PELAJARAN SEJARAH HARI BUMI: TEMA DAN UCAPAN TENTANG PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA

Peringatan hari bumi sedunia jatuh pada tanggal 22 April setiap tahun. Ketika di sekolah kamu mempelajari kurikulum pelajaran tentang sejarah, mungkin kamu baru tahu bahwa ternyata di dunia ini ada peringatan hari bumi yang dirayakan oleh negara Internasional. Memang ini bukan mata pelajaran sejarah nasional akan tetapi karena pentingnya kita menjaga kelestarian lingkungan hidup berkelanjutan baik itu untuk ekosistem di laut, hutan, dll tentu penting bagi kita mengetahui mata pelajaran tentang peringatan hari bumi ini, terutama mengapa hari ini diperingati, bagaimana cara merayakannya hingga tujuan dan makna dari memperingati hari bumi ini hingg kapan hari peringatan tersebut. Oleh sebab itu, tanpa banyak kata di halaman kurikulum pelajaran ini mari ketahui sejarah dari hari bumi juga tema setiap tahunnya dan ucapan selamat memperingati hari bumi sedunia. jadi silahkan pelajari lengkapnya di artikel pelajarancg.blogspot.com.


SEJARAH PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA

Berdasarkan sejarah, Banyak negara telah memperingati atau merayakan "Hari Bumi" sejak 1970, beberapa dekade sebelum pengenalan "Hari Bumi Sedunia". Inisiatif untuk memperingati Hari Bumi diusulkan oleh Gaylord Nelson - senator California pada tahun 1969.

https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar: Contoh Kata-kata Bijak untuk Ucapan Selamat Memperingati Hari Bumi Sedunia



Pada 28 Januari 1969 tumpahan minyak di pantai California yang menewaskan ribuan hewan laut, mengundang senator Gaylord Nelson saat itu untuk mengambil tindakan. Dia memanggil sebuah forum untuk membahas masalah lingkungan dan dampak manusia terhadapnya; Secara mengejutkan teknologi pertamanya pada 22 April 1970 dihadiri oleh 20 Juta orang.


Selanjutnya Pada tahun 1992, UNCED (Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan) diadakan di Rio de Jenerio, Brasil dari tanggal 3 hingga 14 Juni. Dalam konferensi tersebut 178 negara mengadopsi agenda Deklarasi Rio tentang Lingkungan dan Pembangunan dan prinsip-prinsip untuk pengelolaan hutan berkelanjutan.


Pada tahun 2005 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan tahun 2008 sebagai "Tahun Internasional Planet Bumi". Hari itu diadopsi dengan tujuan untuk mempromosikan pendidikan ilmu bumi, mengakui pentingnya dalam penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan di dunia serta untuk pembangunan berkelanjutan.


Memperhatikan fakta bahwa banyak negara telah merayakan Hari Bumi pada 22 April; Bolivia di bawah Presidennya saat itu, Evo Morales Ayma, memperkenalkan resolusi untuk merayakan 22 April sebagai "Hari Bumi Internasional". Resolusi itu didukung oleh lebih dari 50 negara anggota, dan diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada 22 April 2009.


Peringatan perdana "Hari Bumi Internasional" dirayakan pada tahun 2010; sejak saat itu diperingati setiap tahun di seluruh dunia.


Bumi adalah tempat kita hidup sehari-hari atau disebut Dunia. Pada 22 April 2009, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang menyatakan 22 April sebagai "Hari Bumi Internasional". Resolusi itu diadopsi untuk menegaskan kembali agenda pembangunan berkelanjutan untuk menjaga dan memelihara semua spesies, termasuk manusia, hewan, dan tumbuhan.


Resolusi itu diperkenalkan oleh negara pluralitas kesatuan Bolivia dan didukung oleh 50 negara anggota PBB lainnya.


Istilah "Bumi Pertiwi" menyiratkan hubungan saling tergantung yang ada antara semua spesies planet bumi dan untuk mengakui peran bumi dalam mempertahankan mereka semua.


Ada alasan di balik makna perayaan ini sebagai "Hari Bumi" dalam bahasa Inggris: Earth Day. "Hari Bumi Internasional" bertujuan berbagi tanggung jawab dan menetapkan agenda untuk hidup berdampingan secara damai dengan alam didunia.


HARI BUMI SEDUNIA 2022 JATUH PADA TANGGAL 22 APRIL 2022

Hari Bumi Internasional 2022 akan diperingati pada hari Jumat, 22 April 2022.


