APA YANG DIMAKSUD ILMU EKONOMI? INI PENGERTIAN DAN JENISNYA

Gambar Kegiatan Ekonomi
Foto: ilustrasi/pixabay/Apa yang Dimaksud Ilmu Ekonomi? Ini Pengertian dan Jenisnya


Pelajarancg.blogspot.com - Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan manusia, dimana kata kunci dari definisi ini adalah merupakan kebutuhan atau suatu keperluannya. Manusia harus bersifat dan bertindak yang rasional dalam memilih dan memutuskan apa saja yang menciptakan kemakmuran yang berkelanjutan baik saat ini maupun di masa yang akan datang.


Ilmu Ekonomi disebut juga sebagai ilmu pilihan (study choice). Jika kamu perhatikan bagaimana manusia membuat pilihan dengan menggunakan sumber daya terbatas yang kemudian diolah lagi untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa untuk kemudian didistribusikan lagi ke berbagai lapisan masyarakat.


Dari contoh ilmu ekonomi di atas menunjukkan bahwa setiap manusia memiliki cara dan proses penerapan ilmu ekonomi yang berbeda guna melakukan kegiatan produksi dan distribusi kekayaan. Untuk mempelajari lebih dalam simak penjelasan berikut ya!


Pengertian Adaptasi

Apa yang Dimaksud Ilmu Ekonomi? Menurut seorang ahli, Albert L. Meye disebutkan bahwa Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan manusia, dimana kata kunci dari definisi ini adalah merupakan kebutuhan atau suatu keperluan manusia terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang sifat dan jenisnya sangat bermacam-macam dalam jumlah yang tidak terbatas.


J.L. Meij mengemukakan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu tentang usaha manusia kearah kemakmuran, di mana manusia sebagai mahluk ekonomi (Homo Economicus) pada hakekatnya mengarah kepada kemakmuran pencapain kemakmuran.


Sementara Menurut Mubyarto, ilmu ekonomi adalah ilmu sosial atau ilmu kemasyarakatan yang harus diabadikan untuk kepentingan kemajuan kemanusiaan, seperti dikutp dari buku konsep dasar ekonomi Pendekatan Nilai-Nilai Eco-Culture oleh Rahmatullah, dkk.


Ruang lingkup ilmu ekonomi terbagi atas tiga kelompok yaitu sebagai berikut: Ekonomi deskriptif, Teori ekonomi (economic theory), dan Ekonomi terapan (applied economics).


Ekonomi deskriptif merupakan ilmu memberikan keterangan yang melibatkan mengidentifikasian, pendefinisian, kompilasi informasi, pengukuran fenomena, dan pengumpulan data. Economic theory merupakan kerangka konsep yang berasal dari data-data konkret yang disusun, diolah, serta diuji coba sehingga akhirnya membentuk asumsi yang bersifat umum. Applied economics merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi.


Ilmu ekonomi juga didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang semakin kompleks dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Manusia harus bersifat dan berti ndak yang rasional dalam memilih dan memutuskan apa saja yang menciptakan kemakmuran yang berkelanjutan baik saat ini maupun di masa yang akan datang.


Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa ruang lingkum ilmu ekonomi adalah sangat luas dan beragam. Namun, Ilmu ekonomi terbagi atas tiga kelompok yaitu sebagai berikut:
  1. Ekonomi deskriptif

    Memberikan keterangan yang melibatkan mengidentifikasian, pendefinisian, kompilasi informasi, pengukuran fenomena, dan pengumpulan data.
  2. Teori ekonomi(economic theory)

    Teori ekonomi merupakan kerangka konsep yang berasal dari data-data konkret yang disusun, diolah, serta diuji coba sehingga sehingga akhirnya membentuk asumsi yang bersifat umum. Teori ekonomi terbagi atas ekonomi makro dan ekonomi mikro.

    Ekonomi makro ialah bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan.

    Ekonomi makro meneliti fenemone ekonomi yang luas, seperti tingkat penganggur, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan, ekonomi, inflasi, dan tingkat harga.

    Ekonomi mikro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku individudan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengelokasikan sumber daya yang terbatas.
  3. Ekonomi terapan (applied economics)

    Merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi. Ekonomi terapan termasukan arena kebijakan pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah berdasarkan bukti empiris. Ekonomi terapanantara lain menggunakan teori ekonomi, pengukuran, dan metode analisi statistik, serta ekonometrika untuk menginformasikan kebijakan ekonomi.



Jenis-Jenis Ilmu Ekonomi

Dalam buku konsep dasar ekonomi Pendekatan Nilai-Nilai Eco-Culture oleh Rahmatullah, dkk (2018) disebutkan bahwa Ilmu Ekonomi dibagi menjadi delapan jenis, yaitu:


1. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu ekonomi moneter ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas uang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.


2. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas kebijakan pemerintah dalam perekonomian hal-hal yang dibahas pada ilmu ekonomi ini, antara lain adalah APBN-APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.


3. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri ialah cabang ilmu ekonomi yang mengfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam suatu industri.


4. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas kegiatan perekonomian antarbangsa atau antar negara. Kegiatan perekonomian tersebut dapat berupa transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara, dan neraca pembayaran.


5. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas interaksi ekonomi antarwilayah.


6. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)

Ilmu Ekonomi SDA adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Pokok bahasan pada ilmu ekonomi ini di antarnya adalah eksternalitas positif dan negatif.


7. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilmu Ekonomi SDM adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja. Pembahasan pada cabang ini antara lain adalah masalah pengangguran, upah minimum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.


8. Ilmu Ekonomi Syariah

Ilmu Ekonomi Syahriah bertujuan untuk menerapkan ekonomi islam. Pokok pembahasan dalam cabang ilmu ekonomi ini antara lain adalah prinsip bagi hasil, penghapusan riba dalam perekonomian, dan zakat.


Jadi, singkatnya ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang semakin kompleks dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Selain beberapa contoh prinsip ilmu ekonomi di atas, apalagi prinsip ilmu ekonomi adaptasi yang kamu ketahui, sobat Pelajarancg?


----

Ayo kunjungi pelajarancg.blogspot.com dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani kurikulum pelajarancg.blogspot.com, dunia pelajaran anak Indonesia.

Post a Comment for "APA YANG DIMAKSUD ILMU EKONOMI? INI PENGERTIAN DAN JENISNYA"