Selamat Tahun Baru Imlek. pelajarancg.blogspot.com, - Bagi orang Tionghoa, di Tiongkok, dan di komunitas etnis cina di seluruh dunia, tahun baru Imlek adalah hari libur paling penting dan paling meriah sepanjang tahun. Selama berabad-abad tradisi agraris cina, Imlek adalah satu periode di mana para petani dapat beristirahat dari pekerjaan mereka di ladang. Anggota keluarga dari dekat dan jauh akan melakukan perjalanan untuk bersama orang-orang terkasih pada waktunya untuk menyambut tahun yang lama dan menyambut yang baru, dengan perayaan yang meriah. Dengan kalender Imlek yang berasal dari milenium ketiga SM, orang-orang china selama ribuan tahun telah membangun kebiasaan kuno perayaan Tahun Baru. Meskipun mungkin berbeda dari satu daerah ke daerah lain, desa ke desa, dan bahkan keluarga ke keluarga sesuai dengan posisi sosial, banyak dari kebiasaan ini masih dipatuhi. Saat ini, di seluruh Cina, selama apa yang sekarang biasa disebut sebagai Festival Musim Semi (Imlek), kereta penumpang, bus, dan perahu sungai dipadati oleh pelancong liburan; toko-toko melakukan kesibukan bisnis yang menjual hadiah, pakaian baru, dan makanan pesta; dapur sibuk dengan persiapan untuk pesta yang rumit; dan jalan-jalan dipenuhi dengan suara petasan dan ucapan Imlek musiman.
Pelajari: 15 KATA UCAPAN TAHUN BARU CINA YANG MESTI KAMU KETAHUI JELANG IMLEK
Dari kebutuhan inilah kalender lunar Imlek lahir; dan kalender Cina inilah yang menetapkan tanggal tahun baru lunar dan acara lain yang terkait dengan musim liburan.
Dikenal sebagai kalender pertanian dan kalender lama, kalender lunar juga disebut sebagai kalender Xia karena menurut legenda, kalender tersebut berasal dari zaman dinasti Xia (abad ke-21 hingga ke-16 SM). Tidak ada instrumen astronomi yang canggih yang diperlukan untuk mengamati terbit dan tenggelamnya bulan secara teratur, dan satelit bumi sendirilah yang dianggap sebagai instrumen pengamatan langit yang paling awal. Petani bisa mengukur waktu hanya dengan merekam revolusi dan fase bulan. Meskipun berguna untuk menghitung periode waktu, itu tidak banyak membantu dalam memprediksi perubahan musim secara akurat. Orang dahulu tahu bahwa ada sekitar 29½ hari antara bulan baru dan oleh karena itu 12 putaran bulan membutuhkan 354 hari. Meskipun ini relatif dekat dengan waktu yang dibutuhkan bumi untuk satu putaran mengelilingi matahari (365¼ hari) dan dengan demikian untuk musim untuk menyelesaikan satu siklus penuh, itu adalah perbedaan yang cukup besar untuk membuat kalender lunar tidak praktis untuk meramalkan perubahan musim. Tanggal yang sama pada kalender 12 bulan lunar akan jatuh pada waktu musiman yang berbeda setiap tahun Imlek.
Untuk memperhitungkan setengah hari ekstra di setiap revolusi bulan, pembuat kalender menugaskan 29 hari untuk setengah bulan dan 30 untuk yang lain. Untuk mendamaikan perbedaan dalam pengukuran bulan dengan tahun matahari dari empat musim penuh, satu bulan kabisat, atau tambahan ditambahkan setiap dua atau tiga tahun. Hasilnya adalah kalender luni-solar yang, dalam setiap periode 19 tahun, memiliki 12 tahun dengan 12 bulan dan tujuh dengan 13 bulan. Prasasti tulang Oracle dari dinasti Shang (Tahun 1600 sampai Tahun 1050 SM) menawarkan bukti bahwa bulan kabisat telah diadopsi pada waktu itu.
Pada dinasti Qin (Tahun 221 hingga Tahun 206 SM) kalender telah dibagi lagi menjadi 24 periode masing-masing 15 hari. Ini disebut sebagai istilah solar dan mid-solar, dan masing-masing dinamai sesuai dengan perubahan musim yang sesuai (contohnya, "Bangunnya Serangga," "Hujan Gandum", "Panas Hebat", "Turunnya Embun Beku", dll.). Tanggal awal setiap istilah matahari dan pertengahan matahari ditentukan oleh posisi matahari di salah satu dari 12 tanda zodiak, yang dalam Imlek bahasa Mandrin (Sio) diwakili oleh hewan (contohnya, tikus, lembu, harimau, kelinci).
Pada 104 SM Kaisar Wu dari dinasti Han (Tahun 206 SM hingga Tahun 220 M) menyetujui reformasi kalender yang menetapkan awal tahun pada hari bulan baru pertama setelah matahari memasuki tanda ke-11 zodiak matahari, atau yang kedua bulan baru setelah titik balik matahari musim dingin. Imlek ini juga merupakan hari pertama dari istilah matahari yang dikenal sebagai "awal musim semi." Selama berabad-abad, festival yang merayakan hari pertama tahun ini secara populer disebut (bulan) Hari Tahun Baru, atau secara harfiah, "Pagi pertama tahun ini" (Yuan dan), "Awal bulan pertama" (Yuan zheng), atau " Hari pertama” (Yuan ri). Ketika Republik Tiongkok didirikan pada tahun 1912, pemerintah secara resmi mengadopsi kalender Gregorian sebagai "kalender publik", dan pengakuan 1 Januari sebagai hari pertama tahun baru. Sejak saat itu, Hari Tahun Baru Imlek dikenal sebagai “Festival Musim Semi”. Kalender lunar lama terus digunakan secara populer dalam hubungannya dengan kalender Gregorian yang berorientasi matahari sebagai cara untuk menandai perayaan tradisional, yang tanggalnya, seperti Festival Musim Semi, bergantung pada perhitungannya, dan yang terkait erat dengan asal-usul agrarisnya.
