IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH

Kurikulum merupakan acuan pokok pelaksanaan pendidikan nasional. Saat ini kurikulum yang berlaku adalah Kurikulum 2013 termasuk juga untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kurikulum 2013 di sekolah baik itu PAUD, sekolah tingkat dasar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK mencangkup semua dimensi tumbuh kembang anak (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan mencangkup semua program pengembangan yang direncanakan dan disajikan secara terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan tahap perkembangan anak pelajarancg.blogspot.com. Maka dari itu perlu adanya implementasi yang tepat agar tujuan kurikulum pelajarancg dapat tercapai.

https://pelajarancg.blogspot.com/


Dalam proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hingga penyusunan dokumen kurikulum sudah dapat dipenuhi oleh sekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum 2013 Kurikulum 2013 di sekolah baik itu PAUD, sekolah tingkat dasar SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK harus terlaksana dengan baik.


Sebagaimana dimengerti bahwa, Proses pelaksanaan pendidikan apabila tidak didasari dengan pedoman maka akan keluar dari ranahnya. Kurikulum merupakan bagian terpenting dari sebuah system pendidikan yang akan memberikan arah dan tujuan pendidikan Nasional. Pendidikan menentukan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kurikulum merupakan bagian vital dari tercapainya kualitas masyarakat suatu bangsa. Kualitas SDM suatu bangsa menentukan pembangunan negara itu sendiri, namun bangsa yang memiliki SDM berkualitas haruslah memiliki pendidikan yang baik Pendidikan yang berkualitas tentunya harus di dukung sebuah system pedoman pelaksanaannya, tanpa pedoman sebuah praktik pendidikan tidak akan mencapai pada tujuannya.

Baca: PELAJARAN MENGENAI ERA NEW NORMAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN


Kurikulum Pendidikan Nasional, memberikan kesempatan kepada satuan pendidikan, agar mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan kearidan lokal yang khas daerah setempat dengan kurikulum yang dikembangkan berpusat pada proses pembelajaran yaitu dengan mengedepankan potensi, minat, bakat, perkembangan, dan kebutuhan peserta didik, termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus, diharapkan Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 di sekolah dapat membentuk karakter bangsa yang berbudaya, bermartabat.


Menurut Hamalik (2012:68) menyatakan bahwa, perbaikan kurikulum bermula dari guru. Guru merupakan komponen sumber dalam perbaikan kurikulum, karenanya guru yang melaksanakan implementasi dan menyusun rencana pelaksanaannya. Sebagai komponen pelaksana dari kurikulum guru juga harus memiliki kemampuan sebasgai manajer dalam pembelajaran, serta kemampuan sebagai komunikator.

Baca: KODE ETIK GURU INDONESIA - PENGERTIAN, TUJUAN, DAN FUNGSI



Pelaksanaan pembelajaran di kelas dilakukan oleh guru. Maka dari itu, guru berperan sebagai penentu tingkat keberhasilan dalam proses belajar dikelas. Kurikulum 2013 di sekolah akan sulit dilaksanakan apabila guru tidak dapat memahami kondisi didalam lingkungan pembelajaran. Karena lingkungan belajar juga akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Menurut Hakim, dkk (2016) menyatakan bahwa, motivasi belajar memiliki peranan besar dalam pembelajaran. Dengan komponen penyelenggaraan yang disusun oleh satuan pendidikan terkait maka guru harus bersinergi dengan komponen lain dalam sekolah. (Bagikan pengalaman Anda pada https://pelajarancg.blogspot.com/ )

Post a Comment for "IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH"