PUASA

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ramadhan. Pelajarancg.blogspot.com Puasa adalah menjauhkan diri dari semua atau beberapa jenis makanan atau minuman, terutama sebagai peringatan keagamaan.


Mari kita pelajaran materi tentang:
  1. Puasa dalam Ajaran Islam
    • Jenis-jenis puasa
    • Doa dan Niat Puasa
    • Doa berbuka puasa
  2. Puasa dalam Ajaran Kristen

PUASA DALAM AJARAN ISLAM

Puasa adalah karakteristik moral dan spiritual Islam yang unik. Didefinisikan secara harfiah, berpuasa berarti menjauhkan "sepenuhnya" dari makanan, minuman, hubungan intim dan merokok, sebelum fajar hingga matahari terbenam, selama seluruh bulan Ramadhan, bulan kesembilan tahun Islam.

https://pelajarancg.blogspot.com


Dalam pengertian secara umum apa itu tujuan puasa adalah untuk mengembangkan kualitas kebenaran (taqwa), di dalam dan di luar, dengan tidak melakukan perbuatan dosa dan melatih diri kita untuk mengendalikan pikiran dan keinginan kita. Berpuasa adalah praktik spiritual mendalam yang dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi kita dalam tubuh, pikiran, dan hati.


Jenis-Jenis Puasa

Puasa dalam Islam memiliki tiga jenis:


1. Wajib

Puasa wajib adalah termasuk seluruh bulan kesembilan dari tahun hijriah dalam kalender Islam yaitu Ramadhan sejak fajar hingga matahari terbenam. Allah berfirman dalam Al-Quran, dalam Surah Al-Baqarah (2-183):

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa


2. Sunnah

Ada saat-saat ketika dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah yang berarti sabagai salah satu tradisi Nabi Muhammad SAW. Di antara waktu-waktu puasa sunnah ini adalah :
  • Setiap hari Senin dan Kamis dalam seminggu
  • Tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah
  • Enam hari di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan)
  • Hari Arafat (tanggal 9 Dzul hijjah dalam kalender Islam (Hijriah)
  • Hari Asyura (10 Muharram dalam kalender Islam (Hijriah), dengan satu hari lagi puasa sebelum atau sesudahnya

Selain itu, sunnah selalu melaksanakan puasa setiap hari dalam bulan apa pun sepanjang tahun, kecuali Hari yang dilarang.


3. Makruh

Puasa makruh adalah puasa yang dimakruhkan hari-hari tertentu yang disebut makruh tanjih. Adapun hari-hari makruh dalam melaksanakan puasa :
  • Pada hari Arafah bagi orang yang lagi melaksanakan wukuf.
  • Puasa khusus di hari Jum’at.
  • Puasa khusus di hari sabtu.
  • Puasa Akhir di bulan Sya’ban

4. Harram

Puasa haram adalah wkatu yang dilarang atau diharamkan melaksanakan puasa. Adapaun waktu tersebut:
  • Berpuasa di hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
  • Berpuasa di pada hari Tasyriq.
  • Berpuasa dimana lagi haid dan nifas.
  • Berpuasa yang lagi sakit yang dikhawatirkan merusak (membunuh) jiwanya. 



Doa dan Niat Puasa

Ramadhan

Adapun doa dan niat puasa wajib bulan suci Ramadhan adalah "Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati Lillahi Ta'aalaa."

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadan tahun ini karena Allah Ta'aala."


Senin Kamis

Adapun doa dan niat puasa sunnah Senin Kamis adalah "Nawaitu shauma Yaumal khomiisi sunnatan Lillahi Ta'aala."

Artinya : "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala."

Catatan: Bacaan niat untuk puasa hari senin, Anda hanya ganti dengan kata senin (Isnaini).


Rajab

Adapun doa dan niat puasa sunnah Senin Kamis adalah "Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Rajaba Lillahi Ta'aala."