Ada alasan di balik makna perayaan ini sebagai "Hari Bumi Sedunia" dalam bahasa Inggris: World Earth Day. "Hari Bumi Internasional" bertujuan berbagi tanggung jawab dan menetapkan agenda untuk hidup berdampingan secara damai dengan alam.


Tema Hari Bumi Dunia 2022 adalah "Invest In Our Planet - Berinvestasi di planet kita". Tema Ini terutama akan fokus pada penyelamatan planet Bumi dengan berbagi tanggung jawab ntuk menjaga dan melindungi kesehatan kita, keluarga kita, mata pencaharian kita.


Earth Day Network, organisasi "Hari Bumi" yang menyebarkan kesadaran tentang masalah lingkungan di seluruh dunia akan mengatur berbagai acara untuk meningkatkan kesadaran tentang penyelamatan spesies langka di dunia. Ini akan mendorong orang untuk mengatakan tidak pada herbisida dan pestisida dan mengikuti pola makan nabati.


Aktivis lingkungan akan mengatur berbagai prosesi dan mengadakan aksi unjuk rasa untuk menyebarkan kesadaran tentang menyelamatkan planet kita dan menjadikannya planet terbaik untuk hidup. Fokus juga akan dibuat untuk memerangi perubahan iklim, penggundulan hutan, polusi dan melindungi spesies yang terancam punah.


MENGAPA 22 APRIL DIPERINGATI SEBAGAI HARI BUMI SEDUNIA

Bumi kita adalah satu-satunya planet di Semesta di mana kehidupan dimungkinkan hingga saat ini. Sangat penting untuk memelihara aset alam bumi agar dapat melanjutkan kehidupan di bumi. Di tengah keramaian orang banyak, makhluk paling cerdas dari Tuhan yang disebut manusia ini perlahan-lahan kehilangan kemanusiaannya dan lupa merawat planet yang memberinya kehidupan dan mulai menggunakan sumber dayanya dengan sangat kejam. Tanggal 22 April telah diperingati sebagai Hari Bumi untuk membuat umat manusia sadar akan pentingnya planet mereka.


Seorang senator AS dari Wisconsin, Gaylord Nelson, telah menetapkan hari itu untuk membuat orang-orang sadar tentang peningkatan laju industrialisasi sehari-hari serta sikap ceroboh dari orang-orang yang hidup di bumi. Langkah yang diambilnya untuk mempromosikan gagasan keseimbangan alami di antara orang-orang serta mendorong mereka untuk menghormati aset planet ini. Sangat penting untuk menjaga masalah lingkungan agar tetap sehat dan hidup karena orang-orang yang kejam telah menggunakan sumber dayanya tanpa belas kasihan dan menghabiskan sumber daya pendukung kehidupannya selama berabad-abad.


Salah satu contoh besar dari itu adalah penipisan lapisan Ozon yang mencegah kita dari sinar ultra violet matahari. Masalah besar lain dari lingkungan adalah kematian sungai karena bercampur dengan bahan beracun industri yang menyebabkan pemanasan global. Peningkatan industrialisasi setiap hari menyebabkan penggundulan hutan yang pada akhirnya mengarah pada kenaikan suhu Bumi.


Ini adalah bahaya yang mengakhiri kehidupan di bumi selamanya yang dapat dikurangi melalui langkah-langkah kecil seperti penanaman pohon baru, menghambat deforestasi, membatasi penggunaan kendaraan untuk mengurangi polusi udara, meningkatkan konservasi energi dengan mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu. Langkah sekecil itu menjadi langkah besar jika dijaga bersama oleh orang-orang di seluruh dunia.


Sekarang sehari, semuanya dikemas dalam kantong plastik atau diberikan oleh pemilik toko. Produksi kantong plastik meningkat dari hari ke hari yang merupakan kondisi yang sangat memalukan bagi kami karena bahan-bahan ini tidak dapat terdegradasi. Perayaan pertama Hari Bumi berlangsung di AS pada 22 April 1970 untuk menandai gerakan lingkungan sebagai masalah besar.


Kelompok mahasiswa telah berpartisipasi untuk memprotes kerusakan lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Kelompok lain diprotes karena tumpahan minyak, pembuangan limbah beracun, polusi udara dan air karena industrialisasi, pembuangan limbah mentah, penggunaan dan produksi pestisida dan banyak lagi. Sejak itu, 22 April terus diperingati sebagai Hari Bumi secara resmi.


