MENGENAL HUBUNGAN ANTARA RUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN LENGKAP CONTOH

Hubungan antara rumusan masalah dan tujuan penelitian yaitu keduanya merupakan unsur penting dalam sebuah penelitian yang menentukan arah pembahasan penelitian yang akan dilakukan. Agar mengenal lebih jauh mengenai hal ini, yuk pelajari bersama melalui pembahasan di kurikulum pelajarancg.blogspot.com.

MENGENAL HUBUNGAN ANTARA RUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN LENGKAP CONTOH


Rumusan masalah adalah pertanyaan-pertanyaan yang dibuat di awal proses penelitian yang menjadi fokus analisis dalam sebuah penelitian. Rumusan masalah biasanya disusun dengan menggunakan konsep pertanyaan 5W+1H (Who, What, Where, When, Why) dan (How).


Tujuan penelitian adalah tujuan-tujuan yang diharapkan dapat tercapai dari sebuah penelitian dan merupakan jawaban dari rumusan masalah.


Rumusan masalah dan tujuan penelitian harus disusun pada konteks yang sama.


Contohnya:
  • Rumusan masalah: Bagaimana dampak persebaran COVID-19 terhadap kondisi sosial dan ekonomi penduduk di Kota Jakarta?
  • Tujuan penelitian: Untuk mendeskripsikan dampak persebaran COVID-19 terhadap kondisi sosial dan ekonomi penduduk di Kota Jakarta.



Perbedaan yang paling mendasar dari rumusan masalah dan tujuan penelitian yaitu:
  • Rumusan masalah: berbentuk pertanyaan
  • Tujuan penelitian: berbentuk pernyataan



Rumusan masalah dan tujuan penelitian dapat disusun sebanyak mungkin. Tetapi, sebaiknya sebagai peneliti tetap mempertimbangkan kemampuan, ketersediaan biaya, dan waktu yang dimiliki ya sobat pelajarancg.blogspot.com.


Sobat pelajarancg.blogspot.com yuk, pelajari lebih lanjut mengenai materi bahasa Indonesia di: FUNGSI PROPOSAL DAN STRUKTUR ATAU UNSUR-UNSURNYA YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Semoga bermanfaat.***

Post a Comment for "MENGENAL HUBUNGAN ANTARA RUMUSAN MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN LENGKAP CONTOH"