APA ITU KURIKULUM 2013, TUJUAN DAN MATERI

Apa itu Kurikulum 2013, Tujuan dan Materi
Apa yang dimaksud dengan kurikulum?


Pelajarancg.blogspot.com - ini adalah pertanyaan pertama ketika siswa, guru bahkan orangtua saat mendengar kata kurikulum 2013 (K-13) di sekolah. Di Indonesia kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi rintisannya. Berarti bahwa kurikulum ini diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun.


Walaupun pada sejarah awal tahun penerapan kurikulum tahun 2013 mengalami pro dan kontra dari berbagai pihak baik itu guru, siswa dan orangtua namun pada akhirnya ini tetap berjalan sesuai dengan tujuan utama dari K-13 tersebut.


Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013, Kurikulum 2013 diimpelementasikan secara terbatas pada sekolah perintis, yakni pada kelas I dan IV untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk jenjang SMA/SMK, sedangkan pada tahun 2014, Kurikulum 2013 sudah diterapkan di Kelas I, II, IV, dan V sedangkan untuk SMP Kelas VII dan VIII dan SMA Kelas X dan XI.


Seiring perjalanan penerapan atau implementasi Kurikulum 2013 (K-13) setiap tahun mengalami revisi dalam meteri-materinya. Edisi revisi ini bukan hanya terhadap buku siswa akan tetapi juga buku guru. Tentu saja revisi tersebut dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan pendidikan sekolah dimana juga berpengaruh terhadap standar proses pada Pencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).


Baca: Download Buku Siswa SD Kelas 1 Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2017


Singkatnya, Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.


Memang tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan dari kurikulum 2013 namun setiap revisi yang dilakukan sebagai strategi juga upaya mencapai penyempurnaan dari K-13 ini.


Untuk lebih memahami pembelajaran tentang Apa itu Kurikulum 2013, Tujuan dan Materi ada baiknya ketahui terlebih dahulu arti dari Kurikulum itu sendiri.


PENGERTIAN KURIKULUM SECARA ISTILAH DAN MENURUT PARA AHLI

Banyak pendapat ahli terkait dengan implementasi kurikulum 2013 dengan mendefinisikan kurikulum itu dari istilah kata maupun menurut sudut pandang mereka.


SECARA ISTILAH

Istilah kurikulum mengacu pada pelajarancg dan konten akademik yang diajarkan di sekolah atau dalam kursus atau program tertentu. Dalam kamus, kurikulum sering didefinisikan sebagai kursus yang ditawarkan oleh sekolah, tetapi jarang digunakan dalam pengertian umum di sekolah. Bergantung pada seberapa luas pendidik mendefinisikan atau menggunakan istilah terbaru tersebut, kurikulum biasanya merujuk pada pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan siswa untuk pelajari, yang mencakup:
  1. standar pembelajaran atau tujuan pembelajaran yang diharapkan akan mereka penuhi;
  2. unit dan pelajaran yang diajarkan guru; tugas dan proyek yang diberikan kepada siswa;
  3. buku, bahan, video, presentasi, dan bacaan yang digunakan dalam kursus;
  4. dan tes, penilaian, dan metode lain yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran siswa.



Kurikulum seorang guru, misalnya, akan menjadi standar pembelajaran khusus, pelajaran, tugas, dan bahan yang digunakan untuk mengatur dan mengajarkan kursus tertentu.


MENURUT PENDAPAT DARI PARA AHLI

Kurikulum menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 19 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai penyelenggara kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.


Kurikulum menurut Hilda Taba (1962) adalah suatu rencana belajar, oleh karena itu, konsep-konsep tentang belajar dan perkembangan individu dapat mewarnai bentuk-bentuk kurikulum. Kurikulum merupakan pernyataan tentang tujuan-tujuan pendidikan yang bersifat umum dan khusus dan materinya dipilih dan diorganisasikan berdasarkan suatu pola tertentu untuk kepentingan belajar dan mengajar.




TUJUAN KURIKULUM 2013

Menurut Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd. dalam pengembangan dan implementasi kurikulum 2013 mengemukakan bahwa K-13 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dan peradaban dunia. Dalam hal ini, pengembangan kurikulum 2013 difokuskan pada pembentukan kompetensi dan karakter peserta didik, berupa paduan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat di demontrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang dipelajarinya secara konseptual.


