CARA MENGHARGAI JASA PAHLAWAN KEMERDEKAAN INDONESIA

https://pelajarancg.blogspot.com/
(Harwan)


Pelajarancg.blogspot.com - Menghormati Jasa pahlawan merupakan kewajiban bagi setiap warga. Apalagi Pahlawan dan para pejuang rela mengorbankan jiwa, raga bahkan hartanya hanya demi memerdekakan NKRI. Oleh sebab itu banyak sekali hari penting Nasional memperingati peristiwa bersejarah dalam pengertian hal positif yang dilakukan bangsa Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan. Jasa pahlawan adalah sulit digambarkan dengan kata atau ungkapan karena mereka telah berjasa memperjuangkan kebebasan Republik Indonesia dari penjajahan negara lain, itulah sebabnya menghargai jasa pahlawan menjadi sikap semestinya tumbuh pada diri sendiri.


Sebenarnya banyak sekali contoh sikap dalam mengenang perjuangan pendahulu yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia selain mengucapkan kata hari pahlawan. Tentu pada kehidupan sehari-hari sikap tersebut mesti dipupuk sebagai langkah upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Bahkan tips kreatif namun bermakna sebagai ungkapan terimakasih supaya dapat meneruskan apa saja jasa pahlawan yang dicita-citakan sehingga melahirkan rasa cinta tanah air, berikut cara-cara sederhana nya.


1. Pelajari Sejarah Pahlawan

Memahami dan mempelajari tidak mesti menghafal semua daftar nama pahlawan nasional beserta tanggal lahir dan wafatnya. Tentu banyak sekali nama-nama pahlawan kemerdekaan baik itu yang terdapat pada pelajaran sejarah maupun tidak, jadi memahaminya dengan mencontoh jasa pahlawan dari sejarah bagaimana mereka berani berkorban juga telah memperjuangkan kemerdekaan tanpa mengharapkan imbalan.


2. Hargai Jasa Mereka dengan Memperkokoh Persatuan

Salah satu perjuangan yang terus memiliki tantangan adalah persatuan dan kesatuan bangsa. Tantangan ini terus menjadi petanyaan mampukah NKRI tetap utuh apabila kita sendiri melupakan isi teks Sumpah Pemuda. Hari Sumpah Pemuda menjadi hari momentum ikrar generasi muda dalam komitmen menjaga NKRI namun seiring perkembangan zaman, bangsa Indonesia lebih banyak mengadopsi kebudayaan luar dibandingkan mempertahankan budaya sendiri. Bahkan hanya demi kepentingan golongan atau pribadi, kita rela memecah belah bangsa.


3. Menghargai Jasa Mereka dengan Prestasi

Jasa jasa para pahlawan pada sejarah pahlawan nasional akan sangat sulit disebutkan. Namun melalu jasa tersebut sudah semestinya membangkitkan semangat bangsa dalam meraih prestasi dari profesi masing-masing sehingga bangsa Indonesia dikenal oleh mata dunia. Prestasi ini menjelaskan sikap terbaik dalam menghargai jasa pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.


4. Lestarikan Peninggalannya

Contoh sikap menghormati jasa para pahlawan adalah dengan melestarikan semua peninggalannya sehingga peninggalan tersebut menjadi saksi betapa besarnya perjuangan yang dilakukan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Peninggalan ini juga bermanfaat untuk generasi masa depan supaya mereka tidak melupakan sejarah bangsa ini.


Pelajari:



5. Media sosial

Status Facebook, Twitter, Caption Instagram maupun media sosial lainnya menyediakan cara terbaik untuk menunjukkan dukungan bagi pahlawan serta pejuang kita. Posting kata-kata pesan penghargaan, bagikan kisah juga nama pahlawan nasional dan sejarahnya, atau tambahkan foto para pahlawan untuk mengkampanyekan semangat perjuangan yang telah dicontohkan oleh pejuang kita.


Banyak sekali quotes, kata-kata mutiara, kata-kata bijak, dari contoh kata ucapan hari pahlawan yang dapat dikirim status baik berupa gambar atau caption IG sebagai upaya menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada teman, mantan, rekan kerja, pacar tercinta, maupun sanak saudara.


Tentu masih banyak sekali gagasan unik sebagai langkah-langkah untuk menghormati jasa pahlawan kemerdekaan Indonesia sebagai penghargaan anak bangsa dalam mengenang juga berterimakasih kepada para pejuang. Apakah Anda memiliki ide lain dengan tema Pahlawanku Inspirasiku sahabat pelajar Indonesia pengunjung blog Kurikulum Pelajarancg.blogspot.com.

Post a Comment for "CARA MENGHARGAI JASA PAHLAWAN KEMERDEKAAN INDONESIA"