif siswa, oleh karena itu di dalam pembelajaranya, siswa selalu berperan sebagai pusat belajar, yakni dengan mengembangkanya motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspiratif, kemandirian, semangat belajar, serta keterampilan dan kebiasaan belajar, dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dalam kurikulum 2013, hal tersebut sudah bisa terakomodasi.
  4. Mengembangkan kegemaran siswa dalam membaca beragam referensi (sumber belajar) sehingga siswa terbiasa dalam berpendapat dengan rujukan yang jelas, hal itu tercermin didalam langkah-langkah pembelajaran di dalam RPP. Adapun peran guru adalah memberikan fasilitas belajar untuk mendorong kearah itu, misalnya dengan selalu menyediakan referensi-referensi yang sesuai dengan KD, guru mendorong siswa untuk selalu menggunakan perpustakaan sekolah, internet dan beragam sumber serta media belajar lainya dalam memperdaya wawasan dan pengetahuan mereka
  5. Memberikan banyak peluang kepada siswa untuk berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan, lisan, dan dalam bentuk karya-karya lainya.
  6. Diharapkan setiap proses pembelajaran, para siswa dapat menghasilkan suatu produk yang bermanfaat, setiap wujud penghargaan atas minat dan kreativitas, mereka berkenaan dengan KD yang sedang dipelajari.
  7. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, antara lain dengan menghadirkan beragam media dan sarana belajar yang menumbuhkan minat atau motivasi belajar siswa, termasuk dengan metode belajar.
  8. Memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara komponen pembelajaran yang satu dengan komponen pembelajaran yang lainya sehingga bisa memberikan keutuhan pengalaman belajar kepada para siswa, keutuhan pengalaman belajar kepada para siswa, keutuhan pengalaman jika memungkinkan juga terjadi korelasi antara mata pelajaran, dengan demikian, penyusunan RPP dalam satu mata pelajaran tertentu harus pula memperhatikan pengalaman belajar siswa yang diperoleh dari pelajaran lainya


Pelajari juga RPP 1 LEMBAR KELAS 5 SD/MI TEMA 7 EDISI REVISI TAHUN AJARAN 2022/2023

Berdasarkan ketiga teori diatas, sobat kurikulum pelajarancg.blogspot.com dapat disimpulkan bahwa bahwa prinsip-prinsip RPP adalah: 1) Perbedaan individu peserta didik. 2) Partisipasi aktif peserta didik. 3) Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP. 4) Keterkaitan dan keterpaduan. dan 5) Penerapan teknologi informasi dan komunikasi.(*)

Post a Comment for "PENGERTIAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"