BAGAIMANA CARA UNIK HARI BUMI SEDUNIA DIRAYAKAN?

Banyak cara bagaimana orang-orang dari seluruh dunia merayakan hari bumi dengan antusiasme dan minat yang besar pada setiap 22 April sejak 1970 untuk menyelamatkan aset alam bumi mereka. Lebih dari 20 juta orang Indonesia ambil bagian dalam perayaan acara dan membuat jalanan, taman, dan auditorium sibuk untuk menampilkan peran tema mereka berdasarkan kesehatan masyarakat, masalah lingkungan, industrialisasi, penggundulan hutan, dan banyak lagi.


Pelajar atau mahasiswa dari ribuan perguruan tinggi, universitas dan lembaga pendidikan lainnya secara aktif mengambil bagian dalam protes terhadap meningkatnya masalah bumi seperti kerusakan lingkungan sehari-hari, polusi udara dan air, kerusakan lapisan ozon, industrialisasi, deforestasi dan lain-lain untuk mencegah tumpahan minyak, mendirikan pabrik polusi, pembangkit listrik, penggunaan dan produksi pestisida dan lain-lain


Berbagai langkah telah diambil oleh pemerintah di banyak negara menuju keselamatan bumi dengan menerapkan berbagai aturan hukum. Sekelompok pemimpin lingkungan mengatur berbagai acara dan kampanye untuk merayakan hari bumi. Kerumunan besar orang berkumpul dari 141 negara untuk memecahkan masalah lingkungan dengan menerapkan berbagai tindakan yang bermanfaat.


Orang-orang mengambil bagian dalam menunjukkan tema lingkungan bersih untuk membangun dunia yang bersih dan sehat untuk menyambut generasi baru. Tujuan merayakan hari bumi dunia adalah untuk menginspirasi masyarakat untuk membuat lingkungan bumi yang lebih baik.


Pada hari ini orang melakukan kegiatan luar yang berhubungan dengan keselamatan bumi seperti menanam pohon baru menanam pohon, mengambil bahan limbah pinggir jalan, daur ulang limbah, konservasi energi dan banyak lagi. Beberapa orang meminta pemerintah untuk mengambil tindakan segera untuk mencegah hari demi hari meningkatkan pemanasan global dan perusakan lingkungan lainnya. Pada hari ini semua saluran TV menunjukkan program mereka untuk menangani masalah lingkungan nyata untuk membuat publik sadar.


Walaupun belum dinyatakan sebagai hari libur Nasional secara resmi oleh pemerintah. Semua sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan lembaga pendidikan buka pada hari ini. 22 April Hari Bumi, yang didirikan oleh Senator Gaylord Nelson, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1970 untuk mempromosikan ekologi dan rasa hormat terhadap kehidupan di planet ini serta untuk mendorong kesadaran akan masalah yang semakin meningkat dari polusi udara, air dan tanah.


Cara unik kegiatan acara untuk merayakan Hari Bumi diantaranya; Orang-orang yang berpartisipasi dalam perayaan acara, membuat planet bumi menggunakan warna hijau dan biru untuk menunjukkan kehidupan hewan, tanaman dan melambangkan daur ulang alami mereka termasuk efek rumah kaca dan pemanasan global. Di beberapa tempat di Indonesia, orang merayakan hari bumi dengan ikut serta dalam parade berpakaian bunga, tanaman, atau serangga untuk membuat seluruh lingkungan sadar adalah rumah kita yang sebenarnya. Ada banyak cara-cara merayakan hari bumi:
  1. Penanaman pohon baru di tempat-tempat yang dibutuhkan.
  2. Lakukan beberapa kegiatan di luar ruangan bersama keluargamu seperti membuat rumah untuk burung di pohon dan membahas peran mereka dalam ekosistem.
  3. Memotivasi orang untuk mengurangi penggunaan kantong plastik untuk menghindari polusi tanah dan air.
  4. Ajari anak-anak Anda tentang daur ulang dan penggunaan kembali bahan-bahan lama.
  5. Ikut serta memungut sampah dari jalan, taman, dan tempat lain.
  6. Ikut serta dalam kegiatan hiburan seperti menyanyikan lagu yang berkaitan dengan keselamatan Bumi untuk menarik lebih banyak orang ke perayaan acara tersebut.
  7. Ikut serta dalam sesi pendidikan seperti seminar, diskusi, dan kegiatan kompetitif lainnya yang terkait dengan keamanan sumber daya alam bumi.
  8. Memotivasi orang dengan mengenakan pakaian hijau, coklat atau biru untuk menampilkan warna lingkungan.
  9. Mempromosikan orang untuk konservasi energi dengan berbagai cara praktis.
  10. Ajari orang-orang bahwa setiap hari dalam hidup mereka adalah hari bumi, jadi mereka harus merawat bumi setiap hari.


