DEFINISI SOSIOLOGI MENURUT PARA SOSIOLOG

SOSIOLOGI


Sebelum sahabat pelajarancg memahami sejarah kelahiran sosiologi, para sosiolog dan teori mereka, serta pandangan dari dua teori dalam melihat masyarakat, Yuk kita lihat bagaimana para sosiolog mendefinisikan dan menjelaskan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Seperti yang dijelaskan dalam buku Soekanto (2009: 17) dan Damsar (2010: 5), definisi sosiologi adalah sebagai berikut:


Sosiologi menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.


Sosiologi menurut Roucek dan Warren adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok.


Sosiologi menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt adalah ilmu yang mempelajari masyarakat. Bagi Horton dan Hunt (1987), masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam jangka waktu yang cukup lama, mendiami suatu wilayah yang sama, memiliki kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatannya dalam kelompok tersebut.


Setelah membaca pendapat para sosiolog tentang definisi sosiologi, dapatkah sahabat pelajarancg.blogspot.com membuat definisi sendiri tentang apa itu sosiologi???

Pelajari lebih lanjut mengenai sosiologi:
  1. APA ITU MASALAH SOSIAL MENURUT AHLI
  2. APA ITU INTERAKSI SOSIAL MENURUT AHLI
  3. APA PERBEDAAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI ITU?


Penulis : Pengelola blog Kurikulum pelajarancg.blogspot.com.

Sumber : Sari Oktafiana, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X. LIPI Press. Jakarta.

Post a Comment for "DEFINISI SOSIOLOGI MENURUT PARA SOSIOLOG"