PENGERTIAN KEGIATAN EKONOMI TUJUAN CONTOH SERTA JENISNYA

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan bertujuan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.


Pada umumnya di kelas sobat pelajarancg.blogspot.com hal ini buat menjawab soal "apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi negara?. Kegiatan di ekonomi secara umum garis besarnya macam-macam jenisnya meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi.


Jenis-Jenis kegiatan ekonomi dan contohnya sebagai berikut:


1. Produksi.

Kegiatan ekonomi produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa. Contoh kegiatan produksi seperti;
  • Membuat kerajinan gerabah
  • Kerajinan mebel kayu
  • Membuat kue
  • Pabrik sepatu
  • Pabrik pakaian
  • Penjahit, dll

Sedangkan untuk pelaku kegiatan produksi disebut produsen.


2. Distribusi.

Kegiatan ekonomi distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Contoh kegiatan distribusi adalah kegiatan perdagangan di pasar, toko, mini market, pelabuhan. Pelaku kegiatan distribusi disebut distributor.


3. Konsumsi.

Kegiatan ekonomi konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi manfaat suatu barang dalam tujuan memenuhi kebutuhan hidupnya. Contoh kegiatan konsumsi adalah seorang anak yang menikmati es cream, penggunaan listrik, pemenuhan kebutuhan makanan, minuman, dan pakaian.


Baca : Pengertian Pekerjaan, Jenis & Contohnya


Kesimpulan:

Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, konsumsi serta konsumsi. Dari kegiatan ekonomi tersebut muncul berbagai macam profesi pekerjaan. Contohnya; Sebuah pabrik pakaian jadi memproduksi pakaian. Orang-orang yang bekerja di pabrik tersebut antara lain; karyawan bagian operator, staff kantor (misalnya; direktur, manajer, supervisor, HRD), bagian administarsi, sopir, dan juga cleaning service.


Pengertian Kegiatan Ekonomi Tujuan Contoh serta Jenisnya
Gambar: contoh pekerjaan dan profesi guru


Contoh yang lainnya adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kegiatan belajar mengajar di sekolah membutuhkan beberapa profesi pekerja Pada umumnya diantaranya kepala sekolah, guru, petugas administrasi, petugas perpustakaan, satpam, tukang kebun, dll ya sobat pelajarancg.blogspot.com.


Demikian artikel mengenai "Pengertian Kegiatan Ekonomi Tujuan Contoh dan Jenisnya" semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PENGERTIAN KEGIATAN EKONOMI TUJUAN CONTOH SERTA JENISNYA"