Artinya : "Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT."


Doa Berbuka Puasa

Ramadhan

Adapun doa buka puasa wajib bulan suci Ramadhan adalah "Allaahummalakasumtu, Wabika Aamantu, Wa'alaa Rizqika Afthortu, Birohmatika, Yaa Arhamar Roohimiin."


Artinya : "Ya Allah karana-Mu aku puasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah, Tuhan Maha Pengasih."


Senin Kamis

Adapun doa buka puasa sunnah Senin Kamis adalah "Allaahumma laka shumtu wa 'alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil 'uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah."


Artinya : "Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah dan pahala telah tetap insya Allah Ta’ala."


Rajab

Adapun doa buka puasa sunnah Rajab adalah "Allaahummalakasumtu, Wabika Aamantu, Wa'alaa Rizqika Afthortu, Birohmatika, Yaa Arhamar Roohimiin."


Artinya : "Ya Allah karana-Mu aku puasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa, dengan rahmat-MU, Ya Allah, Tuhan Maha Pengasih."

Pelajari:


PUASA DALAM AJARAN KRISTEN

Bentuk puasa ini, juga disebut puasa spiritual, dilakukan oleh orang-orang Kristen untuk mencari keintiman yang lebih dekat dengan Tuhan. Ini termasuk mencari ketidakhadiran dari air, makanan dan seks untuk fokus pada pertumbuhan spiritual. Meskipun diyakini bahwa puasa tidak diperintahkan oleh kitab suci, orang Kristen percaya bahwa dengan berpuasa Anda menunjukkan untuk pergi kepada Allah dan diri Anda sendiri bahwa Anda serius tentang hubungan Anda dengan Allah. Puasa dan doa sering dikaitkan satu sama lain dan Alkitab bahkan menyajikan puasa sebagai sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi Anda.


5 manfaat puasa intermiten

1. Ini membuat hari Anda lebih mudah.

Anda hanya perlu khawatir tentang makan makanan dalam periode waktu tertentu yang ditentukan. Ini berarti tidak harus menyiapkan, berkemas atau makan setiap 2,3 jam dan Anda dapat berkonsentrasi pada hal-hal lain.


2. Tidak sesulit mengikuti diet.

Anda tidak mengubah makanan yang Anda makan saat puasa intermiten, Anda mengubah cara Anda makan. Ini berbeda dari diet yang biasanya menuntut beralih ke makanan lain di mana ada masalah orang tidak mengikutinya dalam jangka panjang. Selain itu, penurunan berat badan yang efektif membuat orang tidak ingin menyerah pada puasa intermiten.


3. Ini dapat mengurangi risiko kanker.

Tidak yakin bahwa puasa membantu mengurangi risiko terhadap kanker. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan kepada kita bahwa orang yang berpuasa sebelum menjalani kemoterapi memiliki tingkat kesembuhan yang lebih baik. Akan ada tanpa diragukan lagi penelitian dalam waktu dekat tentang puasa


4. Puasa intermiten meningkatkan penurunan berat badan.

Seperti disebutkan sebelumnya, ketika puasa tubuh Anda tidak memiliki kadar insulin yang sama dan akan mulai membakar lemak yang tersimpan sebagai sumber energi. Ini akan dengan cepat menghasilkan penurunan berat badan yang efektif.


5. Efektif melawan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Berpuasa menyebabkan penurunan kadar gula darah dan insulin. Jelas, ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 meskipun orang yang menderita diabetes harus selalu berbicara dengan dokter mereka terlebih dahulu sebelum memulai dengan puasa.


Demikianlah materi pelajarancg tentang PUASA semoga bermanfaat akhir kata pelajarancg.blogspot.com mengucapkan selamat melaksanakan ataau Menunaikan Ibadah puasa dan berbuka bagi Anda yang sedang menjalankannya.

Last Update : 11 Maret 2021

Post a Comment for "PUASA"