PENTINGNYA PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA

Pendiri Hari Bumi, Gaylord Nelson, telah memilih hari ini (22 April) untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat umum, terutama di kalangan anak muda untuk mendapatkan efek penuh dari kampanye keselamatan lingkungan. Dia telah memilih hari ini dengan mengingat hal-hal bahwa tidak akan ada gangguan ujian untuk siswa atau pameran dan festival untuk masyarakat umum, sehingga semua orang dapat menaruh perhatian penuh terhadap perayaan acara ini. Menurut kalender Gregorian, dianggap bahwa 22 April 1970 adalah ulang tahun ke 100 kelahiran Vladimir Lenin.


TIPS MEMPERINGATI HARI BUMI SEDUNIA

"Hari Bumi Internasional" di dunia dirayakan untuk mempromosikan keharmonisan antara planet ini dan makhluk hidup dan untuk mengakui peran bumi dalam mempertahankan dan mendukung kehidupan. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk merayakan "Hari Bumi Internasional" dan menunjukkan kepedulian Anda terhadap ibu pertiwi. Beberapa kegiatan kreatif dan unik untuk menjadi bagian dari perayaan hari bumi sedunia dengan cara-cara:


1) Relawan

Berbagai pemerintah dan lembaga non pemerintah menyelenggarakan acara pada “Hari Bumi Sedunia”. Setiap peristiwa semacam itu membutuhkan sukarelawan untuk bekerja dan mendukung kampanye. Anda juga dapat menjadi sukarelawan dalam acara semacam itu dan berkontribusi sedikit untuk menyelamatkan Bumi Pertiwi.


2) Meningkatkan Kesadaran

Seiring meningkatnya ancaman terhadap planet ini, ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kesadaran umum tentang perlindungan lingkungan, perlindungan habitat, dan meminimalkan dampak perubahan iklim. Ada juga kebutuhan bagi semua orang untuk mengakui peran yang dimainkan bumi dan lingkungannya dalam mempertahankan kehidupan. Itu hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan kesadaran dan membiarkan orang mengagumi planet ini dan berbagai elemennya.


3) Mengatur acara Sekolah

Masa depan planet ini ada di tangan anak-anak zaman sekarang. Di tangan anak-anak kita kita akan menyerahkan planet ini. Anak-anak harus mengetahui pentingnya planet tempat mereka tinggal dan mengagumi sumber daya dan keberlanjutannya. Mereka harus diajari arti "Bumi Pertiwi" dan apa artinya. Atur acara di sekolah untuk membuat anak-anak menyadari bahwa Bumi seperti seorang ibu yang menopang, memberi makan, dan mengasuh anak-anaknya tanpa syarat; kita hanya harus menjaganya agar tetap aman.


4) Motivasi

Hormati orang-orang yang telah melakukan sesuatu untuk lingkungan, polusi atau kebersihan, dll jadikan sebagai motivasi diri sendiri. Anda dapat mengatur acara felicitasi kecil di komunitas Anda, untuk menginpirasi siapa pun untuk menangani masalah lingkungan. Pekerjaan itu tidak perlu menjadi luar biasa dan siapa pun yang hanya mengambil inisiatif juga bisa memotivasi. Penghargaan semacam itu tidak hanya akan mendorong orang itu membuatnya lebih berdedikasi untuk tujuan itu, tetapi juga menginspirasi orang lain untuk mengikutinya. Jadi tindakan ini bukan sekedar mengucapkan selamat hari bumi semata dengan kata-kata bijak akan tetapi melalui aksi.


5) Selalu Update

Terus update sendiri acara di seluruh dunia dan juga di kota, desa, atau komunitas Anda sendiri. Untuk memotivasi orang lain dan juga untuk membuat mereka sadar akan pentingnya hari Anda perlu diperbarui sendiri. Anda bisa menjadi sumber informasi untuk mereka; memotivasi dan menginspirasi mereka untuk mengagumi planet bumi bukan dari ucapan-ucapan selamat hari bumi semata dengan kata-kata bijak akan tetapi melalui aksi juga berjanji untuk perlindungannya.


