PELAJARAN AGAMA ISLAM: PENGERTIAN PUASA, KETENTUAN DAN MANFAAT PUASA RAMADHAN

pelajarancg.blogspot.com: Puasa adalah karakteristik moral dan spiritual Islam yang unik. Berpuasan Didefinisikan secara harfiah, kata puasa berarti menjauhkan "sepenuhnya" dari makanan, minuman, hubungan intim dan merokok, sebelum fajar hingga matahari terbenam, selama bulan Ramadhan, bulan kesembilan tahun Islam. Tetapi jika kita membatasi makna Puasa Islam hanya pada pengertian literal dari ucapan ini, kita akan keliru.


Baca: Bulan Suci Ramadhan: Pengertian, Hikmah dan Rukun Puasa Ramadhan

https://pelajarancg.blogspot.com/


Ketika Islam memperkenalkan pranata atau institusi yang merupakan salah satu dari rukun Islam ini, agama Islam menanam pohon kebajikan yang tak terbatas dan produk yang tak ternilai. Berikut ini penjelasan pelajarancg.blogspot.com tentang pentinnya makna spiritual dari Puasa dalam pengertian Agama Islam:
  • Puasa mengajarkan manusia prinsip Cinta yang tulus: karena ketika umat Islam melaksanakan ibadah Puasa, dia melakukannya karena cinta yang mendalam kepada Allah. Dan Muslim yang benar-benar mencintai Allah adalah umat yang benar-benar tahu apa itu cinta.
  • Puasa memperlengkapi manusia dengan perasaan kreatif tentang harapan dan pandangan optimis tentang kehidupan; karena ketika dia berpuasa dia berharap untuk menyenangkan Allah dan mencari rahmat-Nya.
  • Puasa menanamkan dalam diri manusia keutamaan sejati dari pengabdian yang efektif, dedikasi yang jujur ​​dan kedekatan dengan Allah SWT; karena ketika dia berpuasa dia melakukannya semata untuk Allah SWT dan hanya demi Dia.
  • Puasa memupuk hati nurani yang sehat dan bijaksana; karena orang yang berpuasa menyimpan puasanya secara rahasia maupun di depan umum. Dalam kata ucapan berpuasa, khususnya, tidak ada otoritas duniawi untuk memeriksa perilaku manusia atau memaksanya untuk menjalankan puasa. Umat Islam menyimpannya untuk menyenangkan Allah dan memuaskan hati nuraninya sendiri dengan setia di tempat umum. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menumbuhkan hati nurani yang sehat dalam diri manusia.
  • Puasa Ramadhan mengindoktrinasi manusia dalam kesabaran dan tidak mementingkan diri sendiri, karena melalui puasa, dia merasakan sakitnya kekurangan tetapi dia menanggungnya dengan sabar.
  • Puasa adalah pelajaran efektif dalam penerapan moderasi dan kemauan keras.
  • Berpuasa juga memberi manusia jiwa yang transparan, pikiran jernih, dan tubuh yang ringan.
  • Berpuasa menunjukkan kepada manusia cara baru penghematan yang bijaksana dan penganggaran yang sehat.
  • Berpuasa memungkinkan manusia untuk menguasai seni Kemampuan Beradaptasi dengan Dewasa. Kita dapat dengan mudah memahami intinya begitu kita menyadari bahwa puasa membuat manusia mengubah seluruh jalan hidupnya sehari-hari.
  • Berpuasa alasan manusia dalam disiplin dan kelangsungan hidup yang sehat.
  • Puasa Ramadhan berasal dalam diri manusia roh sejati dari kepemilikan sosial, persatuan dan persaudaraan, kesetaraan di hadapan Allah serta di hadapan hukum.
  • Berpuasa di bulan Ramadhan adalah resep Ilahi untuk jaminan diri dan kontrol diri.


Ramadhan merupakan puasa wajib bagi setiap Muslim yang bertanggung jawab dan sehat. Tetapi ada saat-saat lain ketika dianjurkan untuk melakukan puasa sukarela, setelah Tradisi Nabi Muhammad. Di antara waktu-waktu ini adalah hari Senin dan Kamis setiap minggu, beberapa hari setiap bulan dalam dua bulan yang menandai kedatangan Ramadhan, yaitu, bulan Rajab dan bulan sya'ban, enam hari setelah Ramadhan setelah 'Hari Raya Idul Fitri. Selain itu, bagi yang berhalangan puasa dibulan Ramadhan dengan ketentuan yang telah ditetapkan, maka kita harus mengganti puasa setiap hari dalam bulan apa pun sepanjang tahun, kecuali pada Hari Raya Idul Fitri dan Jumat ketika tidak ada Muslim yang boleh berpuasa.