Dalam bisnis ini berarti menyeimbangkan pembukuan, melunasi hutang lama, dan menagih pinjaman dan tagihan yang masih jatuh tempo. Bagi mereka yang tidak mampu membayar rekening pada saat ini, musim pra-liburan dapat dihabiskan untuk menghindari kreditur. Di cina kuno, tidak jarang pengejaran debitur berlangsung hingga Malam Imlek di Tahun Baru, ketika pencarian penagih utang mungkin dibantu oleh lentera saat jam tengah malam mendekat. Meskipun dianggap vulgar untuk memburu debitur pada Hari Tahun Baru, konvensi ini dibatasi oleh yang lain yang memungkinkan kreditur untuk berpura-pura masih malam sebelumnya dengan terus membawa lentera yang menyala dalam pengejarannya. Tempat perlindungan teraman bagi seseorang yang tidak mampu membayar utang adalah dengan tetap bersembunyi di rumah, atau mencari suaka di kuil, sering kali di kuil dewa kota, di mana kepatutan tidak mengizinkan transaksi keuangan.
Bagi individu, penutupan tahun yang lama berarti melihat kembali kemalangan masa lalu dan pemeriksaan introspeksi atas kesalahan dan kegagalan seseorang. Di beberapa bagian Cina, orang menggunakan imlek sebagai waktu sebelum tahun baru untuk mencari teman lama atau rekan yang mungkin sudah lama tidak mereka temui, untuk memperbarui persahabatan dan membicarakan masalah apa pun yang mungkin menghalangi jalan. Caranya adalah menjalin hubungan yang baik di masa depan. (Kunjungan ke teman dekat dengan siapa seseorang berhubungan baik biasanya dicadangkan untuk beberapa hari pertama tahun baru.) Pembersihan spiritual dari yang lama — “pembebasan yang baik” dari nasib buruk dan sikap negatif di masa lalu — pergi satu dengan pendekatan cerah dan optimis untuk apa pun yang ada di depan.
Di dalam negeri juga ada pembersihan tradisional. Dalam beberapa dekade terakhir, "pembersihan musim semi" paling menyeluruh tahun Imlek ini dimulai sebagai ritual pembersihan semua roh jahat yang ditakuti bersembunyi di sudut-sudut gelap di balik perabot berat dan jarang dipindahkan. Saat Imlek, satu-satunya pertimbangan bagi sebagian besar orang Cina adalah presentasi rumah yang bersih kepada banyak anggota keluarga dan tamu yang akan disambut selama musim liburan. Jendela-jendela dicuci, atau dicat ulang di masa lalu, dan gerbang halaman atau bagian kayu lain dari rumah mungkin dicat ulang. Kalender agraria lama menyebutkan tanggal 20 bulan lunar ke-12 sebagai “hari menyapu lantai”, dan tanggal ini masih menandai dimulainya proyek pembersihan rumah pra-liburan besar di Hong Kong. Di sebagian besar Cina, para petani menunggu sampai tanggal 23 (di Cina Selatan) atau tanggal 24 (di Utara) untuk mengambil sapu dan pengki. Pada hari inilah Dewa Dapur, atau dewa perapian, dijadwalkan berangkat untuk membuat laporannya tentang kegiatan rumah tangga kepada Kaisar Langit di surga. Agar tidak mengganggu dan mungkin menyinggung perasaannya, ibu rumah tangga menunggu sampai dia dalam perjalanan sebelum mereka mulai memindahkan perabotan dan mengangkat debu.
Mengirim Dewa Dapur ke surga adalah masalah yang patut mendapat perhatian khusus. Di tempat tinggal sepanjang tahun di perapian, di mana ia diwakili oleh gambar yang ditampilkan secara mencolok, atau di bagian Selatan oleh karakter kaligrafi indah untuk namanya, Dewa Dapur mengamati semua kedatangan dan kepergian keluarga. Apakah mereka telah bermurah hati kepada pengemis di depan pintu? Apakah mereka menyia-nyiakan makanan yang diperoleh dengan susah payah, yang dihasilkan oleh beberapa petani dengan susah payah dan keringat? Langkah-langkah diambil untuk memastikan kerja sama dewa dapur dalam memberikan laporan yang cemerlang kepada Kaisar Giok, dan dengan demikian memenangkan sedikit bantuan surgawi untuk keluarga. Ini termasuk persembahan ritual permen atau kue kering dan anggur, dan bahkan mengolesi bibirnya dengan madu untuk memastikan bahwa dia hanya akan mengatakan hal-hal manis tentang keluarga. Setelah ini selesai, gambar Dewa Dapur dibakar, dan dia pergi dalam perjalanan tahunannya, tidak kembali sampai Hari Tahun Baru Imlek. Pembersihan debu, pencucian, dan penggosokan dapat dimulai. Banyak yang percaya bahwa mereka harus menyapu dengan sapuan ke dalam ke tengah ruangan agar tidak membawa keberuntungan keluarga keluar dari pintu.
Belanja, tentu saja adalah aktivitas utama lainnya di musim liburan panjang Imlek. Secara historis, Hari raya Imlek di Tahun Baru praktis adalah satu-satunya hari dalam setahun ketika para petani pekerja keras China membiarkan diri mereka beristirahat. Karena Imlek ini adalah hari libur semua orang, semua pembelian harus dilakukan sebelum toko dan pedagang kaki lima tutup pada malam tahun baru. Pertukaran hadiah Imlek adalah praktik umum di seluruh Tiongkok. Nilai hadiah tergantung, tentu saja, pada kekayaan pembeli dan, tentu saja, di masa lalu, pada status sosial relatif dari pemberi dan penerima. Sangat sering, seperti yang terjadi hari raya ini, barang-barang hadiah relatif mahal atau makanan yang disiapkan secara khusus. Bunga untuk mencerahkan rumah adalah barang yang populer di pasar saat ini sepanjang tahun. Plum lilin, jonquil putih harum atau narcissus dan di Hong Kong, pohon persik kecil, adalah salah satu favorit musiman. Yang disebut cetakan Tahun Baru adalah barang lain yang selama berabad-abad dikaitkan dengan festival Tahun Baru di sebagian besar Cina. Cetakan balok kayu berwarna-warni ini termasuk potret Dewa Dapur, untuk menggantikan yang dibakar secara ritual, dan adegan favorit dari cerita dan legenda lama. Buah matang yang menguntungkan dan bayi yang tersenyum sehat sering ditampilkan, dan patung dewa pintu, yang ditempelkan di gerbang depan untuk menjaga dari roh jahat atau hantu, adalah favorit tradisional lainnya. Juga dijual dalam jumlah besar, bagi mereka yang tidak bisa menulis sendiri, adalah bait dan karakter keberuntungan tunggal yang ditulis tangan di atas kertas merah cerah. Kuplet, masing-masing setengah ditulis pada spanduk kertas vertikal (duilian), akan ditempel di kedua sisi gerbang depan rumah, seringkali dengan spanduk horizontal pelengkap ditempatkan di atas pintu. Puisi klasik dalam komposisi, bait akan mengungkapkan ucapan serat keinginan untuk keberuntungan, umur panjang, banyak teman, dan sejenisnya.