6) Menanam Pohon

Pohon memainkan peran penting dalam lingkungan. Pohon sangat penting untuk pengaturan iklim, menyebabkan hujan, mencegah banjir, dll. Mereka juga penting untuk menyediakan mata pencaharian dan mempertahankan kehidupan. Secara keseluruhan, pohon mewakili kesehatan planet kita "Bumi Pertiwi". Menanam pohon seperti memberikan obat-obatan ke bumi yang sakit dan terikat untuk membuat efek positif. Jadi, tanam sebanyak mungkin pohon untuk merayakan hari itu dan tunjukkan kepedulian Anda terhadap bumi ibu pertiwi.


7) Bersihkan Lingkungan

Polusi adalah salah satu ancaman paling kuat dan langsung terhadap lingkungan dan akibatnya bagi bumi. Lingkungan semakin rusak secara konstan oleh pencemaran dari berbagai jenis - pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dll. Semua pencemaran disebabkan oleh faktor-faktor yang disebabkan oleh manusia. Pada acara "Hari Bumi Sedunia", lakukan pembersihan jalan atau tempat umum di atau sekitar komunitas Anda. Dengan mengambil penyebab membersihkan lingkungan pada "Hari Bumi Internasional" Anda berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan keseluruhan kesehatan Bumi.


8) Kumpulkan Dana

Mengorganisir acara dan kampanye mungkin memerlukan dana untuk mobilisasi berbagai sumber daya dan juga untuk tujuan lain. Jika mau, Anda bisa mulai di awal sambutan hari bumi; mengumpulkan dana untuk acara tersebut. Dana yang terkumpul dapat digunakan untuk menanam pohon atau untuk masalah lingkungan lainnya.


9) Janji

Janji untuk melindungi bumi dan lingkungannya, juga mendorong kerabat dan teman Anda untuk membawa janji bersama Anda. Berikrar untuk tidak mencemari lingkungan dan juga menghentikan orang lain melakukannya. Dengan cara ini Anda akan mengakui peran bumi sebagai seorang ibu, menegaskan kembali esensinya dalam menyediakan makanan dan mata pencaharian.


TEMA SEJARAH PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA SETIAP TAHUN

  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2022 adalah - "Berinvestasi di planet kita."
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2021 adalah - "Restore Our Earth" atau "Pulihkan Bumi Kita."
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2020 - “Climate Action” atau “Aksi Iklim”.
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2019 - "Lindungi Spesies Kami".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2018 - "Akhiri Polusi Plastik".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2017 - "Literasi Lingkungan dan Iklim".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2016 - "Pohon Untuk Bumi".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2015 -“ Sekarang giliran kami untuk memimpin ”.
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2014 - "Kota Hijau".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2013 - "Wajah Perubahan Iklim".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2012 - "Mobilisasi Bumi".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2011 - "Bersihkan Udara".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2010 - “Referendum Global tentang Perubahan Iklim”.
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2009 - "Bagaimana Alam Sekitar Anda".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2009 - "Bagaimana Alam Sekitar Anda".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2008 - "Tanam Pohon".
  • Tema "Hari Bumi Sedunia" 2007 - “Berbaik hati kepada dunia - mulai dari menghemat sumber daya”.



Apabila dilihat dari tabel pelajarancg sejarah hari bumi dengan tema-tema diatas tentu ditahun 2022, Peringatan hari bumi Sedunia tahun ini adalah Berinvestasi pada planet kita.
https://pelajarancg.blogspot.com/
Gambar twibbon bingkai ucapan hari bumi Internasional Sedunia


UCAPAN PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA

Akhir kata dari tulisan "Pelajaran Sejarah Hari Bumi: Tema dan Ucapan tentang peringatan hari bumi sedunia, pelajarancg mengucapkan selamat merayakan Hari bumi Internasional tahun 2022, 22 April bumi adalah satu. Menjaga lingkungan hidup dengan tidak membuang sampah sembarangan merupakan langkah sebagai aksi kecil namun besar manfaatnya daripada hanya berusaha bijak lewat kata ya sahabat pelajarancg.blogspot.com.

1 comment for "PELAJARAN SEJARAH HARI BUMI: TEMA DAN UCAPAN TENTANG PERINGATAN HARI BUMI SEDUNIA"