MAULID NABI SAW: KALENDER, SEJARAH, UCAPAN, FAKTA DAN TRADISI

Pelajarancg: Maulid Nabi. Dalam kalender Hijriyah (Islam), mari mempelajari fakta Singkat tentang Maulid Nabi Muhammad SAW:
  • Nama Sebutan: Bulan Mulud, Maulid, Mawlid, Milad
  • Tahun :
    • 2018 Jatuh pada tanggal: 20 November 2018.
    • 2019 Jatuh pada tanggal: 9 November 2019.
    • 2020 Jatuh pada tanggal: 29 Oktober 2020.
    • 2021 Jatuh pada tanggal: 19 Oktober 2021.


    Selamat membaca blog Kurikulum pelajarancg.blogspot.com

    SEJARAH MAULID NABI SAW

    Maulid Nabi (dalam bahasa Arab: مَوْلِدُ النَبِيِّ), Maulid al-Nabi, Maulid un-Nabi, Mawlid an-Nabi Mubarak, Mevlud/Mevlid Serif, Eid al-Mawlid an-Nabawi, Mawlid En-Nabaoui Echarif, Barawafat, Maulidur Rasul dirayakan di beberapa negara sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad. Nabi Muhammad diyakini oleh umat Islam untuk menjadi utusan terakhir Allah bagi umat manusia. Perayaan ulang tahun Muhammad dimulai pada abad ke-11 Mesir. Muslim Sunni enggan merayakan ulang tahun sama sekali, terutama Muhammad SAW karena mereka percaya bahwa mereka tidak seharusnya mengangkatnya ke posisi seperti dewa. Di sisi lain, beberapa denominasi Muslim seperti Sufi menghormati hari kelahirannya.


    UCAPAN MAULID NABI SAW

    Maulid Nabi SAW: Kalender, Sejarah, Ucapan, Fakta & Tradisi



    Telah menjadi tradisi, menyambut bulan mulud tepat di 12 Rabiul Awal setiap tahun sebagian umat Islam yang merayakan salung memberi ucapan-ucapan bertema Maulid Nabi Muhammad SAW. Banyak sekali ucapan selamat berupa doa bahkan berisi puisi, pantun maupun gambar kata-kata mutiara dari para sahabat Nabi. Kata Ucapan selamat tersebut seperti.


    1. "Selamat Maulid Nabi SAW. Ulang tahun nabi adalah saat untuk mendedikasikan kembali diri kita pada cita-cita yang Beliau jalani dalam hidupnya."


    2. "Selamat Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1443 H 2021."


    3. "Ketika kamu lahir, bumi bersinar, dan cakrawala hampir tidak memuat cahaya Anda,dan kita bisa menembusnya, terima kasih untuk pancaran itu dan cahaya serta jalan bimbingan, Selamat Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1443 H."


    4. "Selamat Maulid Nabi!, mari jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai motivator pembentuk karakter bangsa."


    5. "Nabi SAW telah memberikan pesan agar umatnya tidak tersesat nanti Al-Quran dan Sunnah, termasuk jaman sekarang maka memetik ketauladanan Muhammad SAW menjadikan kita lebih bahagia di kehidupan, Selamat Hari Maulid Nabi Muhammad SAW 2021 12 Rabiul Awal 1443 H."


    Pelajari:


    FAKTA TENTANG MAULID NABI SAW

    Muhammad lahir di Mekah anak dari Ayah bernama Abdullah ibn Al Muttalib, putra dari kepala suku Quraisy, dan Ibu bernama Aminah bint Wahab, seorang anggota suku Banu Zuhrah. Ibunya, Aminah, adalah keturunan Abraham dari putranya Ismail.


    Setelah Muhammad lahir, dia dikirim untuk tinggal dengan orang-orang Badui, orang-orang nomaden Arab yang melakukan perjalanan dari oasis ke oasis dengan unta. Ini dilakukan karena kehidupan gurun dianggap lebih sehat untuk bayi.


    Muhammad lahir pada Tahun Gajah, yang diberi nama setelah tahun dimana raja Aksumite Abraha mencoba untuk menghancurkan Mekah dengan pasukan gajahnya. Tradisi menyatakan bahwa tentara dihancurkan oleh burung-burung yang membawa batu-batu kecil, yang mereka lemparkan ke gajah.


    Ayah Muhammad meninggal beberapa bulan sebelum dia lahir. Ibunya meninggal ketika dia berusia enam tahun. Kakeknya, Abdullah ibn al Mutallib, menjadi wali barunya.


    TRADISI PERINGATAN HARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW

    Peringatan di Indonesia

    Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Menurut penanggalan Jawa, bulan Rabiul Awal disebut bulan Mulud, dan acara Muludan juga dirayakan dengan perayaan dan permainan gamelan Sekaten.


    Peringatan di Luar Negeri

    Sebagian masyarakat Sunni dan Syiah di dunia merayakan Maulid Nabi. Sunni merayakannya pada tanggal 12 Rabiul Awal sedangkan Syiah merayakannya pada tanggal 17 Rabiul Awal, yang juga bertepatan dengan ulang tahun Imam Syiah yang keenam, yaitu Imam Ja'far ash-Shadiq.


    Maulid dirayakan di banyak negara dengan penduduk mayoritas Muslim di dunia, serta di negara-negara lain di mana masyarakat Muslim banyak membentuk komunitas, contohnya antara lain di India, Britania Raya, Rusia dan Kanada.


    Arab Saudi dan Qatar adalah negara dengan penduduk mayoritas Muslim yang tidak menjadikan Maulid sebagai hari libur resmi. Partisipasi dalam ritual perayaan hari besar Islam ini umumnya dipandang sebagai ekspresi dari rasa keimanan dan kebangkitan keberagamaan bagi para penganutnya.


    Referensi:

    Maulid Nabi Muhammadhttps://id.wikipedia.org/wiki/Maulid_Nabi_Muhammad#Perayaan_di_Indonesia

    Post a Comment for "MAULID NABI SAW: KALENDER, SEJARAH, UCAPAN, FAKTA DAN TRADISI"