Pelajari: 15 KATA-KATA UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU CHINA DAN HARI LIBUR IMLEK 2022
Secara tradisional, pada malam terakhir tahun ini, kepala rumah tangga laki-laki memimpin keluarga dalam memberikan persembahan kepada berbagai dewa rumah dan leluhur. Upacara akan dimulai dengan menutup celah di sekitar pintu dengan kertas merah untuk mencegah sisa-sisa kesialan tahun lalu mencuri ke dalam rumah, dan keberuntungan keluarga mana pun agar tidak melarikan diri. Penghormatan akan diberikan kepada dewa kekayaan, dewa sumur, tempat tidur, perapian, atau siapa pun yang ingin tetap menjalin hubungan baik dengan keluarga itu. Perhatian kemudian akan beralih ke leluhur, kepada siapa pengorbanan makanan akan diberikan bersama dengan pembakaran dupa. Setiap anggota keluarga akan berlutut dengan hormat di depan loh leluhur, simbol dari banyak generasi sebelumnya, semua arwah yang diyakini beberapa keluarga hadir malam itu. Di rumah tangga yang lebih kaya, seluruh ruangan mungkin dikhususkan untuk digunakan sebagai aula leluhur, lengkap dengan altar, sementara di keluarga yang lebih miskin, tablet leluhur mungkin menempati gudang sederhana di sudut. Sama pentingnya adalah menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua yang masih hidup. Anggota keluarga yang lebih muda akan ketou (sujud) kepada anggota dari setiap generasi di atasnya, secara berurutan, dimulai dari yang tertua. Ketika anak-anak menunjukkan rasa hormat dengan cara ini, mereka dihargai dengan amplop merah (hongbao), yang berisi uang Tahun Baru (yasui qian).
Dengan selesainya ritual "pemujaan" leluhur, keluarga itu duduk untuk menikmati santapan terbesar mereka tahun Imlak ini. Seringkali, sebuah tempat ditetapkan untuk para anggota yang tidak dapat kembali ke rumah. Dalam tradisi yang masih berlangsung sampai sekarang, hidangan yang disajikan pada malam ini dipilih karena pentingnya nama atau penampilannya. Salah satu hidangan yang sangat umum adalah ikan utuh, istilah yang, yu, homofon dengan kata yang berarti kelebihan atau kelimpahan, dan karena itu menguntungkan. Demikian pula, sayuran laut tertentu, facai, adalah homofon dengan frasa yang berarti menjadi kaya. Di daerah sekitar Guangzhou (Kanton), salah satu hidangan yang disukai adalah tiram, karena dalam bahasa Kanton, homonim tiram, houxi, berarti “bisnis yang bagus”; udang, pengucapan Kanton yang ha, terdengar seperti tawa bahagia, dan karena itu sering ditemukan di pesta-pesta tersebut. Kerang terkadang disajikan karena terbuka saat dimasak, menandakan terbukanya cakrawala baru. Demikian juga, menurut tradisi di Shanghai, pangsit kulit telur (danjiao) menyerupai batangan emas dan mie plastik terlihat seperti rantai perak. Kecambah kedelai memiliki penampilan yang mirip dengan benda seni tradisional seperti tongkat kerajaan yang disebut ruyi, yang juga berarti “sepuasnya”. Bagi orang Utara, satu kebiasaan yang masih banyak dilakukan adalah konsumsi jiaozi, atau pangsit berisi daging, pada tengah malam. Sekali lagi kasus homonim, jiaozi juga terdengar seperti istilah yang berarti pertemuan jam terakhir tahun yang lama dengan jam pertama tahun baru. Permen, kacang-kacangan, dan kue-kue yang biasanya tidak mampu dibeli dalam jumlah banyak mungkin sudah tersedia di sepanjang tahun ini.
Beberapa saat sebelum ayam jantan berkokok, kepala keluarga tradisional Cina akan membuka segel pintu depan, di tengah ledakan panjang cambuk petasan, membukanya untuk membiarkan pengaruh kuat dan sehat dari Imlek pada awal tahun baru. Di tahun-tahun sebelumnya, hanya sedikit orang yang pergi tidur pada Malam Tahun Baru. Sebuah keluarga Cina modern mungkin begadang dengan memanfaatkan banyak program liburan Imlek khusus yang disiarkan di radio dan televisi. Nenek moyang mereka mungkin melewati jam-jam pertama fajar tahun baru dengan bermain game, minum anggur, bernyanyi, bercanda, dan bercerita — dengan sengaja menjadikannya malam kegembiraan, yang mereka harapkan akan menjadi pola sepanjang tahun yang akan datang.
Pada Hari Tahun Baru dan untuk beberapa hari setelah Imlek, orang masih mengikuti kebiasaan bertukar kunjungan — dengan kerabat dekat terlebih dahulu, kemudian dengan kerabat dan teman jauh. Secara tradisional, urutan kunjungan ini juga dimulai dengan yang tertua, dan hari pertama biasanya dikhususkan untuk kerabat keluarga pihak ayah. Salah satu takhayul lama adalah bahwa wanita tidak boleh pergi mengunjungi pada hari pertama, karena keberuntungan rumah tangga mungkin akan pergi bersama mereka. Di beberapa daerah, hari kedua adalah hari dimana para istri pulang ke rumah untuk mengunjungi keluarga mereka yang melahirkan, membawa anak-anak untuk melihat kakek-nenek dari pihak ibu mereka. Selama kunjungan Tahun Baru (bainian), anak-anak dan generasi muda yang belum menikah akan kembali menerima hongbao. Beberapa orang Kanton pernah percaya bahwa mengunjungi teman pada hari kedua berisiko karena mereka takut perselisihan sekecil apa pun akan menandakan tahun yang penuh pertengkaran. Hadiah diberikan kepada teman dan kerabat, seperti juga hongbao untuk anak-anak dan pelayan rumah yang dikunjungi.