Namun, sekali lagi bahwa satu-satunya puasa wajib adalah Ramadhan yang mungkin 29 atau 30 hari, tergantung pada posisi bulan. Puasa Ramadhan adalah rukun Islam, dan apabila tidak melaksanakan nya tanpa alasan yang masuk akal adalah dosa besar di hadapan Allah. Berikut kurikulum pelajarancg Agama Islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan untuk pengertian, ketentuan dan rukun puasa Ramadhan.




PENGERTIAN PUASA RAMADHAN?

Secara etimologi kata puasa jika dilihat dalam bahasa Arab disebut saum atau siyam, artinya menahan diri dari segala sesuatu, seperti menahan makan, minum, nafsu, dan menahan berbicara yang tidak bermanfaat. Sedangkan puasa menurut ajaran agama Islam artinya menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari, dengan niat dan beberapa syarat.

SIAPA YANG HARUS BERPUASA?

Puasa Ramadhan adalah wajib bagi setiap Muslim, pria atau wanita, yang telah memenuhi ketentuan-ketentuan atau syarat:

Syarat wajib puasa

Syarat wajib artinya apabila syarat-syarat ini terdapat pada diri seseorang, maka orang tersebut wajib berpuasa, yaitu:
  1. Berakal sehat. Orang gila/hilang akal tidak wajib berpuasa.
  2. Balig atau dewasa. Anak-anak yang belum balig tidak wajib berpuasa.
  3. Kuat berpuasa. Orang yang lemah fisik tidak wajib berpuasa. Misalnya lemah karena tua boleh tidak puasa tetapi menggantinya dengan fidyah. Demikian juga orang yang sedang sakit boleh tidak puasa tetapi wajib mengganti puasa dihari lain setelah sembuh.


Apakah fidyah itu? Fidyah adalah denda sebagai ganti bagi orang yang tidak mampu melakukan puasa. Caranya adalah memberi makan setiap hari (sejumlah hari di mana orang yang bersangkutan tidak berpuasa) kepada orang yang fakir atau miskin. Banyaknya satu mud. Satu mud adalah ukuran berat 626 gram. Fidyah bisa berupa beras atau makanan pokok yang mengenyangkan.

Syarat sah puasa

Syarat sah puasa, artinya apabila syarat ini terdapat pada seseorang maka puasanya sah, yaitu sebagai berikut.
  1. Islam, orang yang tidak beragama Islam tidak sah berpuasa.
  2. Berakal, orang yang tidak berakal (gila) atau orang yang dalam keadaan mabuk tidak sah berpuasa.
  3. Mumayyiz/Tamyiz, yaitu cerdas dan dapat membedakan antara yang baik dan buruk.
  4. Suci dari haid bagi wanita. Orang yang haid tidak sah berpuasa. Adapun nifas adalah kondisi setelah seorang ibu melahirkan. Mereka juga tidak sah berpuasa.
  5. Dalam waktu yang diperbolehkan berpuasa (bulan Ramadhan). Kita dilarang berpuasa pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha), dan hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 bulan Haji.


RUKUN

Adapun rukun puasa ada dua. Pertama, berniat, yaitu menyengaja puasa Ramadhan. Waktunya
setelah matahari terbenam sampai sebelum terbit fajar saddiq. Kedua, menahan dari segala yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar saddiq hingga terbenam matahari.

HAL YANG MEMBATALKAN PUASA?

Adapun hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah:
  1. Makan atau minum dengan sengaja.
  2. Muntah dengan sengaja
  3. Datang bulan/haid atau melahirkan
  4. Hilang akal/gila walaupun sebentar
  5. Murtad (keluar dari agama Islam).


HAL YANG MERUSAK PAHALA PUASA?

Adapun hal-hal yang dapat merusak pahala puasa adalah apabila seseorang sedang berpuasa, lalu melakukan perbuatan tercela maka rusak atau berkurang pahala ibadah puasanya. Contoh perbuatan tercela: adalah berdusta, menghina, menghasut, memfitnah, berkata kotor, berkelahi atau bertengkar, dan sebagainya. Apabila seseorang sedang berpuasa tetapi melakukan perkelahian, maka puasanya tetap sah namun tidak mendapatkan pahala.


MEMPERBANYAK KEBAIKAN DI BULAN RAMADHAN

Mari memperbanyak kebaikan di bulan Ramadhan. Karena Rasulullah saw. suka berbuat kebaikan. Berikut ini adalah contoh-contoh perbuatan baik yang selalu dilakukan beliau.

