CARA MENGHAFAL AL-QURAN YANG EFEKTIF

Bagaimana Cara menghafal Al-Quran. - Bagi Anda telah dapat membaca Al-Quran dengan Benar, ayo kita coba menghafalnya. Dalam menghafalkan surah-surah Al-Quran, perhatikan tajwid dan makhrajnya. Sehingga terhindar dari kesalahan dalam menghafal. Kesalahan makhraj dan tajwid dapat mengakibatkan kesalahan arti.

Cara Menghafal Al Quran yang Efektif


Menghafalkan Al Quran dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut.

1. Bacalah surah yang ingin dihafal, misalnya surat; Al Maun, Al-Fill, atau lainya beberapa kali sampai pelafalan ayat-ayat itu benar.

2. Hafalkanlah surah-surah tersebut dengan membaca ayat pertama, dua sampai tiga kali hingga hafal karena ini tidak dibutuhkan rumus.

3. Setelah ayat pertama hafal, lakukan untuk ayat-ayat berikutnya.

4. Dalam menghafalkan, sebaiknya tidak dilakukan sendirian. Hal itu dilakukan untuk menghidari kesalahan yang tidak kamu ketahui.

5. Lakukan pengulangan pada ayat-ayat yang sudah dihafal. Dengan demikian hafalan kamu tidak akan hilang atau lupa.

6. Praktikkanlah hafalan kamu setiap shalat.

Tips diatas juga sangat disarankan bagi anak remaja sampai dewasa yang tertarik dalam melakukan metode efektif dan cepat menghafal al-quran sehingga Anda tidak bingung mau mulai dari mana.

Ayo kini saatnya praktik!

Buat pemula, coba praktikkan menghafal dengan cara membaca atau meniru bacaan orang lain, lakukanlah secara berulang-ulang sehingga kamu hafal!

Semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "CARA MENGHAFAL AL-QURAN YANG EFEKTIF"