Saat teman berkunjung, penting untuk menyajikan makanan “keberuntungan”. Salah satu hidangan tersebut adalah sepiring kurma (zao), kacang tanah (huasheng), lengkeng kering (guiyuan). dan biji teratai (lianzi). Dalam praktik linguistik Tiongkok yang umum dalam menggabungkan bagian-bagian komponen kata majemuk untuk membentuk istilah gabungan, hidangan ini disebut sebagai zaoshengguizi, atau lianshengguizi, yang masing-masing terdengar seperti frasa yang berarti "segera mewujudkan kelahiran putra bangsawan," dan "yang kelahiran terus menerus dari putra-putra mulia.” Kacang juga dikaitkan dengan kesuburan dan umur panjang. Makanan "beruntung" lainnya adalah Yuan bao cha, sejenis teh yang dinamai dari batangan perak. Dua manisan populer adalah zaogao, kue kurma yang dibuat dengan kurma bubuk yang ditambahkan ke tepung, dan isian kurma, dan kue beras yang disebut niangao. Kata untuk kue, gao, terdengar seperti istilah yang berarti "ditinggikan" atau "tinggi", dan jika didahului dengan kata tahun (nian), adalah homofon dengan istilah yang berarti maju dengan gaya bergerak ke atas, dari tahun ke tahun. .
Sama seperti penggunaan kata-kata dan tindakan keberuntungan yang dianjurkan saat ini, begitu juga tabu. Penting, conthnya, untuk menghindari angka “empat” (si), karena kedengarannya seperti kata kematian; kata apa pun dan homonimnya yang terkait dengan kematian, penyakit, atau kebangkrutan tidak menguntungkan. Pekerjaan dapur dan menjahit dihindari karena penggunaan pisau, gunting, jarum, dan benda tajam lainnya sangat tidak dianjurkan. Secara tradisional, seseorang tidak mengambil sapu pada Imlek atau Hari Tahun Baru karena takut secara tidak sengaja menyapu keberuntungan keluar dari pintu, dan bahkan melihat seseorang mungkin menandakan tahun yang penuh dengan pekerjaan rumah tangga yang membosankan.
Pelajari: TAHUN BARU IMLEK, PELAJARAN UNTUK MEMBANTU ANAK MENGHARGAI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DAN BAHASA
Pada hari-hari setelah tahun baru, adalah hal biasa untuk berziarah ke kuil, terutama saat ini bagi penduduk Hong Kong. Kelompok teater dan kelompok akrobatik tampil di jalan-jalan di pasar, di halaman kuil, atau di stadion umum yang besar. Tarian naga, tarian singa, pertunjukan jangkungan, dan arak-arakan rakyat masih sangat populer. Di Cina kontemporer, saat Imlek banyak orang tua membawa anak-anak mereka jalan-jalan ke taman, kebun binatang, atau menonton film.
Hari libur besar bagi pelajar, pekerja, dan bisnis, Tahun Baru membawa penangguhan virtual dari aktivitas rutin. Banyak toko, pabrik, dan kantor tetap tutup selama beberapa hari pertama tahun ini. Di daerah Kanton, toko sepatu atau kios reparasi sepatu pernah dianggap sangat tidak menguntungkan untuk dibuka kembali sebelum seluruh tukang batu liburan direkatkan. Kata Kanton untuk sepatu (hai) terdengar seperti ekspresi kesedihan yang umum, dan bagi beberapa orang menandakan pertanda buruk, jadi tidak ada yang mau berhubungan dengan sepatu pada saat yang begitu bahagia. Bahkan pelabuhan Hong Kong tidak seperti biasanya sepi di Tahun yang baru pada hari raya Imlek. Banyak kapal penangkap ikan dan kapal komersial lainnya berlabuh pada Malam Tahun Baru dan duduk diam sampai hari keberuntungan pertama tahun ini untuk berlayar.
Secara tradisional, orang cina menghitung usianya dengan memulai pada hari kelahirannya dengan “satu”. Untuk setiap tahun baru yang dirayakan setelah itu, satu tahun lagi ditambahkan. Individu masih merayakan ulang tahun kelahiran mereka sendiri, tetapi tidak menghitung diri mereka satu tahun lebih tua sampai mereka melewati Tahun Baru lagi. Bagi orang Kanton, hari ketujuh di bulan pertama adalah “Hari Manusia”, hari yang diperingati sebagai hari ulang tahun tambahan bagi setiap orang.
Awalnya, lentera dikatakan telah digunakan pada malam ini untuk membantu melihat para dewa dengan cahaya obor. Setiap keluarga akan membuat lentera kertas yang rumit untuk tujuan ini. Sekarang di banyak bagian China ada penekanan besar pada keahlian yang digunakan setelah hari kelima belas Imlek dalam membuat lentera indah dalam berbagai bentuk dan gaya yang kemudian sering ditampilkan di pameran publik.
Festival Lentera adalah kesempatan lain untuk mengundang tamu dan mengadakan pesta, meskipun dalam skala yang lebih kecil daripada perayaan Malam Tahun Baru Imlek. Anak-anak terlihat berparade di luar membawa lampion kertas warna-warni. Hiburan festival yang umum adalah menebak jawaban atas teka-teki yang ditulis di secarik kertas dan dilekatkan pada lentera. Secara tradisional, drum dibunyikan ketika teka-teki dijawab dengan benar.
Sekarang tahun baru sudah setengah jalan ke bulan pertama, dan hampir semuanya telah kembali ke rutinitas normal. Bisnis telah dibuka kembali, sekolah kembali beroperasi, dan petani telah kembali bekerja. Keberadaan masyarakat sangat tergantung pada pola siklus produksi pertanian, dan selanjutnya, pola siklus musim. Kalender mengatakan sudah waktunya untuk hujan pertama tahun ini, dan ladang harus disiapkan. Siklus baru sedang berjalan dengan baik.
Pelajari: 15 KATA UCAPAN TAHUN BARU CINA YANG MESTI KAMU KETAHUI JELANG IMLEK
Kalender Imlek
Penandaan berlalunya waktu di Cina selama ribuan tahun terkait Imlek erat dengan pola siklus produksi pertanian. Sebagian besar penduduk masyarakat agraris ini selalu tinggal di pedesaan dan menopang dirinya sendiri secara langsung atau tidak langsung dengan mengolah tanah. Kegiatan seseorang diatur di sekitar peristiwa yang diperlukan untuk mempertahankan hidup: membajak ladang, menabur benih, memelihara tanaman, dan mengumpulkan hasil panen. Karena itu, perlu untuk dapat melacak waktu yang optimal untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Jika seorang petani menunggu terlalu lama untuk menanam tanaman, dia mungkin kehilangan hujan musim semi yang menguntungkan; jika dia ragu-ragu untuk memetik sayurannya yang lebih lembut, dia mungkin akan kehilangannya karena embun beku pertama.Dari kebutuhan inilah kalender lunar Imlek lahir; dan kalender Cina inilah yang menetapkan tanggal tahun baru lunar dan acara lain yang terkait dengan musim liburan.
Dikenal sebagai kalender pertanian dan kalender lama, kalender lunar juga disebut sebagai kalender Xia karena menurut legenda, kalender tersebut berasal dari zaman dinasti Xia (abad ke-21 hingga ke-16 SM). Tidak ada instrumen astronomi yang canggih yang diperlukan untuk mengamati terbit dan tenggelamnya bulan secara teratur, dan satelit bumi sendirilah yang dianggap sebagai instrumen pengamatan langit yang paling awal. Petani bisa mengukur waktu hanya dengan merekam revolusi dan fase bulan. Meskipun berguna untuk menghitung periode waktu, itu tidak banyak membantu dalam memprediksi perubahan musim secara akurat. Orang dahulu tahu bahwa ada sekitar 29½ hari antara bulan baru dan oleh karena itu 12 putaran bulan membutuhkan 354 hari. Meskipun ini relatif dekat dengan waktu yang dibutuhkan bumi untuk satu putaran mengelilingi matahari (365¼ hari) dan dengan demikian untuk musim untuk menyelesaikan satu siklus penuh, itu adalah perbedaan yang cukup besar untuk membuat kalender lunar tidak praktis untuk meramalkan perubahan musim. Tanggal yang sama pada kalender 12 bulan lunar akan jatuh pada waktu musiman yang berbeda setiap tahun Imlek.
Untuk memperhitungkan setengah hari ekstra di setiap revolusi bulan, pembuat kalender menugaskan 29 hari untuk setengah bulan dan 30 untuk yang lain. Untuk mendamaikan perbedaan dalam pengukuran bulan dengan tahun matahari dari empat musim penuh, satu bulan kabisat, atau tambahan ditambahkan setiap dua atau tiga tahun. Hasilnya adalah kalender luni-solar yang, dalam setiap periode 19 tahun, memiliki 12 tahun dengan 12 bulan dan tujuh dengan 13 bulan. Prasasti tulang Oracle dari dinasti Shang (Tahun 1600 sampai Tahun 1050 SM) menawarkan bukti bahwa bulan kabisat telah diadopsi pada waktu itu.
Pada dinasti Qin (Tahun 221 hingga Tahun 206 SM) kalender telah dibagi lagi menjadi 24 periode masing-masing 15 hari. Ini disebut sebagai istilah solar dan mid-solar, dan masing-masing dinamai sesuai dengan perubahan musim yang sesuai (contohnya, "Bangunnya Serangga," "Hujan Gandum", "Panas Hebat", "Turunnya Embun Beku", dll.). Tanggal awal setiap istilah matahari dan pertengahan matahari ditentukan oleh posisi matahari di salah satu dari 12 tanda zodiak, yang dalam Imlek bahasa Mandrin (Sio) diwakili oleh hewan (contohnya, tikus, lembu, harimau, kelinci).
Pada 104 SM Kaisar Wu dari dinasti Han (Tahun 206 SM hingga Tahun 220 M) menyetujui reformasi kalender yang menetapkan awal tahun pada hari bulan baru pertama setelah matahari memasuki tanda ke-11 zodiak matahari, atau yang kedua bulan baru setelah titik balik matahari musim dingin. Imlek ini juga merupakan hari pertama dari istilah matahari yang dikenal sebagai "awal musim semi." Selama berabad-abad, festival yang merayakan hari pertama tahun ini secara populer disebut (bulan) Hari Tahun Baru, atau secara harfiah, "Pagi pertama tahun ini" (Yuan dan), "Awal bulan pertama" (Yuan zheng), atau " Hari pertama” (Yuan ri). Ketika Republik Tiongkok didirikan pada tahun 1912, pemerintah secara resmi mengadopsi kalender Gregorian sebagai "kalender publik", dan pengakuan 1 Januari sebagai hari pertama tahun baru. Sejak saat itu, Hari Tahun Baru Imlek dikenal sebagai “Festival Musim Semi”. Kalender lunar lama terus digunakan secara populer dalam hubungannya dengan kalender Gregorian yang berorientasi matahari sebagai cara untuk menandai perayaan tradisional, yang tanggalnya, seperti Festival Musim Semi, bergantung pada perhitungannya, dan yang terkait erat dengan asal-usul agrarisnya.
Persiapan Tahun Baru
Persiapan untuk perayaan Tahun Baru dimulai jauh sebelum tanggal hri liburan yang sebenarnya. Saat tahun yang lama hampir berakhir, ada kecenderungan untuk ingin mengikat ujung yang longgar, untuk mengatur segala sesuatunya untuk mengantisipasi awal tahun baru dengan awal yang baru dan lembaran yang bersih.Dalam bisnis ini berarti menyeimbangkan pembukuan, melunasi hutang lama, dan menagih pinjaman dan tagihan yang masih jatuh tempo. Bagi mereka yang tidak mampu membayar rekening pada saat ini, musim pra-liburan dapat dihabiskan untuk menghindari kreditur. Di cina kuno, tidak jarang pengejaran debitur berlangsung hingga Malam Imlek di Tahun Baru, ketika pencarian penagih utang mungkin dibantu oleh lentera saat jam tengah malam mendekat. Meskipun dianggap vulgar untuk memburu debitur pada Hari Tahun Baru, konvensi ini dibatasi oleh yang lain yang memungkinkan kreditur untuk berpura-pura masih malam sebelumnya dengan terus membawa lentera yang menyala dalam pengejarannya. Tempat perlindungan teraman bagi seseorang yang tidak mampu membayar utang adalah dengan tetap bersembunyi di rumah, atau mencari suaka di kuil, sering kali di kuil dewa kota, di mana kepatutan tidak mengizinkan transaksi keuangan.
Bagi individu, penutupan tahun yang lama berarti melihat kembali kemalangan masa lalu dan pemeriksaan introspeksi atas kesalahan dan kegagalan seseorang. Di beberapa bagian Cina, orang menggunakan imlek sebagai waktu sebelum tahun baru untuk mencari teman lama atau rekan yang mungkin sudah lama tidak mereka temui, untuk memperbarui persahabatan dan membicarakan masalah apa pun yang mungkin menghalangi jalan. Caranya adalah menjalin hubungan yang baik di masa depan. (Kunjungan ke teman dekat dengan siapa seseorang berhubungan baik biasanya dicadangkan untuk beberapa hari pertama tahun baru.) Pembersihan spiritual dari yang lama — “pembebasan yang baik” dari nasib buruk dan sikap negatif di masa lalu — pergi satu dengan pendekatan cerah dan optimis untuk apa pun yang ada di depan.
