PENJELASAN LENGKAP UKK ?

Penjelasan lengkap UKK ?


PELAJARANCG.blogspot.com — Uji Kompetensi Keahlian atau UKK 2023 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Diharapkan melalui program ini, SMK bisa menghasilkan lulusan yang berkompeten. UKK berperan penting dalam kelulusan peserta didik karena hasil UKK akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan.


Sedangkan Uji Kompetensi adalah proses penilaian baik teknis maupun non teknis melalui pengumpulan bukti yang relevan untuk menentukan apakah seseorang kompeten atau belum kompeten pada suatu unit kompetensi atau kualifikasi tertentu.


Pemerintah telah secara resmi menjadikan UKK adalah mentransformasi pendidikan vokasi di jenjang SMK, salah satunya yakni dengan pelaksanaan UKK. Tujuan dari pelaksanaan UKK ini ialah untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK, mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi, dan mendorong kerja sama SMK dengan dunia kerja. Materi UKK yang digunakan disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi asesi.


Kemudian, UKK adalah revitalisasi pada jenjang SMK bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia agar lebih berkompeten sebagaimana tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dan Perpres Nomor 68 Tahun 2022.


Melansir dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi), dijelaskan Jenis pelaksanaan UKK adalah ujian praktik kejuruan (UPK) dan ujian teori kejuruan (UTK).


Peserta yang berhak mengikuti UKK adalah para siswa duduk di bangku kelas XII. Atau di jenjang akhir masa sekolah.


Pelaksanaan ujian kompetensi di akhir masa sekolah ini telah sesuai dengan Permendikbud No. 34 tahun 2018 terkait standar Nasional Pendidikan SMK/MAK. Karena diadakan di akhir masa sekolah, setiap siswa harus mengikuti 3 kelompok mata pelajaran dulu sebelum mengikuti ujian kompetensi.


Jenis pelaksanaan UKK adalah ujian praktik kejuruan (UPK) dilakukan berkelompok atau individu. Sementara Jenis pelaksanaan UKK adalah ujian teori kejuruan (UTK) dilakukan bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.


Setidaknya ada tiga Kelompok Mata Pelajaran yang wajib dipelajari dalam UKK adalah sebagai bagian untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik SMK.


Apa itu UKK ?

UKK adalah singkatan dari Uji Kompetensi Keahlian. UKK adalah revitalisasi pada jenjang SMK bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia agar lebih berkompeten sebagaimana tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016 dan Perpres Nomor 68 Tahun 2022.


UKK adalah singkatan dariUji Kompetensi Keahlian, yang mentransformasi pendidikan vokasi di jenjang SMK, salah satunya yakni dengan pelaksanaan UKK. Dalam UKK, proses pelaksanaannya terbagi menjadi beberapa jenis.


Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi) menjelaskan, Jenis pelaksanaan UKK adalah ujian praktik kejuruan (UPK) dan ujian teori kejuruan (UTK).


Peserta yang berhak mengikuti UKK adalah para siswa duduk di bangku kelas XII. Atau di jenjang akhir masa sekolah jadi pelaksanaan ujian kompetensi di akhir masa sekolah ini telah sesuai dengan Permendikbud No. 34 tahun 2018 terkait standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.


3 Kelompok Mata Pelajaran di SMK

Karena diadakan di akhir masa sekolah, setiap siswa harus mengikuti 3 kelompok mata pelajaran dulu sebelum mengikuti ujian kompetensi, yaitu: kelompok mata pelajaran adaptif, normatif, dan produktif.


Mata pelajaran adaptif bertujuan untuk membentuk peserta didik dengan dasar pengetahuan yang luas dan kuat. Sehingga, peserta didik mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.


Mata pelajaran normatif bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki norma kehidupan yang baik. Baik norma individu maupun norma sosial. Sedangkan mata pelajaran produktif bertujuan untuk menghasilkan peserta didik dengan keahlian yang sesuai dengan program kejuruan yang dipilihnya.


Pelajari lebih lanjut


Penulis — pengelola blog PELAJARANCG.blogspot.com Tag —
ukk ukk2023 upk

Post a Comment for "PENJELASAN LENGKAP UKK ?"