MATERI KURIKULUM 2013

Karakterisitik kurikulum 2013 tentunya sepanjang tahun akan mengalami banyak perubahan termasuk dalam hal materi-materi, mulai tingkat SD sampai dengan SMA, bahkan ada beberapa mata pelajaran telah dirampingkan. Dimulai sejak tahun pelajaran 2013/2014 hingga kini, kurikulum SD/SMP/SMA/SMK terus mengalami perubahan-perubahan antara lain: mengenai proses pembelajaran, jumlah mata pelajaran, dan jumlah jam pelajaran.


Jika melihat perkembangan kurikulum yang ada di Indonesia, terhitung telah banyak kurikulum yang terus berkembang mengikuti tuntutan perkembangan pendidikan yang ada. Oleh sebab itu penyesuaian materi-materi pun terus dilakukan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Gambaran singkat mengenai model kurikulum yang telah digunakan oleh Indonesia.
  • Kurikulum Sekolah Dasar (SD)
  • Kurikulum Proyek Printis Sekolah Pembangunan (PSPP)
  • Kurikulum 1984
  • Kurikulum 1994
  • Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
  • Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
  • Kurikulum 2013
  • Kurikulum Merdeka



Tentu saja model-model diatas akan terus menyesuaikan dari karakteristik kurikulum yang berlaku saat ini.


KESIMPULAN APA ITU YANG DI MAKSUD DENGAN KURIKULUM TAHUN 2013, TUJUAN DAN MATERI K-13

Karena kurikulum adalah salah satu elemen dasar sekolah dan pengajaran yang efektif, kurikulum seringkali menjadi objek reformasi, yang sebagian besar secara luas dimaksudkan untuk mengamanatkan atau mendorong standardisasi dan konsistensi kurikulum yang lebih besar di seluruh negara bagian, sekolah, tingkat kelas, bidang studi, dan kursus. Berikut ini adalah beberapa contoh representatif dari cara-cara kurikulum ditargetkan untuk perbaikan atau digunakan untuk meningkatkan peningkatan sekolah dan meningkatkan efektivitas guru:
  • Persyaratan standar: Ketika standar pembelajaran baru diadopsi di Indonesia, kabupaten, atau sekolah, guru biasanya memodifikasi apa yang mereka ajarkan dan membawa kurikulum mereka ke dalam “penyelarasan” dengan harapan pembelajaran yang diuraikan dalam standar baru.
  • Persyaratan penilaian: Strategi reformasi lain yang secara tidak langsung mempengaruhi kurikulum adalah penilaian, karena metode yang digunakan untuk mengukur pembelajaran siswa memaksa guru untuk mengajarkan konten dan keterampilan yang pada akhirnya akan dievaluasi.
  • Penyelarasan Kurikulum: Sekolah dapat mencoba meningkatkan kualitas kurikulum dengan membawa kegiatan pengajaran dan harapan kursus ke dalam “keselarasan” dengan standar pembelajaran dan kursus sekolah lainnya contohnya praktik yang kadang-kadang disebut “pemetaan kurikulum.”
  • Filosofi kurikulum: Desain dan tujuan kurikulum apa pun mencerminkan filosofi pendidikan baik secara sengaja atau tidak sengaja termasuk oleh para pendidik yang mengembangkannya.
  • Paket kurikulum: Dalam beberapa kasus, sekolah memutuskan untuk membeli atau mengadopsi paket kurikulum yang telah dikembangkan oleh organisasi luar.
  • Sumber daya kurikulum: Sumber daya yang disediakan sekolah untuk guru juga dapat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kurikulum.
  • Standarisasi kurikulum: Negara, distrik, dan sekolah juga dapat mencoba meningkatkan kualitas dan efektivitas pengajaran dengan mengharuskan, atau hanya mendorong, guru untuk menggunakan kurikulum standar atau proses umum untuk mengembangkan kurikulum seperti kurikulum 2013 (K-13) ini.



DAFTAR PUSTAKA KURIKULUM PELAJARANCG.BLOGSPOT.COM

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Taba, Hilda. (1962). Curriculum Development: Teory and Partice. New York : Harcourt, Brace & World

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.

Post a Comment for "APA ITU KURIKULUM 2013, TUJUAN DAN MATERI"