Di dalam negeri juga ada pembersihan tradisional. Dalam beberapa dekade terakhir, "pembersihan musim semi" paling menyeluruh tahun Imlek ini dimulai sebagai ritual pembersihan semua roh jahat yang ditakuti bersembunyi di sudut-sudut gelap di balik perabot berat dan jarang dipindahkan. Saat Imlek, satu-satunya pertimbangan bagi sebagian besar orang Cina adalah presentasi rumah yang bersih kepada banyak anggota keluarga dan tamu yang akan disambut selama musim liburan. Jendela-jendela dicuci, atau dicat ulang di masa lalu, dan gerbang halaman atau bagian kayu lain dari rumah mungkin dicat ulang. Kalender agraria lama menyebutkan tanggal 20 bulan lunar ke-12 sebagai “hari menyapu lantai”, dan tanggal ini masih menandai dimulainya proyek pembersihan rumah pra-liburan besar di Hong Kong. Di sebagian besar Cina, para petani menunggu sampai tanggal 23 (di Cina Selatan) atau tanggal 24 (di Utara) untuk mengambil sapu dan pengki. Pada hari inilah Dewa Dapur, atau dewa perapian, dijadwalkan berangkat untuk membuat laporannya tentang kegiatan rumah tangga kepada Kaisar Langit di surga. Agar tidak mengganggu dan mungkin menyinggung perasaannya, ibu rumah tangga menunggu sampai dia dalam perjalanan sebelum mereka mulai memindahkan perabotan dan mengangkat debu.
Mengirim Dewa Dapur ke surga adalah masalah yang patut mendapat perhatian khusus. Di tempat tinggal sepanjang tahun di perapian, di mana ia diwakili oleh gambar yang ditampilkan secara mencolok, atau di bagian Selatan oleh karakter kaligrafi indah untuk namanya, Dewa Dapur mengamati semua kedatangan dan kepergian keluarga. Apakah mereka telah bermurah hati kepada pengemis di depan pintu? Apakah mereka menyia-nyiakan makanan yang diperoleh dengan susah payah, yang dihasilkan oleh beberapa petani dengan susah payah dan keringat? Langkah-langkah diambil untuk memastikan kerja sama dewa dapur dalam memberikan laporan yang cemerlang kepada Kaisar Giok, dan dengan demikian memenangkan sedikit bantuan surgawi untuk keluarga. Ini termasuk persembahan ritual permen atau kue kering dan anggur, dan bahkan mengolesi bibirnya dengan madu untuk memastikan bahwa dia hanya akan mengatakan hal-hal manis tentang keluarga. Setelah ini selesai, gambar Dewa Dapur dibakar, dan dia pergi dalam perjalanan tahunannya, tidak kembali sampai Hari Tahun Baru Imlek. Pembersihan debu, pencucian, dan penggosokan dapat dimulai. Banyak yang percaya bahwa mereka harus menyapu dengan sapuan ke dalam ke tengah ruangan agar tidak membawa keberuntungan keluarga keluar dari pintu.
Belanja, tentu saja adalah aktivitas utama lainnya di musim liburan panjang Imlek. Secara historis, Hari raya Imlek di Tahun Baru praktis adalah satu-satunya hari dalam setahun ketika para petani pekerja keras China membiarkan diri mereka beristirahat. Karena Imlek ini adalah hari libur semua orang, semua pembelian harus dilakukan sebelum toko dan pedagang kaki lima tutup pada malam tahun baru. Pertukaran hadiah Imlek adalah praktik umum di seluruh Tiongkok. Nilai hadiah tergantung, tentu saja, pada kekayaan pembeli dan, tentu saja, di masa lalu, pada status sosial relatif dari pemberi dan penerima. Sangat sering, seperti yang terjadi hari raya ini, barang-barang hadiah relatif mahal atau makanan yang disiapkan secara khusus. Bunga untuk mencerahkan rumah adalah barang yang populer di pasar saat ini sepanjang tahun. Plum lilin, jonquil putih harum atau narcissus dan di Hong Kong, pohon persik kecil, adalah salah satu favorit musiman. Yang disebut cetakan Tahun Baru adalah barang lain yang selama berabad-abad dikaitkan dengan festival Tahun Baru di sebagian besar Cina. Cetakan balok kayu berwarna-warni ini termasuk potret Dewa Dapur, untuk menggantikan yang dibakar secara ritual, dan adegan favorit dari cerita dan legenda lama. Buah matang yang menguntungkan dan bayi yang tersenyum sehat sering ditampilkan, dan patung dewa pintu, yang ditempelkan di gerbang depan untuk menjaga dari roh jahat atau hantu, adalah favorit tradisional lainnya. Juga dijual dalam jumlah besar, bagi mereka yang tidak bisa menulis sendiri, adalah bait dan karakter keberuntungan tunggal yang ditulis tangan di atas kertas merah cerah. Kuplet, masing-masing setengah ditulis pada spanduk kertas vertikal (duilian), akan ditempel di kedua sisi gerbang depan rumah, seringkali dengan spanduk horizontal pelengkap ditempatkan di atas pintu. Puisi klasik dalam komposisi, bait akan mengungkapkan ucapan serat keinginan untuk keberuntungan, umur panjang, banyak teman, dan sejenisnya.
Pelajari: 15 KATA-KATA UCAPAN SELAMAT TAHUN BARU CHINA DAN HARI LIBUR IMLEK 2022
Malam Tahun Baru
Menjelang Malam Tahun Baru Imlek, anggota keluarga yang beberapa di antaranya mungkin telah menempuh perjalanan jauh untuk kembali ke rumah, berkumpul untuk reuni. Dalam persiapan untuk kepulangannya dari surga pada Hari Tahun Baru Imlek, potret baru Dewa Dapur digantung, seperti halnya dewa pintu baru, duilian (kuplet pintu), dan dekorasi meriah lainnya. Beberapa keluarga selatan menempatkan batang tebu di belakang pintu. Tinggi dan konstruksi bagian demi bagian dari batang manis mewakili harapan keluarga untuk pendakian seperti tangga ke tingkat kejayaan baru dalam 12 bulan mendatang. Semua orang berdandan, sebaiknya dengan pakaian baru, dan berperilaku terbaik.Secara tradisional, pada malam terakhir tahun ini, kepala rumah tangga laki-laki memimpin keluarga dalam memberikan persembahan kepada berbagai dewa rumah dan leluhur. Upacara akan dimulai dengan menutup celah di sekitar pintu dengan kertas merah untuk mencegah sisa-sisa kesialan tahun lalu mencuri ke dalam rumah, dan keberuntungan keluarga mana pun agar tidak melarikan diri. Penghormatan akan diberikan kepada dewa kekayaan, dewa sumur, tempat tidur, perapian, atau siapa pun yang ingin tetap menjalin hubungan baik dengan keluarga itu. Perhatian kemudian akan beralih ke leluhur, kepada siapa pengorbanan makanan akan diberikan bersama dengan pembakaran dupa. Setiap anggota keluarga akan berlutut dengan hormat di depan loh leluhur, simbol dari banyak generasi sebelumnya, semua arwah yang diyakini beberapa keluarga hadir malam itu. Di rumah tangga yang lebih kaya, seluruh ruangan mungkin dikhususkan untuk digunakan sebagai aula leluhur, lengkap dengan altar, sementara di keluarga yang lebih miskin, tablet leluhur mungkin menempati gudang sederhana di sudut. Sama pentingnya adalah menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua yang masih hidup. Anggota keluarga yang lebih muda akan ketou (sujud) kepada anggota dari setiap generasi di atasnya, secara berurutan, dimulai dari yang tertua. Ketika anak-anak menunjukkan rasa hormat dengan cara ini, mereka dihargai dengan amplop merah (hongbao), yang berisi uang Tahun Baru (yasui qian).
Dengan selesainya ritual "pemujaan" leluhur, keluarga itu duduk untuk menikmati santapan terbesar mereka tahun Imlak ini. Seringkali, sebuah tempat ditetapkan untuk para anggota yang tidak dapat kembali ke rumah. Dalam tradisi yang masih berlangsung sampai sekarang, hidangan yang disajikan pada malam ini dipilih karena pentingnya nama atau penampilannya. Salah satu hidangan yang sangat umum adalah ikan utuh, istilah yang, yu, homofon dengan kata yang berarti kelebihan atau kelimpahan, dan karena itu menguntungkan. Demikian pula, sayuran laut tertentu, facai, adalah homofon dengan frasa yang berarti menjadi kaya. Di daerah sekitar Guangzhou (Kanton), salah satu hidangan yang disukai adalah tiram, karena dalam bahasa Kanton, homonim tiram, houxi, berarti “bisnis yang bagus”; udang, pengucapan Kanton yang ha, terdengar seperti tawa bahagia, dan karena itu sering ditemukan di pesta-pesta tersebut. Kerang terkadang disajikan karena terbuka saat dimasak, menandakan terbukanya cakrawala baru. Demikian juga, menurut tradisi di Shanghai, pangsit kulit telur (danjiao) menyerupai batangan emas dan mie plastik terlihat seperti rantai perak. Kecambah kedelai memiliki penampilan yang mirip dengan benda seni tradisional seperti tongkat kerajaan yang disebut ruyi, yang juga berarti “sepuasnya”. Bagi orang Utara, satu kebiasaan yang masih banyak dilakukan adalah konsumsi jiaozi, atau pangsit berisi daging, pada tengah malam. Sekali lagi kasus homonim, jiaozi juga terdengar seperti istilah yang berarti pertemuan jam terakhir tahun yang lama dengan jam pertama tahun baru. Permen, kacang-kacangan, dan kue-kue yang biasanya tidak mampu dibeli dalam jumlah banyak mungkin sudah tersedia di sepanjang tahun ini.
Beberapa saat sebelum ayam jantan berkokok, kepala keluarga tradisional Cina akan membuka segel pintu depan, di tengah ledakan panjang cambuk petasan, membukanya untuk membiarkan pengaruh kuat dan sehat dari Imlek pada awal tahun baru. Di tahun-tahun sebelumnya, hanya sedikit orang yang pergi tidur pada Malam Tahun Baru. Sebuah keluarga Cina modern mungkin begadang dengan memanfaatkan banyak program liburan Imlek khusus yang disiarkan di radio dan televisi. Nenek moyang mereka mungkin melewati jam-jam pertama fajar tahun baru dengan bermain game, minum anggur, bernyanyi, bercanda, dan bercerita — dengan sengaja menjadikannya malam kegembiraan, yang mereka harapkan akan menjadi pola sepanjang tahun yang akan datang.
Perayaan Tahun Baru
Kebiasaan beberapa keluarga adalah menunggu sampai hari pertama tahun ini (nian chuyi) untuk membuka gerbang atau pintu utama secara seremonial. Pada saat inilah kepala rumah laki-laki di banyak rumah tangga berpendidikan akan menulis karakter atau kaliamat keberuntungan untuk digantung di pintu masuk rumah. Beberapa juga menunggu hari ini untuk mendekati altar leluhur untuk ritual musiman, dan untuk melakukan ritual ketou. Anak-anak di beberapa rumah tangga terbangun di pagi Hari Tahun Baru untuk menemukan hong bao (amplop merah) di bawah bantal mereka.Pada Hari Tahun Baru dan untuk beberapa hari setelah Imlek, orang masih mengikuti kebiasaan bertukar kunjungan — dengan kerabat dekat terlebih dahulu, kemudian dengan kerabat dan teman jauh. Secara tradisional, urutan kunjungan ini juga dimulai dengan yang tertua, dan hari pertama biasanya dikhususkan untuk kerabat keluarga pihak ayah. Salah satu takhayul lama adalah bahwa wanita tidak boleh pergi mengunjungi pada hari pertama, karena keberuntungan rumah tangga mungkin akan pergi bersama mereka. Di beberapa daerah, hari kedua adalah hari dimana para istri pulang ke rumah untuk mengunjungi keluarga mereka yang melahirkan, membawa anak-anak untuk melihat kakek-nenek dari pihak ibu mereka. Selama kunjungan Tahun Baru (bainian), anak-anak dan generasi muda yang belum menikah akan kembali menerima hongbao. Beberapa orang Kanton pernah percaya bahwa mengunjungi teman pada hari kedua berisiko karena mereka takut perselisihan sekecil apa pun akan menandakan tahun yang penuh pertengkaran. Hadiah diberikan kepada teman dan kerabat, seperti juga hongbao untuk anak-anak dan pelayan rumah yang dikunjungi.
Saat teman berkunjung, penting untuk menyajikan makanan “keberuntungan”. Salah satu hidangan tersebut adalah sepiring kurma (zao), kacang tanah (huasheng), lengkeng kering (guiyuan). dan biji teratai (lianzi). Dalam praktik linguistik Tiongkok yang umum dalam menggabungkan bagian-bagian komponen kata majemuk untuk membentuk istilah gabungan, hidangan ini disebut sebagai zaoshengguizi, atau lianshengguizi, yang masing-masing terdengar seperti frasa yang berarti "segera mewujudkan kelahiran putra bangsawan," dan "yang kelahiran terus menerus dari putra-putra mulia.” Kacang juga dikaitkan dengan kesuburan dan umur panjang. Makanan "beruntung" lainnya adalah Yuan bao cha, sejenis teh yang dinamai dari batangan perak. Dua manisan populer adalah zaogao, kue kurma yang dibuat dengan kurma bubuk yang ditambahkan ke tepung, dan isian kurma, dan kue beras yang disebut niangao. Kata untuk kue, gao, terdengar seperti istilah yang berarti "ditinggikan" atau "tinggi", dan jika didahului dengan kata tahun (nian), adalah homofon dengan istilah yang berarti maju dengan gaya bergerak ke atas, dari tahun ke tahun. .
Sama seperti penggunaan kata-kata dan tindakan keberuntungan yang dianjurkan saat ini, begitu juga tabu. Penting, conthnya, untuk menghindari angka “empat” (si), karena kedengarannya seperti kata kematian; kata apa pun dan homonimnya yang terkait dengan kematian, penyakit, atau kebangkrutan tidak menguntungkan. Pekerjaan dapur dan menjahit dihindari karena penggunaan pisau, gunting, jarum, dan benda tajam lainnya sangat tidak dianjurkan. Secara tradisional, seseorang tidak mengambil sapu pada Imlek atau Hari Tahun Baru karena takut secara tidak sengaja menyapu keberuntungan keluar dari pintu, dan bahkan melihat seseorang mungkin menandakan tahun yang penuh dengan pekerjaan rumah tangga yang membosankan.
Pelajari: TAHUN BARU IMLEK, PELAJARAN UNTUK MEMBANTU ANAK MENGHARGAI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DAN BAHASA
Pada hari-hari setelah tahun baru, adalah hal biasa untuk berziarah ke kuil, terutama saat ini bagi penduduk Hong Kong. Kelompok teater dan kelompok akrobatik tampil di jalan-jalan di pasar, di halaman kuil, atau di stadion umum yang besar. Tarian naga, tarian singa, pertunjukan jangkungan, dan arak-arakan rakyat masih sangat populer. Di Cina kontemporer, saat Imlek banyak orang tua membawa anak-anak mereka jalan-jalan ke taman, kebun binatang, atau menonton film.
Hari libur besar bagi pelajar, pekerja, dan bisnis, Tahun Baru membawa penangguhan virtual dari aktivitas rutin. Banyak toko, pabrik, dan kantor tetap tutup selama beberapa hari pertama tahun ini. Di daerah Kanton, toko sepatu atau kios reparasi sepatu pernah dianggap sangat tidak menguntungkan untuk dibuka kembali sebelum seluruh tukang batu liburan direkatkan. Kata Kanton untuk sepatu (hai) terdengar seperti ekspresi kesedihan yang umum, dan bagi beberapa orang menandakan pertanda buruk, jadi tidak ada yang mau berhubungan dengan sepatu pada saat yang begitu bahagia. Bahkan pelabuhan Hong Kong tidak seperti biasanya sepi di Tahun yang baru pada hari raya Imlek. Banyak kapal penangkap ikan dan kapal komersial lainnya berlabuh pada Malam Tahun Baru dan duduk diam sampai hari keberuntungan pertama tahun ini untuk berlayar.
Secara tradisional, orang cina menghitung usianya dengan memulai pada hari kelahirannya dengan “satu”. Untuk setiap tahun baru yang dirayakan setelah itu, satu tahun lagi ditambahkan. Individu masih merayakan ulang tahun kelahiran mereka sendiri, tetapi tidak menghitung diri mereka satu tahun lebih tua sampai mereka melewati Tahun Baru lagi. Bagi orang Kanton, hari ketujuh di bulan pertama adalah “Hari Manusia”, hari yang diperingati sebagai hari ulang tahun tambahan bagi setiap orang.
Festival Lentera
Hari ke-15 bulan lunar pertama dikenal sebagai “Festival Lentera.” Nama untuk hari ini dalam kalender tradisional adalah Cap Go Meh atau Yuanshao, yang berarti pangsit bulat kecil dari tepung beras yang biasa dimakan saat ini. Festival Lentera menandakan akhir periode festival Tahun Baru.Awalnya, lentera dikatakan telah digunakan pada malam ini untuk membantu melihat para dewa dengan cahaya obor. Setiap keluarga akan membuat lentera kertas yang rumit untuk tujuan ini. Sekarang di banyak bagian China ada penekanan besar pada keahlian yang digunakan setelah hari kelima belas Imlek dalam membuat lentera indah dalam berbagai bentuk dan gaya yang kemudian sering ditampilkan di pameran publik.
Festival Lentera adalah kesempatan lain untuk mengundang tamu dan mengadakan pesta, meskipun dalam skala yang lebih kecil daripada perayaan Malam Tahun Baru Imlek. Anak-anak terlihat berparade di luar membawa lampion kertas warna-warni. Hiburan festival yang umum adalah menebak jawaban atas teka-teki yang ditulis di secarik kertas dan dilekatkan pada lentera. Secara tradisional, drum dibunyikan ketika teka-teki dijawab dengan benar.
Sekarang tahun baru sudah setengah jalan ke bulan pertama, dan hampir semuanya telah kembali ke rutinitas normal. Bisnis telah dibuka kembali, sekolah kembali beroperasi, dan petani telah kembali bekerja. Keberadaan masyarakat sangat tergantung pada pola siklus produksi pertanian, dan selanjutnya, pola siklus musim. Kalender mengatakan sudah waktunya untuk hujan pertama tahun ini, dan ladang harus disiapkan. Siklus baru sedang berjalan dengan baik.
Post a Comment for "TAHUN BARU IMLEK: RITUAL DAN LEGENDA"