APA YANG DIMAKSUD DENGAN IMPLEMENTASI?

Pengertian Implementasi. Pelajarancg.blogspot.com: Yang dimaksud dengan Implementasi, Terdapat berbagai pendapat para ahli dan akademisi yang mengemukakan tentang pengertian dari implementasi. Hal ini perlu dijelaskan agar pemahaman tentang implementasi dapat disinkronisasikan dari suatu kebijakan atau peraturan perundangan-undangan yang menjadi fokus utama dalam penulisan Kurikulum Pelajarancg ini. Karena implementasi merupakan kegiatan yang penting dari keseluruhan proses perencanaan kebijakan. Adapun Maksud dari arti implementasi tersebut dapat dilihat dalam beberapa pendapat di bawah ini penjelasan Pelajarancg.blogspot.com:


Baca: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH

APA YANG DIMAKSUD DENGAN IMPLEMENTASI?


IMPLEMENTASI DENGAN BEBERAPA PENDAPAT MENURUT PARA AHLI

MULYADI (2015:12)

Menurut Mulyadi (2015:12), implementasi mengacu pada tindakan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu keputusan. Tindakan ini berusaha untuk mengubah keputusan-keputusan tersebut menjadi pola-pola operasional serta berusaha mencapai perubahan-perubahan besar atau kecil sebagaimana yang telah diputuskan sebelumnya. Implementasi pada hakikatnya juga merupakan upaya pemahaman apa yang seharusnya terjadi setelah program dilaksanakan.


Dalam tataran praktis, implementasi adalah proses pelaksanaan keputusan dasar. Proses tersebut terdiri atas beberapa tahapan adalah seperti di bawah ini:
  1. Tahapan pengesahan peraturan perundangan.
  2. Pelaksanaan keputusan oleh instansi pelaksana.
  3. Kesediaan kelompok sasaran untuk menjalankan keputusan.
  4. Dampak nyata keputusan baik yang dikehendaki maupun tidak.
  5. Dampak keputusan sebagaimana yang diharapkan instansi pelaksana.
  6. Upaya perbaikan atas kebijakan atau peraturan perundangan.



Mulyadi berpendapat, bahwa Proses persiapan implementasi setidaknya menyangkut beberapa hal penting yakni:
  • Penyiapan sumber daya, unit dan metode.
  • Penerjemahan kebijakan menjadi rencana dan arahan yang dapat diterima dan dijalankan.
  • Penyediaan layanan, pembayaran dan hal lain secara rutin.



Lebih lanjut Implementasi menurut teori Jones yang dikemukakan dalam Mulyadi, (2015:45): “Those Activities directed toward putting a program into effect” (proses mewujudkan program hingga memperlihatkan hasilnya), sedangkan menurut Horn dan Meter: “Those actions by public and private individual (or group) that are achievement or objectives set forth in prior policy” (tindakan yang dilakukan pemerintah). Jadi implementasi adalah tindakan yang dilakukan setelah suatu kebijakan ditetapkan. Implementasi merupakan cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuannya.


LISTER

Menurut Lister yang dikemukakan dalam Taufik dan Isril, (2013:136): “sebagai sebuah hasil, maka implementasi menyangkut tindakan seberapa jauh arah yang telah diprogramkan itu benar-benar memuaskan”


GRINDLE

Menurut Grindle yang dikemukakan dalam Mulyadi, (2015:45): "implementasi merupakan proses umum tindakan administratif yang dapat diteliti pada tingkat program tertentu”.


HORN

Menurut Horn yang dikemukakan dalam Mulyadi, (2015:45): “mengartikan implementasi sebagai tindakan-tindakan yang dilakukan oleh baik individu-individu/pejabat-pejabat atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada pencapaian tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam kebijakan”.


EKAWATI

Menurut Ekawati yang dikemukakan dalam Taufik dan Isril, (2013:136): menyatakan, “bahwa definisi implementasi secara eksplisit mencakup tindakan oleh individu/kelompok privat (swasta) dan publik yang langsung pada pencapaian serangkaian tujuan terus menerus dalam keputusan kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya”


GORDON

Menurut Gordonyang dikemukakan dalam Mulyadi, (2015:24) menyatakan, “bahwa definisi implementasi berkenaan dengan berbagai kegiatan yang diarahkan pada realisasi program.”


WIDODO

Menurut Widodo dikemukakan dalam Syahida, (2014:10), “implementasi berarti menyediakan sarana untuk melaksanakan suatu kebijakan dan dapat menimbulkan dampak/akibat terhadap sesuatu”.


Baca: APA YANG DIMAKSUD DENGAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)?

RANGKUMAN

Dari penjelasan apa yang dimaksud dengan teori implementasi menurut para ahli dipelajarancg.blogspot.com, kita dapat melihat bahwa Yang dimaksud dengan Implementasi, Terdapat berbagai pendapat para ahli dan akademisi yang mengemukakan tentang pengertian dari implementasi yang berbeda, namun memiliki kesamaan adalah penerapan pada realisasi program untuk melaksanakan suatu kegiatan yang penting dari keseluruhan proses perencanaan kebijakan, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "APA YANG DIMAKSUD DENGAN IMPLEMENTASI?"