1. Salat Tarawih Berjamaah Di Malam Hari Setelah Salat Isya.

Setiap malam pada bulan Ramadhan orang-orang dewasa dan anak-anak, laki-laki dan perempuan, berbondong-bondong pergi ke masjid, musallah. Mereka melaksanakan salat tarawih dan witir.

2. Tadarus al-Qur'an

Tadarus al-Qur'an artinya membaca al-Qur'an secara tartil dengan tajwid dan makhraj yang benar atau dengan bacaan yang fasih. Selain membaca, ada lagi yang mempelajari isi kandungan al-Qur'an. Tadarus dapat dilaksanakan sendiri-sendiri atau dengan cara bergantian, yaitu salah seorang peserta membaca al-Qur'an sedangkan yang lainnya menyimak atau memperhatikan bacaan tersebut. Ketika dijumpai kesalahan membaca, maka peserta yang lainnya segera membenarkannya sesuai dengan bacaansemestinya. Tidak dibenarkan jika salah seorang membaca al-Qur'an sedangkan yang lainnya asik bercerita di dekat orang yang membaca al-Qur'an tersebut.

3. Memperbanyak Sedekah

Bersedekah maksudnya memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain dengan niat ikhlas karena mengharap ridha Allah Swt.
Apabila ketentuan-ketentuan diatas dapat dipenuhi, puasa seseorang dapat memberi manfaat dan pasti memperoleh predikat takwa.


MANFAAT PUASA RAMADHAN?

Mari meraih manfaat ibadah puasa Ramadhan. Manfaat-manfaat orang yang berpuasa terutama puasa Ramadhan sangat banyak, di antaranya hal-hal berikut.

1. Ungkapan Rasa Syukur kepada Allah Swt.

Ibadah puasa dan ibadah lainnya merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt.

2. Melatih Kejujuran

Di saat berpuasa, kita menahan lapar dan dahaga, mampu untuk tidak makan dan minum meskipun tidak ada yang melihat. Kita yakin bahwa Allah Swt. Maha Melihat

3. Menanamkan Rasa Kasih Sayang

Dengan berpuasa, kita dapat merasakan penderitaan orang lain. Banyak di antara mereka kelaparan dan kehausan. Sesama manusia, kita harus mengasihi dan menyayangi dengan memberikan bantuan agar mereka juga merasakan kebahagiaan.

4. Sehat Jasmani dan Rohani

Orang yang berpuasa akan merasakan sehat jasmani dan rohaninya. Rasulullah saw. pernah mengatakan: “Puasalah kamu, supaya sehat”.

5. Melatih Kesabaran (Pengendalian Diri)

Ibadah puasa dapat juga membentuk sikap sabar. Sedangkan sabar adalah sikap utama untuk sukses. Contohnya, orang yang ingin sukses dan berprestasi di sekolah harus sabar dalam belajar. Ingin sukses bermain bola harus juga sabar berlatih. Ingin sukses masuk surga sekalipun harus sabar mentaati perintah Allah Swt. Jadi bagi yang ingin sukses di dunia dan akhirat harus menggunakan sikap sabar.

https://pelajarancg.blogspot.com/




KESIMPULAN PENGERTIAN PUASA, KETENTUAN DAN MANFAAT PUASA RAMADHAN

Dari penjelasan mengenai pengertian puasa, manfaat dan ketentuan puasa Ramadan untuk pelajaran Agama Islam dari tulisan plejarancg.blogspot.com diatas, beberapa kesimpulan bisa didapa sebagai karakteristik moral dan spiritual Islam adalah:


Puasa Ramadhan adalah perintah Allah Swt. sebagaimana terdapat dalam al-Qur'an Surah al-Baqarah ayat 183.


Berpuasa pada bulan Ramadhan untuk meraih derajat tertinggi, yaitu “takwa”.


Puasa memiliki ketentuan-ketentuan, seperti syarat wajib puasa, syarat sah puasa, rukun puasa, dan yang membatalkan puasa.


Pada bulan puasa dianjurkan memperbanyak amal ibadah, seperti salat tarawih berjamaah, tadarus al-Qur'an, dan memperbanyak sedekah.


Puasa Ramadhan mengandung banyak manfaat, di antaranya ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt., melatih kejujuran, menanamkan rasa kasih sayang, sehat jasmani dan rohani, dan melatih kesabaran (pengendalian diri).


Daftar Pustaka:

El-Ashi,Arafat, Dr. Fasting in Islam. Muslim World League Canada Office

Ghozaly, Feisal dan Ismail, Buchori Achmad. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI KELAS 5 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Post a Comment for "PELAJARAN AGAMA ISLAM: PENGERTIAN PUASA, KETENTUAN DAN MANFAAT PUASA RAMADHAN"