PENGERTIAN DAN CABANG-CABANG ILMU EKONOMI, IPS KELAS 10 SMA

Ekonomi


Pelajarancg.blogspot.com - Cg, apakah yang kamu ketahui tentang ekonomi?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekonomi adalah ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan).

Pelajari lebih lanjut PENGERTIAN KEGIATAN EKONOMI TUJUAN CONTOH SERTA JENISNYA

Ekonomi merupakan kata lain dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang terdiri dari berbagai topik.


Ekonomi juga bisa ditemukan di mana-mana dan berkaitan dengan segala kegiatan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.


Dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 2-3, dijelaskan tentang beberapa cabang-cabang pada ilmu ekonomi.


Yuk, simak sama-sama apa saja cabangnya dalam uraian di bawah ini, Cg.


Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

1. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu ekonomi moneter ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya.


2. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas kebijakan pemerintah dalam perekonomian hal-hal yang dibahas pada ilmu ekonomi ini, antara lain adalah APBN-APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.


3. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi indistri ialah cabang ilmu ekonomi yang mengfokuskan pembahasan pada interaksi berbagai perusahaan dalam suatu industri.


4. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas kegiatan perekonomian antarbangsa atau antar negara. Kegiatan perekonomian tersebut dapat berupa transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara, dan neraca pembayaran.


5. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional ialah cabang ilmu ekonomi yang membahas interaksi ekonomi antarwilayah.

Pelajari lebih lanjut 25 CONTOH SOAL TENTANG USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI BESERTA JAWABANNYA

6. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)

Ilmu Ekonomi SDA adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal menurut ekonomi. Pokok bahasan pada ilmu ekonomi ini di antaranya adalah eksternalitas positif dan negatif.


7. Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)

Ilmu Ekonomi SDM adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas faktor produksi tenaga kerja. Pembahasan pada cabang ini antara lain adalah masalah pengangguran, upah minumum, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.


8. Ilmu Ekonomi Syahriah

Ilmu Ekonomi Syahriah bertujuan untuk menerapkan ekonomi islam. Pokok pembahasan dalam cabang ilmu ekonomi ini antara lain adalah prinsip bagi hasil, penghapusan riba dalam perekonomian, dan zakat.


Ekonomi tak hanya ada di perbankan, dan lembaga keuangan lainnya, tapi juga ada dalam segala kegiatan manusia.


Kegiatan ekonomi berkaitan erat dengan segala kegiatan manusia setiap harinya dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Para ahli maupun ilmuwan ekonomi merupakan orang-orang yang bekerja untuk melakukan berbagai penelitian dan pengembangan ilmu ekonomi yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.


Beberapa contoh ilmuwan yang berjasa mengembangkan ekonomi dan temuan-temuannya yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sampai hari ini.


Contohnya: Irving Fisher, John Maynard Keynes, Adam Smith, David Ricardo, Beatrice Webb, Karl Marx, Mohammad Hatta, dan masih banyak lagi.


Pertanyaan:

Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi Internasional?

Jawaban, pelajari lagi posts ke 2.

----

Ayo kunjungi pelajarancg.blogspot.com dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani kurikulum pelajarancg.blogspot.com, dunia pelajaran anak Indonesia.

Post a Comment for "PENGERTIAN DAN CABANG-CABANG ILMU EKONOMI, IPS KELAS 10 SMA"