5 CONTOH RIMA AKHIR PADA PUISI

Pelajarancg: Rima Akhir didefinisikan juga sebagai suara yang sama pada akhir larik puisi. pelajarancg.blogspot.com, Rima Akhir dalam Puisi adalah persamaan kata atau suku kata pada akhir kalimat atau baris.


Untuk memperjelas apa yang dimaksud karya sastra puisi untuk persamaan larik puisi di akhir rima, berikut adalah contoh-contoh dalam rangkuman Mata pelajaran Bahasa Indonesia di artikel kurikulum pelajarancg.blogspot.com

5 CONTOH RIMA AKHIR PADA PUISI
Apa yang dimaksud Puisi lama?

CONTOH RIMA AKHIR DALAM KARYA PUISI DIANTARANYA ADALAH

1. rima silang [a-b-a-b],

Angin pulang menyejuk bumi
Menepuk teluk menghempas emas
ari ke gunung memuncak sunyi
terayun-ayun di atas alas

(Amir Hamzah)


2. rima terus [a-a-a-a],

Di lereng gunung lembah menghijau
Air terjun menghimbau-himbau
Meraih beta pelipur risau
Turut hasrat hendak menjangkau

(Dali S. Sinaga)


3. rima pasang [a-a-b-b],

Indonesia tanah airku
tanah tumpah darahku
di sanalah aku digusur
dari tanah leluhur ……

(Husni Djamaludin)


4. rima patah [a-a-a-b/a-b-a-a/a-a-b-a],

Selalu kau teringat padaku?
Seperti aku tak pernah lupa padamu?
Tak sepatah keluar dari mulutmu?
Tapi setitik air mata tercurah


(Sitor Situmorang)


5. rima peluk [a-b-b-a]

Di lengkung cahaya berhias bintang
Cahaya bulan di ombak menitik
Embun berdikit turun merintik
Engkau menantikan ikan datang …….

(J.E. Tatengkeng)


Hubungan antara Puisi dengan Rima Akhir

Suara yang sama pada akhir larik puisi (Rima Akhir) yaitu persamaan bunyi tiap akhir baris yang mampu melahirkan keserasian. Rima juga bisa diartikan sebagai pengulangan bunyi di akhir dalam puisi yang membentuk musikalisasi atau orkestrasi. Hal-hal tersebut sangat menentukan persamaan suku kata pada akhir puisi.


Pada Puisi sehubungan dengan pengertian, Rima Akhir adalah persamaan kata atau suku kata pada akhir kalimat atau baris. Suara yang sama pada akhir larik puisi (Rima Akhir) merupakan pengulangan bunyi yang berselang, baik dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak. Rima merupakan salah satu unsur penting dalam puisi. Melalui rima inilah, keindahan suatu puisi tercipta. Rima tidak selalu berada di akhir baris dalam satu bait. Rima juga dapat ditemukan dalam satu baris. Larik-larik puisi tidak dibentuk dalam paragraf, namun berbentuk bait. Pada puisi-puisi terkenal seperti karya-karya J.E. Tatengkeng, Sitor Situmorang, Husni Djamaludin, Dali S. Sinaga, dan Amir Hamzah, rima akhir dipandang begitu penting dipelajari sehingga timbul keindahan suara.

Pelajari lebih lanjut materi mengenai rima di pelajarancg.blogspot.com/2021/02/perbedaan-antara-prosa-dan-puisi.html

Tentang kurikulum pelajarancg.blogspot.com:

Blog Informasi Berbagai Kurikulum Mata Pelajaran Seni Sastra & Pendidikan Indonesia berbagai tingkatan dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan Perguruann Tinggi. Istilah kurikulum berasal dari bahasa Latin “curir” yang berarti palri dan “curere” yang berarti tempat berpacu. Sehingga kurikulum dapat diartikan sebagai trek atau lajur yang harus diikuti seseorang untuk mencapai tujuannya. Oleh sebab untuk mendukung Sekolah melancarkan proses pendidikan di Indonesia maka dibuatlah artikel Pantun syair dan puisi yang dirangkum pada Blog Kurikulum pelajarancg.blogspot.com

Post a Comment for "5 CONTOH RIMA AKHIR PADA PUISI"